Quantcast
KomputerLaptopNews

Apple MacBook 12 inci: Hadir dengan Warna dan Port USB Baru

Apple MacBook akhirnya mendapat penyegaran. Inilah MacBook paling tipis dan ringan dari seluruh jajaran MacBook yang pernah dikeluarkan Apple.

Apple MacBook 12-1

Apple MacBook terbaru ini hadir dengan ukuran layar 12 inci. Seperti lini MacBook lain, layarnya juga sudah mengusung teknologi layar Retina Display yang resolusinya 2304 x 1440 pixel. Bobot dan ketebalannya juga sangat ringan. Bobotnya hanya 0.92kg dengan ketebalan 13.1mm. Lebih tipis 24% dari saudaranya sendiri, MacBook Air, yang berukuran 11 inci.

MacBook 12 inci pun menjadi MacBook pertama yang tidak dilengkapi dengan kipas pendingin. Jadi bisa dipastikan kinerjanya akan sangat senyap dan nyaris tanpa suara. Selain itu, baterainya juga diklaim lebih tahan lama dengan waktu guna hingga sekitar 9 jam.

Dengan bodinya yang setipis itu, imbasnya MacBook 12 inci tidak bisa memuat banyak port konektivitas. Bahkan, Apple menghilangkan port magsafe andalannya yang berfungsi sebagai port isi ulang baterai. MacBook 12 inci hanya menyediakan satu lubang audo jack 3.5mm dan satu port USB generasi terbaru, USB-C. Port USB-C inilah yang menggantikan port magsafe untuk isi ulang baterai. Selain itu port USB-C ini juga yang diandalkannya untuk tersambung ke perangkat lain. Namun, jika ingin menancapkan flashdisk, atau menghubungkannya ke monitor lewat kabel HDMi atau VGA, Anda harus menggunakan bantuan kabel adpater tambahan yang dijual terpisah.

Kemudian di sektor keyboard juga terlihat ada peningkatan. Keyboard MacBook 12 inci menggunakan desain Butterfly yang lebih tipis 40 persen dari keyboard MacBook Air. Hebatnya, walaupun lebih tipis,ukuran tombolnya diperbesar hingga 17% sehingga lebih nyaman. Jadi meski tombolnya nyaris rata dengan bodi, ukuran tombol yang lebih besar setidaknya bisa lebih nyaman dan akurat saat mengetik. Tidak ketinggalan, bagian tombol keyboardnya ini juga telah dilengkapi dengan lampu backlit yang bisa menyala di dalam gelap.

apple macbook 12 trackpad

Bagian trackPad mouse pun ikut mendapatkan pembaruan. Trackpad mouse MacBook 12 inci kini dirancang dengan teknologi baru yaitu Force Touch. Trackpad dengan teknologi ini tidak lagi menyediakan area tombol kiri dan kanan mouse. Anda bisa melakukan klik kiri dan kanan mouse di seluruh area trackpadnya.

Rahasianya, teknologi Force Touch dirancang agar dapat mendeteksi tekanan jari dengan akurat, mengandalkan 4 sensor yang dimilikinya. Dengan begitu, perintah klik kiri dan kanan mouse digantikan dengan seberapa lama dan keras jari Anda ditekan di seluruh area trackpad tersebut. Selain itu, trackpad ini juga lebih interaktif karena bisa memberikan respon kepada Anda berupa getaran. Meski terlihat lebih sederhana, nampaknya memang butuh penyesuaian agar terbiasa dengan teknologi trackpad terbaru Apple ini.

Apple menyediakan MacBook 12 inci dalam 2 pilihan konfigurasi. Dengan Intel Core M 1.1GHz, SSD 256GB dan RAM 8GB harganya dibanderol US$1299 atau sekitar Rp17.000.000. Sementara, konfigurasi dengan Intel Core M 1.2GHz, SSD 512GB dan RAM 8GB harganya US$1599 atau sekitar Rp20.000.000. Pilihan warnanya seperti iPad dan iPhone yaitu gold, silver dan space gray.

[table th=”0″]” “;Apple MacBook 12 inci
Layar; 12 inci, Retina display, 2304 x 1440 pixel, 226 ppi
Prosesor; 1.1GHz dual-core Intel Core M processor/ 1.2GHz dual-core Intel Core M processor
Kartu Grafis; Intel HD Graphics 5300
RAM;8GB
SSD; 256GB atau 512GB
Kamera; 480p FaceTime camera
Baterai; hingga 9 jam
OS; OS X Yosemite
Konektivitas; port audio 3.5mm, USB-C, WiFi, Bluetooth
Dimensi;11.04 x 7.74 x 0.14-0.52 inci
Bobot;0.92 kg
Warna; gold, silver, space gray
[/table]
Back to top button