Quantcast
Mobile GadgetNewsPilihanSmartphone

Hands-on Lenovo A6000, Calon Penakluk Xiaomi Redmi 2

Mencermati segmen smartphone kelas menengah memang tidak pernah membosankan. Tahun lalu, Xiaomi dengan Redmi 1S berhasil menyedot perhatian dari peminat gadget tanah air. Untuk tahun ini, sebenarnya Xiaomi telah menyiapkan Redmi 2 yang telah ditingkatkan spesifikasinya. Namun tentunya pabrikan smartphone lain tidak berdiam diri.

Dengan A6000, Lenovo siap merajai pasar smartphone Android di kelas 1,5 jutaan rupiah di Indonesia. Spesifikasinya memang amat mirip dengan Redmi 2, tapi dengan perbedaan utama di ukuran layar yang lebih besar, yaitu 5 inci dengan resolusi HD 720p.

lenovo-a6000-tampak-depan

YANGCANGGIH.COM mendapatkan kesempatan menjadi salah satu media pertama yang mencicipi kebolehannya, walaupun dalam waktu singkat. Berikut pengalaman singkat kami bersama Lenovo A6000.

Spesifikasi Oke
Untuk harganya, Lenovo A6000 memiliki spesifikasi yang menarik. Walaupun harga jualnya hanya 1,5 jutaan rupiah, A6000 telah dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 64-bit 1,2GHz, GPU Adreno 306, RAM 1GB, serta memori internal 8GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Spesifikasinya ini berhasil membuatnya meraih skor sedikit di atas 20.000 saat diuji dengan Antutu. Saat digunakan, ponsel ini juga cukup responsif. Untuk antarmuka, Lenovo A6000 mengandalkan UI khas Lenovo yang langsung menggelar semua aplikasi di layar utama seperti iOS.

Masih soal kecepatan, yang mengejutkan Lenovo A6000 sudah mendukung koneksi LTE. Walaupun area yang telah mendukung sinyal 4G masih minim, tapi setidaknya ini merupakan tambahan yang menggembirakan.

Bingkai layar ringkas
Dari sisi estetika, tidak ada yang istimewa dari desain A6000. Lenovo masih mengandalkan tiga tombol virtual di bawah layar untuk menavigasi menu dan mengakses beberapa fungsinya. Yang patut diapresiasi, bingkai layarnya termasuk tipis jika dibandingkan dengan ponsel lain dengan layar 5 inci. Tutup baterai di bagian belakang juga mengadopsi finishing matte atau doff yang kesat, tidak licin dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

lenovo a6000 bodi

Kualitas layar sendiri juga cukup baik, dengan panel IPS dan resolusi 1280 x 720 pixel. Selain tajam, reproduksi warnanya tergolong natural saat digunakan bermain game serta menampilkan foto dan video. Namun pada saat menggunakannya untuk memotret di siang hari yang cukup panas, layarnya menjadi kurang jelas sehingga Anda harus menaikkan tingkat brightness.

Hasil foto memuaskan
Satu aspek yang berhasil kami uji cukup lama adalah fitur kamera utamanya. Mengusung sensor 8 megapixel dengan autofocus dan flash, kualitas foto dari kamera utama Lenovo A6000 cukup membanggakan. Selain cukup cepat dan akurat mengunci fokus, reproduksi warnanya juga cukup baik.

lenovo a6000 ui kamera

Hasil foto di dalam ruangan dengan cahaya yang kurang ideal juga termasuk bagus. Tidak banyak noise yang mengganggu dan menurunkan detailnya. Fungsi HDR juga berjalan cukup cepat untuk kamera ponsel di kelasnya, dengan hasil foto HDR yang baik. Secara keseluruhan, performa kamera utama Lenovo A6000 amat baik dan di atas rata-rata ponsel lain di kelas harganya, termasuk Redmi 1s.

Berikut hasil fotonya tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap, kunjungi Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan awal
Dengan A6000, Lenovo menaikkan standar smartphone Android di kelas 1,5 jutaan rupiah. Dari pengujian singkat kami, Lenovo A6000 sepertinya akan menjadi ponsel favorit di segmen ini. Selain performanya yang gegas, kami juga terpukau oleh hasil foto dari kameranya.

Lenovo A6000 sendiri akan tersedia di Lazada Indonesia mulai tanggal 19 Maret 2015 dengan mekanisme Flash Sale. Berminat?

[table]Spesifikasi;Lenovo A6000
Chipset;Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Prosesor;Quad-core Cortex-A53 1,2GHz
GPU;Adreno 306
RAM;1GB
Memori; internal 8GB + microSD (maksimum 32GB)
Layar;IPS 5 inci HD 1280 x 720 pixel (294 ppi)
Kamera; Utama 8 megapixel dengan autofocus dan flash LED, Depan 2 megapixel
Konektivitas;WI-Fi, Bluetooth 4.0, microUSB, LTE
Baterai;Lithium Polymer 2300mAh
Dimensi;141 x 70 x 8.2 mm
Bobot;128 gram
[/table]

5 komentar

  1. I have a problem with my Lenovo A6000. I couldn’t use my android for 3 days . I can not slide it up to open the screen. I only could receive the phone but couldn’t operate the other feature. Any suggestion from Lenovo team to solve my problem ? thank you

  2. Punya saya baterainya boros banget dan cepat panas padahal cuma buat wifi. Beda dengan smartphone lainnya yang gak cepat panas dan tidak boros

  3. saya baca dari beberapa testimonial pengguna lenovo A6000 di internet katanya batrainya boros cepet habis, benar tidak itu ?

  4. kalo untuk kamera depan lenovo a6000 vs xiaomi redmi 2s bagusan mana ka? aku punya zenfone 4 kameranya mengecewakan

Back to top button