Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review OPPO R5

Setahun lalu OPPO telah berhasil menyedot perhatian penggemar gadget dengan menghadirkan smartphone pertama di dunia dengan kamera putar yang fenomenal. Jagoan OPPO berikutnya adalah OPPO R5, varian terbaru smartphone premium OPPO yang hadir dengan bodi super langsing.

Bodi Tipis dengan Layar Menawan
Patut diakui OPPO R5 memiliki rancangan bodi yang sangat baik. Dengan konsep unibodinya OPPO R5 yang hanya setebal 4.85mm ini terasa sangat solid dan kokoh dengan bodi yang terbuat dari material logam. Smartphone ini ternyata juga masih nyaman digunakan dengan satu atau dua tangan. Tombol fisiknya yang terdiri dari tombol power dan volume yang ditempatkan di samping kanan bodi juga relatif mudah ditekan meski nampak rata dan tidak terlalu menonjol.

Mengimbangi kecantikan bodinya, OPPO memasang layar sentuh AMOLED 5.2 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Layarnya yang mengemas jumlah pixel hingga 423 ppi ini terlihat sangat tajam dan punya kontras serta akurasi warna yang amat baik dikelasnya. Tidak ketinggalan lapisan Gorilla Glass 3 juga telah hadir untuk memperkuat sektor layarnya agar bisa meminimalisir benturan atau goresan. Sementara untuk kamera di bagian atas layar hadir dengan resolusi 5 megapixel dan dibagian belakang terdapat kamera 13 megapixel yang telah didukung dengan LED flash.

oppo R5-1

Punya bodi dan layar yang amat memesona bukan berarti OPPO 5 ini tidak punya masalah. Setidaknya ada 3 masalah yang kami rasakan dengan desain bodinya yang amat tipis itu. Pertama adalah dengan material bodi logam rasa hangat cepat sekali terasa ditangan saat smartphone ini digunakan. Kedua, bagian belakang bodi OPPO R5 masih terasa sangat licin. Untuk mengatasi kedua masalah ini, solusinya bisa dengan menggunakan cover bodi pelindung berbahan plastik yang bisa dijumpai dalam paket penjualannya.

oppo R5-4

Masalah ketiga adalah hilangnya port audio 3.5mm. Tentu ini akan sangat merepotkan bagi para penggemar musik yang suka mendengarkan musik lewat headphone. Demi mengejar kelangsingan bodinya, OPPO R5 hanya menyediakan port microUSB saja. Untuk mendengarkan musik dengan headphone, satu-satunya cara yang bisa ditempuh hanya dengan mengandalkan kabel jack audio USB yang sudah disertakan dalam paket penjualannya. Jadi bagi yang gemar mendengarkan musik atau menikmati konten multimedia dengan headphone, pastikan jangan lupa untuk selalu membawa kabel tambahannya ini.

Antarmuka Sederhana dan Fungsional

OPPO R5 menjalankan OS racikan OPPO yaitu Color OS v2.0.1i yang berbasis pada Android 4.4 KitKat. Antarmukanya ini sangat sederhana dan mudah sekali digunakan. Cukup dengan menggeser layarnya ke sebelah kiri, maka Anda sudah bisa langsung bisa memilih seluruh aplikasi yang ingin dijalankan. Satu hal yang sangat kami sukai dari OS ini adalah adanya mode satu tangan. Untuk mempermudah penggunaan dengan satu tangan, tampilan layarnya bisa diperkecil. Posisikan jempol Anda di pojok bawah kiri atau kanan layar, lalu tarik serong ke atas, maka tampilan layarnya akan langsung mengecil. Dalam kondisi ini, Anda bisa lebih mudah memilih dan menjalankan aplikasi hanya dengan satu tangan.

Performa Kencang
Di balik kemasan bodinya yang tipis, OPPO R5 mengandalkan SoC 8 inti Qualcomm Snapdragon 615 berkecepatan 1.5GHz. SoC yang sudah mendukung jaringan 4G ini telah ditunjang RAM 2GB dan chip grafis Adreno 405. Performanya terasa sangat responsif. Transisi layar, buka tutup aplikasi hingga memainkan game dengan grafis berat sekelas Asphalt 8 bisa dijalankan tanpa masalah. RAM 2GB yang dimilikinya juga berhasil membuatnya dapat dioperasikan berjalan tanpa terasa lag yang berarti. Bahkan pada saat membuka banyak aplikasi di waktu yang sama. Dengan spesifikasinya, OPPO R5 mampu meraih skor 27315 untuk benchmark Antutu dan 14678 untuk benchmark Quadrant.

Sayangnya, smartphone ini punya masalah panas yang cukup mengganggu. Saat digunakan, suhu OPPO R5 memang terasa sangat cepat sekali meningkat terutama saat bermain game atau browsing. Sensasi panas pun langsung mengalir di tangan dan membuatnya kurang nyaman digunakan. Tapi untunglah meski cepat panas, suhunya bisa relatif cepat normal kembali berkat rancangan bodinya yang telah dilengkapi dengan elemen pendingin yang memang ternyata cukup efektif menetralisir panas yang terasa di bodinya.

Selain itu, masalah lain yang kami jumpai adalah keterbatasan ruang penyimpanan dan baterai yang kapasitasnya relatif kecil. OPPO R5 hanya menyediakan ruang penyimpanan sebesar 16GB tanpa dukungan slot micro SD. Jadi sebagai solusi untuk menambah ruang penyimpanannya hanya bisa melalui layanan penyimpanan awan seperti Google Drive atau DropBox.

Baterai Oppo R5 hanya berkapasitas 2000mAh, relatif kecil untuk smartphone dengan ukuran layar 5 inci. Dengan layar Full HD dan chipset yang tergolong rakus daya, baterainya bisa bertahan sekitar 6 jam untuk pemakaian intensif seperti browsing, menelepon, push mail dan aktif berbalas pesan dengan Whatsapp. Untuk memperpanjang hidup baterainya, terdapat fitur power saving mode . OPPO juga telah menghadirkan fitur VOOC utuk isi ulang baterai dengan waktu yang relatif cepat. Dari pengujian kami, dengan charger yang dimilikinya mengisi baterai dari 0% hingga 100%, OPPO R5 bisa mencatatkan waktu isi ulang baterai yang relatif cepat sekitar 50 menit.

Kamera Oke dengan Fitur Lengkap
oppo R5-8

Sektor kamera juga menjadi salah satu keunggulan dari OPPO R5. Disokong dengan sensor BSI Sony Exmor IMX214 dan lensa berdiafragma F2.0, OPPO R5 mampu menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang akurat dan cukup detil di berbagai kondisi pemotretan. Kemampuannya mengendalikan noise di ISO tinggi saat kondisi pencahayaan kurang ideal memang tidak tergolong baik, walaupun akan cukup lumayan bagi sebagian pengguna. Tapi, performa autofocus kameranya patut diacungi jempol dengan kecepatan mencari dan mengunci fokus yang sangat cepat di kelasnya.

Selain itu, kamera OPPO R5 juga hadir dengan teknologi Pure Image 2.0+. Dengan teknologi ini opsi memotret OPPO R5 menjadi sangat lengkap dan bisa mempermudah Anda memotret. Tidak hanya menyediakan mode HDR, macro, panorama atau mode refocus yang memungkinkan Anda untuk menentukan fokus setelah foto diambil, OPPO R5 juga memungkinkan Anda untuk memotret dengan format RAW dan memotret dengan mode Ultra HD yang bisa menghasilkan foto dengan resolusi hingga 50 megapixel. Hasil foto OPPO R5 bisa dilihat di galeri Flickr resmi yangcanggih.com.

Kesimpulan
OPPO R5 yang dibanderol harga Rp6.499.000 ini nyaris sempurna jika beberapa masalahnya yang cukup mengganggu seperti cepat terasa panas dan baterainya yang relatif cepat habis bisa segera teratasi. Walau begitu, setidaknya OPPO telah berhasil membuktikan diri bisa menciptakan smartphone super langsing dengan performa yang oke. Tidak bisa dimungkiri, meski gelar smartphone tertipis di dunia sudah tidak lagi bisa disandangnya, inovasi desain pada bodinya yang tipis dan kokoh ini sangat patut diacungi jempol. Apalagi hal tersebut diimbangi dengan kinerjanya yang responsif, performa kamera yang amat baik serta kemampuan isi ulang baterai yang cepat. Ini menjadikan OPPO R5 layak dilirik dan bisa Anda jadikan bahan pertimbangan jika sedang mengincar smartphone premium di kisaran harga enam juta Rupiah.

Yang Canggih:
(+) Bodi sangat tipis dan kokoh
(+) Tampilan layar tajam
(+) Kamera Oke dengan banyak fitur
(+) Performa kencang
(+) Isi ulang baterai cepat

Yang Kurang:
(-) Bodi belakang licin
(-) Cepat panas
(-) Tidak tersedia port 3.5mm
(-) Tidak tersedia slot microSD
(-) Baterai tidak tahan lama

[table]Spesifikasi; OPPO R5
SoC;8 inti Qualcomm Snapdragon 615 1.5GHz
GPU;Adreno 405
Layar;5.2 inci FHD (1920 x 1080 pixel)
RAM;2GB
Memori;Internal 16GB tanpa slot micro SD
Kamera;Belakang 13 megapiksel dengan autofokus dan LED flash, depan 5MP
Koneksi;GSM, HSPA, 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;Li-po 2000 mAh
Dimensi;148.9 x 74.5 x 4.85 mm
Bobot; 155 gram
[/table]
Back to top button