Quantcast
Aksesoris GadgetEars In HeavenMobile GadgetNews

[Hands On] Astell & Kern AK240SS

Tren personal audio di Indonesia saat ini memang tengah diminati. Beragam brand dari yang paling murah hingga yang mahal cukup mudah dijumpai di pasaran. Menyasar segmen premium, melalui Trikomsel kini para penikmat personal audio bisa memiliki produk-produk teranyar dari Astell & Kern. Seperti misalnya, Astell & Kern AK240SS yang sangat menggoda kami berikut ini.

ASTELL-&-KERN-AK240SS

Desain artistik dan Mewah
Saat pertama kali melihatnya, Astell & Kern AK240SS sudah menarik perhatian kami karena desainnya yang sangat unik sekaligus mewah. Desainnya ini sama sekali tidak berubah dari versi sebelumnya, Astell & Kern AK240.

Tombol volume audio yang berukuran besar masih bisa dijumpai di samping kanan bodinya. Sementara samping kiri bodi terdapat tombol navigasi dan slot micro SD. Sebagai pelengkap tampilan mewahnya, bagian belakang bodinya juga dilapisi dengan material carbon fiber.

Perbedaan Astell & Kern AK240SS dan AK240 hanya terletak di material bodi yang digunakannya. Astell & Kern AK240SS kini hadir dengan bodi dari stainless steel, sementara Astell & Kern AK240 dengan bodi berbahan duralumin yang digunakan untuk material bodi pesawat. Tidak heran dengan material bodi stainless steel bobotnya juga lebih berat dengan bobot 275 gram. Selain itu, desain bodinya yang tebal juga membuatnya cukup nyaman di genggam tangan. Kendati demikian, kami tetap lebih menyarankan untuk menaruhnya saja diatas meja saat sedang digunakan.

Di sektor layar, Astell & Kern AK240SS hadir dengan layar sentuh AMOLED berdimensi 3.31 inci. Resolusi layarnya yang hanya 480 x 800 pixel juga masih terlihat tajam dan cukup jelas. Astell & Kern AK240SS hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana dan mudah sekali dipahami. Hanya saja, cukup disayangkan antarmukanya ini masih terasa sedikit agak lambat.

Kualitas Suara Jempolan
ASTELL-&-KERN-AK240SS-6

Seperti Astell & Kern AK240, AK240SS juga punya spesifikasi yang sama persis. Untuk kualitas suara jempolan perangkat ini telah dilengkapi dengan dual DAC (Digital to Analog Converter), Native DSD support untuk memutar file berformat DSD dan Balanced Output untuk mengurangi noise.

Namun, percaya atau tidak meski spesifikasi keduanya sama ternyata mengganti material bodi kemasannya berdampak pada kualitas suara yang dihasilkan terutama di sektor detil. Saat mencobanya dengan headphone Astell & Kern AKT5p dan memutar lagu dari Woong San yang berjudul i love you, AK240SS mampu menyajikan suara yang lebih detil nyaris di segala sektor dibandingkan Astell & Kern AK240.

ASTELL-&-KERN-AK240SS-5

Suara yang dihasilkan sangat natural alias flat. Vokal suara terasa sedikit lebih bright. Dan seluruh instrumen pengiring bisa kami rasakan dengan sangat baik dan jelas. Begitu pula dengan staging yang terasa lebih luas dan nyata. Para penikmat musik jazz, blues hingga klasik kami jamin akan sangat terpesona dengan kualitas suara yang dihasilkan.

Kualitas suaranya yang jempolan ini memang harus dibayar dengan harga yang mahal. Astell & Kern AK240SS dibanderol dengan harga Rp39.999.000. Lebih mahal 10 juta Rupiah dibandingkan Astell & Kern AK240 yang harganya Rp29.999.000. Sementara headphone AKT5p yang kami gunakan saat hands-on ini dibanderol harga Rp18.999.000. Berminat?

Back to top button