Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Xiaomi Mi 4i

Dari banyak brand smartphone, Xiaomi sampai saat ini mungkin belum masuk ke jajaran 5 atau 10 smartphone terbaik yang biasa di release oleh situs-situs IT besar di dunia. Ini bisa disebabkan karena belum banyak negara, termasuk Amerika dan Eropa, yang mendapat release device-device dari brand Xiaomi. Tetapi, di manapun namanya disebut atau diberitakan, senantiasa membuat riak bahkan gelombang.

Salah satu produk yang cukup banyak dibicarakan adalah Mi 4i. Setelah resmi diumumkan di Indonesia beberapa waktu lalu, kini kami sudah mengulasnya. Berikut ulasan Xiaomi Mi 4i dari YANGCANGGIH.COM.

Desain unibody yang manis
Mi4i hadir dengan desain yang minimalis, bisa dikatakan tipis dengan ketebalan hanya 7.8mm. Perbedaan yang dirasakan ketika digenggam adalah bobotnya, jauh lebih ringan jika dibanding seri Redmi sebelumnya. Sebagai perbandingan, Redmi 1s berbobot 158gr dan Redmi 2 berbobot 133gr, padahal keduanya mengemas layar dan baterai lebih kecil. Ini berarti, walaupun tidak tampak secara langsung, rancangan penempatan komponen di dalam Mi 4i lebih efisien. Xiaomi juga menyediakan 5 warna untuk Mi4i, yaitu warna standar hitam dan putih, kemudian warna pastel pink, kuning dan biru. Semua warna tersebut tampil dalam finishing matte yang tidak mengkilap.

Yang menonjol dari desain pada Mi4i adalah menyatunya seluruh penutup bodi yang membungkus sampai ke layar bagian depan. Walaupun terbuat dari plastik, bahan bodi ini telah menggunakan teknologi pelapisan (coating) yang baru dengan grease dan fingerprint resistant. Bodinya juga memiliki lapisan tahan minyak yang meminimalkan bekas minyak, keringat dan sidik jari yang menempel pada bodi. Percobaannya, saat bodi dicorat-coret dengan spidol permanent marker, kami bisa menghilangkannya hanya dengan tisu basah. Namun lapisan anti sidik jari ini membuat bagian belakangnya sedikit lebih licin sehingga harus diperhatikan agar ponsel tidak mudah terlepas dari tangan.

Layar memukau dengan Sunlight Display
Untuk layarnya, Mi4i menggunakan sistem pembuatan OGS, atau One Glass Solution yang membuat layarnya minim dari pantulan dan sangat tipis. Layar Mi4i dibuat oleh 2 supplier, Sharp dan JDI (Japan Display Inc) yang memang sangat dikenal sebagai pembuat komponen layar kelas atas yang bagus. Untuk lapisan kaca layar paling depan, dibuat oleh Corning dengan Gorilla Glass 3.
Layar 5 inci Mi4i telah memiliki resolusi Full HD 1080p. Ini merupakan hal yang mengagumkan mengingat hampir semau di kelas harganya masih menggunakan layar dengan resolusi HD 720p. Dengan kerapatan pixel 441ppi, ini berarti layar Mi4i memiliki jumlah pixel lebih dari 2 kali lipat dibandingkan seri Redmi terdahulu.

Tampilan warna juga diperhatikan dengan dukungan color gamut yang mengguunakan acuan NTSC, bukan sRGB seperti kebanyakan layar ponsel lainnya. Dengan acuan ini, cakupan warna yang bisa ditampilkan lebih luas dibandingkan sRGB. Sebagai perbandingan kira-kira cakupan warna standar segitiga gamut sRGB adalah 72% dari standar segitiga gamut NTSC. Layar Mi4i dirancang untuk bisa menghasilkan 95% warna dalam standar segitiga gamut NTSC. Hasilnya layar Mi4i menampilkan warna yang lebih cemerlang dan terasa hidup jika dibandingkan layar smartphone di kelasnya, bahkan di atasnya.

sunlightdisplay

Untuk menampilkan layar di bawah sinar matahari dengan baik, Mi4i memiliki trik yang menarik dalam wujud sunlight display. Ketika sensor menerima limpahan cahaya, komposisi warna yang ditampilkan pada layar akan diubah, misalnya warna abu gelap dibuat menjadi abu terang. Dengan komposisi warna yang diubah menjadi lebih ringan, maka sinar backlight lebih mudah menembus layar LCD sehingga mata kita dapat melihat lebih jelas. Dengan metode ini, gradasi warna yang biasanya akan menurun untuk dilihat di bawah cahaya terang menjadi blok-blok gelap yang lebih masif, akan tetap terlihat.

Performa kencang
Mi4i menggunakan chipset 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 2nd generation dengan prosesor 8 core atau inti yang dipadukan RAM 2GB. Sebagai acuan benchmark, Mi4i memiliki score Antutu sekitar 39.000 – 40.000. Ini juga merupakan gambaran mengenai kemampuan prosesor di kelas menengah sekarang. Yang menarik, hasil benchmark ini mengungguli smarpthone kelas atas tahun lalu seperti LG G3, Nexus 5, HTC One, dan sebagainya yang jauh lebih mahal.

Ketika dicoba dengan game yang cukup berat seperti Asphalt 8, Mi4i sanggup menjalankannya dengan baik. Sayangnya, ada masalah panas saat Mi 4i dipacu untuk menjalankan game yang berat. Bagian belakangnya menjadi amat hangat sehingga kurang nyaman digunakan.

Untuk sumber daya, Mi 4i menggunakan baterai berkapasitas 3120 mAh. Xiaomi juga memanfaatkan teknologi Qualcomm Quick Charge untuk pengisian baterai lebih cepat, kira-kira 1 jam untuk mengisi daya hingga 40%. Daya tahannya sendiri mencapai 10 jam untuk pola pemakaian yang moderat, seperti foto-foto, email, main game sesekali, mengecek sosial media, serta browsing.

Hasil foto oke
lensa xiaomi mi 4i

Kamera menjadi fitur yang sekarang dibanggakan lebih oleh Xiaomi pada Mi4i. Sensornya menggunakan sensor Sony atau Samsung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi masalah pasokan yang dapat berimbas pada penjualan.

Jika membandingkan kemampuan dan kualitas kamera Mi4i dengan seri Redmi, terlihat ada peningkatan yang cukup besar terutama dari sisi respons dan adanya fitur HDR.
Pada Mi4i, kita bisa memilih Live HDR yang dapat diambil hampir tanpa jeda dan enhanced HDR. Pada mode enhanced HDR, pengambilan foto membutuhkan proses penggabungan dan hasil foto juga sudah melalui proses semacam editing otomatis, yang membuat foto lebih kaya akan warna dan detail. Mi 4i juga telah mendukung pemotretan dengan mode manual. Pada mode manual tersebut, kita bisa mengatur shutter speed, jarak fokus, serta setting ISO.

xiaomi mi 4i kamera ui

Kamera belakang 13MP f 2.0 Mi4i juga dilengkapi dengan dual tone flash yang dapat menghasilkan foto dalam kondisi gelap dengan lebih alami. Setelah menganalisa temperatur cahaya sekitar, dual tone flash akan mengompensasi masing-masing kecerahan sinar, supaya warna obyek diterangi sealami mungkin.

Xiaomi-Camera-Beautify

Kamera selfie 5MP Mi4i dilengkapi aperture f 1.8 untuk bukaan yang lebih besar dan menangkap cahaya lebih banyak, terutama pada kondisi lowlight. Sama seperti kebanyakan ponsel lain, fitur selfienya sudah dilengkapi software Beautify. Yang menarik, Xiaomi mengaplikasikan algoritme yang dapat mengenai jenis kelamin dan umur. Dengan mempertimbangkan faktor tersebut, mode Beautify tidak akan terlalu agresif menghilangkan semua kerutan dan melicinkan wajah sehingga terlihat alami.

Berikut hasil foto Xiaomi Mi 4i tanpa penyuntingan. Hasil foto lebih lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Masih mengandalkan strategi spesifikasi canggih dengan harga agresif, Xiaomi Mi 4i merupakan pilihan yang amat menarik. Dengan catatan, Anda sudah cukup dengan kapasitas 16GB dan memang tidak akan membeli baterai tambahan.

Jika dua hal tersebut tidak menjadi masalah, maka Anda akan mendapatkan sebuah smartphone dengan performa jempolan, layar Full HD, harga relatif terjangkau, serta hasil foto yang baik. Pada kelas harganya (Rp2.799.000), spesifikasi Xiaomi Mi 4i akan sulit ditandingi oleh kompetitornya. Bagi Anda yang mencari smartphone Android kelas 2 jutaan rupiah dengan performa dan fitur yang terbaik, saat ini Xiaomi Mi 4i layak menjadi pertimbangan serius.

Yang Canggih:
+ Desain keren untuk kelasnya
+ Resolusi layar sudah Full HD, masih jarang untuk ponsel di bawah 3 juta rupiah
+ Reproduksi warna di layar Mi 4i amat baik
+ Performa amat kencang
+ Daya tahan baterai cukup lumayan
+ Hasil foto baik
+ Harga terjangkau untuk fitur dan performanya

Yang Kurang:
– Baterai tidak dapat diganti
– Memori internal 16GB tidak dapat diperluas dengan microSD
– Bagian belakang agak panas saat ponsel bekerja berat

[table th=”0″]”Spesifikasi”;Xiaomi Mi4i
SoC;”Qualcomm Snapdragon 615 (Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53&quad-core 1.0 GHz Cortex-A53) generasi dua”
GPU;Adreno 405
RAM;2GB
Kapasitas;16GB tanpa slot microSD
Layar;IPS LCD 5 inci, Full HD 1920 x 1080 pixel, 441 ppi
Dual Sim;Ya
Konektivitas; 4G, dual Wifi, blutooth 4.1
Dimensi;138.1 x 69.6 x 7.8 mm
Bobot;130g
[/table]
Back to top button