Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Google Jump: Sistem Virtual Reality Terbaru dari Google

Keseriusan Google menggarap dunia virtual reality kini berlanjut. Setelah Google Cardboard hadir sebagai solusi alat virtual reality murah meriah, kini raksasa mesin pencarian ini memperkenalkan Google Jump.

Google Jump Rig-1

Dalam mengembangkan Google Jump, Google menggandeng GoPro yang sudah sangat populer sebagai produsen kamera aksi. Google Jump sendiri adalah sebuah sistem virtual reality yang terdiri dari perangkat dan aplikasi khusus.

Dengan sistem Google Jump, nantinya Anda bisa menghasilkan video yang bisa dilihat secara 360 derajat menggunakan headset virtual reality. Untuk menikmati video virtual reality tersebut yang dibutuhkan hanyalah smartphone, aplikasi youtube dan tentu saja Google Cardboard.

google jump Rig-2

Untuk perangkat perekaman videonya, Google memanfaatkan 16 buah kamera GoPro yang dirangkai secara melingkar dengan pola geometri khusus yang dirancang oleh Google. Seperti Google Cardboard, pola tersebut nantinya akan segera dirilis agar pengguna bisa mencoba untuk membuat perangkat Google Jump sendiri.

Seluruh hasil video yang direkam oleh masing-masing kamera kemudian akan diolah oleh aplikasi khusus Google Jump. Aplikasi ini akan menggabungkan seluruh video lalu menghasilkan satu video virtual reality dengan 3D stereoscopic. Sebagai gambaran Anda bisa melihat video berikut ini.

Catatan: Tahan tombol kiri mouse di video lalu gerakkan mouse ke kiri, kanan, atas atau bawah agar Anda bisa melihat efek 360 derajat yang dimaksud.

Back to top button