Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

DxO ONE : Menyulap Kamera iPhone Jadi 20 Megapixel

Perusahaan perangkat lunak dan pengujian kamera yang berbasis di Perancis,DxO Labs, membuat sebuah dobrakan dalam dunia fotografi. Dengan seluruh pengalaman yang dimilikinya, DxO Labs, kini mengumumkan produk kameranya sendiri yang diberi nama DxO ONE.

DxO ONE -5

Kamera perdananya ini hadir dengan konsep modular. Mirip konsep kamera Sony QX-Series, DxO One adalah kamera berbentuk modul lensa yang telah dilengkapi dengan sensor gambarnya sendiri. Untuk menggunakannya, DxO ONE harus dihubungkan terlebih dahulu ke iPhone atau iPad lewat port Lightning.

DxO ONE-4

Di balik desainnya yang mungil, DxO One dilengkapi sensor BSI CMOS berukuran 1 inci yang resolusinya 20 megapixel. Sensornya ini sama ukurannya dengan sensor yang digunakan kamera DSLM Nikon 1. Dan, untuk lensanya DxO One hadir dengan lensa 32mm berdiafragma F/1.8. Selain itu, DxO One juga menyediakan sebuah layar LCD kecil yang berfungsi untuk menampilkan pengaturan kamera dan tersedia slot microSD untuk menyimpan seluruh hasil foto.

DxO ONE -6

Dengan aplikasi pendukungnya DxO ONE menawarkan opsi pengaturan diafragma dari F/1.8 hingga F/11, pilihan ISO dari ISO 100 hingga 51200 dan pengaturan kecepatan rana kamera hingga 1/8000s. Mode pengambilan gambarnya pun cukup lengkap diantaranya Scene, Speed Priority (S), Aperture Priority (A) dan Manual.

Selain bisa menghasilkan foto dengan format RAW+JPEG mirip kamera DSLR pada umumnya, DxO One juga bisa menghasilkan foto dalam format sendiri yaitu SuperRAW. Format ini merupakan gabungan dari dari 4 foto RAW. Saat terhubung ke PC atau MAC, dengan bantuan software khususnya, keempat foto RAW tersebut akan digabungkan secara otomatis dan menghasilkan satu foto dengan hasil yang lebih detil dan minim noise. Untuk yang gemar membuat video, DxO One juga bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p/30fps. Beberapa hasil foto dari DxO ONE berikut ini.
DxO ONE -7

DxO ONE -1

DxO ONE -2

DxO ONE -3

DxO ONE akan mulai tersedia di bulan September 2015. Banderol harganya dipatok US$599 atau sekitar Rp8.000.000. Sayangnya harga DxO ONE yang cukup tinggi ini setara dengan hargakamera mirrorless DSLR kelas menengah yang memiliki sensor jauh lebih besar.

Jika berminat, pre-ordernya sudah dibuka dan bisa dipesan di laman berikut ini.

[table]Spesifikasi; DxO ONE
Sensor; BSI-CMOS 1 inci, 20 megapixel
ISO;Auto, 100-12800 (expands to 51200)
Autofokus; Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Lensa; 32mm F/1.8-F/11.0
Layar; OLED
Video;1920 x 1080 (30p), 1280 x 720 (120p)
Kartu Memori;microSD/SDHC/SDXC
Konektivitas; USB 2.0
Dimensi;67 x 48 x 25 mm
Bobot;108 gram
[/table]

2 komentar

Back to top button