Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetNewsSmartphoneTablet Android

Inilah 9 Kehebatan Baru Yang Dimiliki Apple iOS 9

Di ajang WWDC 2015, Apple secara resmi memperkenalkan iOS versi terbaru yaitu iOS 9. Seperti versi sebelumnya, iOS 9 akan hadir sebagai update gratis bagi perangkat yang didukungnya. Versi beta iOS 9 sendiri akan tersedia mulai bulan depan.

Dari berbagai peningkatan dan fitur baru yang dimilikinya, kami memilih 9 hal yang membuat iOS 9 menarik. Berikut daftarnya.

1. Siri lebih pintar

iPhone6_3-Up_iOS9-PRINT

Asisten digital dari Apple, Siri, mendapatkan pembaharuan pertama. Kini Siri lebih proaktif dan dapat menawarkan bantuan tanpa ditanya. Misalnya, jika jalan menuju ke tempat rapat selanjutnya cukup macet, maka Siri akan membunyikan alarm lebih cepat sehingga Anda sampai di sana tepat waktu. Siri juga bisa menampilkan data penelpon yang nomornya tidak ada di buku kontak, jika penelpon tersebut pernah mengirim email sebelumnya. Contoh lain, Siri akan langsung memunculkan aplikasi pemutar musik saat Anda mencolokkan headphone ke perangkat. Cukup canggih, tapi amat mirip dengan Google Now.

2. Spotlight yang bisa mencari lebih dalam
Fitur pencarian dari Apple ini kini memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian konten di dalam sistem, tanpa mencari di web. Keuntungannya, pencarian Spotlight ini dilakukan di ponsel sehingga tidak ada data yang dikirimkan ke server luar. Selain menghemat data, cara ini juga lebih aman.

3. Apple Maps dengan lebih banyak fitur
iPhone6_3-Up_iOS9_Transit-PRINT

Aplikasi pemetaan Apple ini telah mendukung data transportasi seperti kereta api, bis, dan subway serta mendukung lebih dari 20 kota besar di dunia meliputi New York, Berlin, San Fransisco, Beijing, London dan masih banyak lagi.

4. Wallet, pengganti Passbook
iPhone6_3-Up_iOS9_Wallet-PRINT

Menggantikan Passbook, Apple meluncurkan Wallet. Pada dasarnya, aplikasi ini mengintegrasikan kartu kredit, kartu debit dan kartu keanggotaan dalam satu tempat. Wallet telah diluncurkan di Inggris. Apple akan mengusahakan agar Wallet kompatibel dengan lebih banyak bank dan penerbit kartu kredit. Sayangnya belum ada informasi kapan Wallet akan diluncurkan resmi di Indonesia.

5. Aplikasi Notes dirombak ulang
notes ios9

Aplikasi pencatat yang sudah ada sejak iOS versi perdana ini mengalaman perombakan yang signifikan. Kini Anda bisa memasukkan gambar, sketsa, serta daftar khusus di dalamnya.

6. Aplikasi News
news ios 9

Sesuai namanya, aplikasi ini akan menampilkan berita dari rekanan yang ditunjuk seperti CNN, Time, Wired, ESPN, Buzzfeed, dan lainnya, dalam tampilan mobile yang lebih nyaman dibaca. Fitur ini agak mirip seperti fitur Instant Articles di Facebook. Sedangkan tampilan News cukup mirip dengan Flipboard. Apple mengklaim aplikasi ini akan bertambah pintar jika sering digunakan dan akan dapat menyarankan konten dan artikel berdasarkan kebiasaan membaca Anda yang diamatinya. News akan tersedia pertama kali di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

7. iCloud lebih aman
Dengan otentikasi dua langkah yang dibawa iOS 9, iCloud kini lebih aman dan lebih susah dijebol.

8. Split-screen untuk iPad
Dengan iOS 9, Anda dapat membagi layar iPad yang lega dengan dua metode. Yang pertama, Slide Over. Pada metode ini, Anda bisa menaruh aplikasi di ujung layar, seperti chat atau email. Walaupun ada dua jendela, tapi aplikasi yang aktif tetap satu.

split view ios 9

Yang kedua, Split View. Jika di Slide Over aplikasi yang aktif hanya satu, maka di Split View kedua aplikasi bekerja sekaligus. Anda bisa beralih antar aplikasi dengan mudah, mengubah ukuran jendela dan memilih tautan yang akan dibuka oleh aplikasi yang relevan di Split View.

9. Fungsi keyboard lebih canggih
keyboard ios 9

Khusus untuk iPad, iOS 9 akan memperkenalkan keyboard virtual yang ditingkatkan dengan tambahan shortcut untuk cut, copy, paste dan mode baru yang dapat mengubah keyboard menjadi trackpad. Mode trackpad ini akan dapat memudahkan saat pengguna ingin memilih teks dengan cara seperti layaknya di notebook.

Selain itu, proses upgrade juga lebih mudah. Jika update ke iOS8 membutuhkan ruang penyimpanan kosong sebesar 4,8GB, maka update ke iOS9 hanya membutuhkan ruang penyimpanan kosong sebesar 1,3GB. Untuk melakukan update, pastikan perangkat Anda telah menjalankan iOS8.

Back to top button