Quantcast
Audio VideoMobile GadgetNews

[Hands-On] Sony Walkman NW-ZX2 dan Sony MDR-1ADAC

Diperkenalkan di ajang CES 2015 awal tahun ini, PT Sony Indonesia akhirnya secara resmi mengumumkan ketersediaan pemutar musik portabel premium Sony Walkman NW-ZX2 di Indonesia.

Meski dibanderol dengan harga yang tidak murah, kemunculan NW-ZX2 bisa menjadi bukti bahwa lini produk Hi-Res Audio dari Sony memang tengah sangat dinantikan oleh para penikmat musik Audiophile di Indonesia. Selain NW-ZX2, Sony Indonesia juga turut memperkenalkan headphone terbarunya, Sony MDR-1ADAC, sebuah portabel amp terbaru Sony PHA-1A dan alat perekam suara Sony PCM-D100.

Sony NW-ZX2-8

Untuk mengurangi rasa penasaran Anda mengapa Sony NW-ZX2 yang dibanderol dengan harga Rp14.999.000 ini sangat istimewa, berikut kami ajak Anda untuk mengintip apa saja kecanggihan yang ditawarkan pemutar musik portabel premium ini sekaligus mengetahui langsung performa suaranya dengan headphone Sony MDR-1ADAC.

Desain Kokoh dengan Layar Menawan
Sony NW-ZX2-5

Sebelum membahas komponen di dalamnya mari kita lihat lebih dekat kemasannya terlebih dahulu. Tidak seperti pemutar musik portabel pada umumnya, Sony NW-ZX2 punya desain bodi yang amat solid dan kokoh dengan rangka yang terbuat dari Alumunium.

Bagian belakang bodinya dirancang dengan cukup unik karena ada bagian yang menekuk kedalam dengan permukaan yang dilapisi dengan material mirip kulit jeruk. Dengan desainnya yang tergolong unik ini, Sony NW-ZX2 memang sangat nyaman sekali di genggam dan tidak licin ditangan. Namun sayang, dengan ketebalan bodinya yang diatas rata-rata pemutar musik audio portabel pada umumnya, Sony NW-ZX2 memang kurang nyaman jika dimasukkan ke dalam saku celana.

Di sektor layar, Sony NW-ZX2 telah dilengkapi dengan layar sentuh 4 inci yang resolusinya 854 x 480 pixel. Seperti smartphone Sony XPERIA layarnya juga telah mengusung teknologi Triluminos Display. Jadi tidak heran layarnya terlihat sangat menawan dengan tingkat kontras dan ketajaman yang sangat baik.

Sony NW-ZX2-4

Satu nilai positif yang kami sukai lagi dari Sony NW-ZX2 adalah tombol navigasinya yang berada di sisi kanan bodi. Pasalnya, tombol novigasinya tersebut dirancang dengan ukuran yang sangat besar dan nyaman sekali untuk ditekan.

Suara Merdu dari Komponen Kelas Wahid
Sony NW-ZX2-7

Perlu Anda ketahui, nyaris seluruh komponen yang menyusun rangka bodinya ini dilapisi dengan emas untuk performa suara yang lebih baik. Selain itu, di balik bodinya yang kokoh terdapat sejumlah peningkatan yang dibawa oleh Sony NWZ-ZX2 dibandingkan dengan generasi pertamanya ZX1.

Sony NW-ZX2-6

Pertama di sektor Chip Coil Resistor yang bertugas untuk mengurangi distorsi suara pada Sony NWZ-ZX2. Chip Coil Resistor pada Sony NWZ-ZX2 kini diperbesar dengan ukuran 7mm. Tidak hanya itu saja, jumlah kapasitor OS-CON juga turut ditingkatkan dengan jumlah hingga 7 kapasitor. Lebih banyak dibandingkan generasi lawasnya yang hanya punya 4 kapasitor. Dengan demikian, pengguna bisa menikmati kualitas sinyal suara di sektor mid dan high dengan tingkat akurasi yang semakin baik.

Sony NW-ZX2-9

Komponennya yang mumpuni tersebut masih ditunjang dengan sederetan teknologi audio yang mumpuni. Sebut saja seperti Digital amplifier S-Master HX, teknologi DSEE HX dan teknologi streaming audio LDAC yang mampu mengalirkan suara resolusi tinggi ke headphone secara nirkabel dengan kualitas yang tetap prima. Selain itu, NW-ZX2 yang menjalankan OS Android 4.2 Jelly Bean ini juga telah dilengkapi dengan beberapa pilihan efek suara surround dan equalizer yang bisa dipilih sesuai selera.

Pada kesempatan Hands On kali ini, Sony NW-ZX2 saya pasangkan dengan headphone Sony terbaru, Sony MDR-1ADAC. Ya, versi pembaruan dari Sony MDR-1A ini kini hadir lebih canggih dengan suara yang lebih baik karena langsung dilengkapi dengan DAC terintegrasi.

Kendati demikian, meski telah dilengkapi dengan DAC dan baterai isi ulang untuk mengalirkan tenaga DAC tersebut, Sony berhasil menjaga bobot Sony MDR-1ADAC tetap ringan dan sangat nyaman ditelinga.

Duet perangkat audio Hi-res dari Sony ini memang berhasil membuat saya berdecak kagum. Meski hanya mencobanya secara singkat karena waktu yang cukup terbatas, keduanya sanggup menyajikan performa suara yang sangat detil dan natural. Saat mendengarkan lagu yang dibawakan oleh Diana Krall, suara merdu dari Diana Krall dan alunan musik piano sebagai pengiringnya bisa kami rasakan dengan sangat jelas dan nyata dengan staging yang amat baik.

Sony NW-ZX2-10

Sony NW-ZX2 dan Sony MDR-1ADAC akan mulai tersedia di bulan April 2015. Untuk harga Sony MDR-1ADC dibanderol harga Rp4.999.000. Selama periode pre order Sony NW-ZX2 yang digelar Sony dari tanggal 13 Maret hingga 15 April, paketan Sony NW-ZX2 dan Sony MDR-1ADAC bisa dimiliki dengan harga Rp16.999.000. Selain itu masih tersedia paketan menarik lainnya yang juga bisa disesuaikan dengan kantong Anda.

Satu komentar

  1. * Tolong tanya pre order untuk sony walkman ZX2 + MDR Z7 paket apa masih bisa ? Tolong infonya ! Terima kasih . hengky hendrawan

Back to top button