Quantcast
OperatorXL

XL Siap Berkompetisi di Layanan Data Center

Fenomena penggunaan layanan transaksi elektronik dan komputasi awan di masyarakat semakin terlihat. Dengan adanya trend ini maka terbuka peluang bisnis baru yakni layanan Data Center. Pasalnya, tidak semua perusahaan mampu membangun data center sendiri karena secara perhitungan bisnis juga tidak memungkinkan. Itu sebabnya, bisnis layanan data center pun menjadi sebuah opportunity yang cukup baik saat ini dan masa depan.

XL melihat peluang ini. Untuk itu, XL cukup serius membangun Data Center. Bukan saja membangun di Jakarta, tetapi XL melalui Divisi Cloud memiliki lokasi di Surabaya dan Pekanbaru. Semua Data Center tersebut merupakan pusat data yang menjadi tempat layanan komputasi awan, server collocation, dan Disaster Recovery Center (DRC).

“Saat ini totalnya kita punya data center sekitar 12.600 meter persegi, dengan pembangunan data center di Balikpapan nantinya akan jadi 12.900 meter persegi. Data center baru itu rencananya selesai tahun ini,” ujar Yessie D. Yosetya, Chief Digital Service Officer XL menjelaskan.

xl DataCenter_2

Selanjutnya, perusahaan telekomunikasi ini berniat membangun satu data center baru dengan luas sekitar 600 meter persegi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Proyek ini sangat strategis mengingat Kalimantan merupakan wilayah yang relatif bebas dari jalur gunung api dan gempa, selain juga kawasan ini merupakan pasar yang belum tergarap hingga saat ini. Pembangunan Data Center di Kalimantan akan melengkap infrastruktur yang telah ada. Targetnya, sebelum akhir tahun ini, pekerjaan pembangunan sudah bisa dilakukan.

Pada akhir tahun diharapkan, Dengan demikian pada akhir tahun ini, XL siap berkontribusi bagi ekosistem Cloud dan Data Center dengan menyediakan infrastruktur sebanyak lebih dari 2.300 rak yang terletak pada bangunan dengan total luas sekitar 12 ribuan m2 dan lahan dengan total luas sebesar lebih dari 19 ribuan m2. Infrastruktur ini akan tersebar di seluruh Indonesia sehingga pemerataan pembangunan dapat terlaksana.

Mengapa data center XL?
Data Center XL ini diklaim sudah sejajar dengan Data Center yang ada di luar negeri. Sejak akhir kuartal pertama tahun ini, Data Center XL telah mendapatkan sertifikat internasional yaitu, ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Services Management, dan sertifikat TIER III Design dari Uptime Institute, Amerika Serikat. 

Ketiga sertifikasi internasional ini melengkapi sertifikat  nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia. Sertifikasi ini merupakan pengakuan terhadap standar spesifikasi atas aspek keamanan dan pemanfaatan infrastruktur pada cloud dan Data Center di dalam aktivitas bisnis dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Sementara itu, dengan mendapatkan sertifikat “Tier III” dari Uptime Institute, XL membuktikan bahwa Data Centernya adalah sebuah fasilitas berkelas dunia dan berstandar internasional. Sertifikat ini sangat penting bagi suatu Data Center karena merupakan prasyarat yang diminta oleh para pelanggan/klien, terutama bagi mereka yang bergerak terutama di bidang finansial, telekomunikasi, dan energi. Keberadaan sertifikasi ini untuk menjamin agar data digital yang disimpan selalu aman dan selalu dapat di akses. Tiering Data Center dibuat juga untuk mengevaluasi kualitas dan keandalan server untuk kemampuan hosting. Uptime Institute menggunakan empat tier system peringkat sebagai patokan untuk menentukan keandalan sebuah Data Center.

Mayoritas pelanggan XL Data Center menggunakan layanan yang variatif. Hingga akhir kuartal pertama 2015 lalu, tercatat lebih dari 130 pelanggan korporasi, dengan komposisi UKM sebesar 65%. Keberadaan pelanggan UKM ini sangat penting karena mereka memang semustinya mendapatkan dukungan mengingat peran penting mereka sebagai sektor andalan penggerak perekonomian Indonesia. Target XL, hingga akhir tahun ini ingin mendapatkan lebih dari 250 pelanggan.

Back to top button