Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Asus Zenfone 4S

Seri Asus Zenfone bisa dibilang merupakan salah satu tonggak awal munculnya smartphone murah yang tidak murahan di Indonesia. Tiga seri Zenfone, 4, 5 dan 6 laris manis. Setelah seri Zenfone, mulai bermunculan pesaing berat dari berbagai vendor. Maka tidak heran kalau Asus merilis refresh dari Zenfone 4 yang disebut Zenfone 4s. Refresh dari seri termurah ini membawa beberapa perubahan seperti layar yang lebih besar, kamera yang lebih baik dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Desain dan Kualitas Layar
Dari sisi desain, Zenfone 4s tetap selaras dan seirama dengan tiga seri Zenfone pendahulunya. Ciri khas di sisi bawah layar dan tombol kapasitif (Back, Home dan Recent Apps) memiliki sentuhan metalik dengan pola-pola melengkung. Panel belakang menggunakan material plastik dengan sentuhan bahan matte yang tidak mudah kotor saat terkena sentuhan jari. Seperti desain seri Zenfone sebelumnya, bingkai samping 4S juga cukup tebal. Desain sisi sampingnya juga kaku sehingga membuatnya kurang nyaman saat digenggam. Panel belakang Zenfone 4s bisa dibuka, namun Anda tidak bisa mengganti baterai seperti pada Zenfone 4. Jadi fungsinya terbatas sebagai tempat dua slot kartu SIM.

Layar Zenfone 4 yang 4 inci saja naik kelas menjadi 4,5 inci di Zenfone 4s dan sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Namun resolusinya tidak berbeda jauh, 800 x 480 piksel vs 854 x 480 piksel pada Zenfone 4s. Imbasnya, ketajaman layar (218 piksel per inci / ppi) terasa kurang dibanding Zenfone 4 (233 ppi), apalagi dibandingkan dengan Zenfone 5 yang mencapai 1280 x 720 piksel (294 ppi). Pun demikian, kualitas layarnya tetap bagus. Dengan layar IPS yang kini disandang Zenfone 4s, warna yang dihasilkan natural dan tidak berlebihan, namun tetap cerah dan memanjakan mata. Sudut pandangnya luas, demikian juga dengan tingkat kontras dan kualitas warna hitam. Jarak antara panel kaca dan layar amat tipis, sehingga mengurangi efek pantulan cahaya pada layar.

Asus juga menyediakan pengaturan kualitas layar dengan sebuah aplikasi bawaan bernama Splendid, yang memungkinkan Anda mengatur White Balance (Temperature dan Hue) dan Saturation pada layar. Fitur ini cukup menunjang dan memudahkan saat Anda ingin mengatur tampilannya agar sesuai dengan selera.

Fitur dan Antarmuka
Masih menggunakan antarmuka Zen UI, antarmuka 4s sama persis dengan seri Zenfone lainnya. Secara fungsional juga tidak berbeda jauh dengan ponsel Android lainnya. Misalkan dari Lockscreen, yang memberikan tiga akses pintas untuk kamera, panggilan dan SMS. Lalu ke bar notifikasi, yang bisa diungkap saat Anda di Lock Screen. Di sini ada dua halaman, halaman pertama untuk notifikasi dan halaman kedua untuk pengaturan cepat. Sayangnya model dua halaman seperti ini memang agak merepotkan untuk pengaturan cepatnya.

Beralih ke Home Screen yang menampilkan 4 x 5 ikon aplikasi, kita bisa masuk ke daftar aplikasi yang memiliki latar belakang hitam dan terdiri dari 4 x 4 ikon aplikasi yang bisa disusun berdasarkan abjad alfabet, terbaru di-unduh dan tersering digunakan. Ada fitur Lock Apps, Hide Apps dan Disable Apps bagi Anda yang membutuhkannya. Secara keseluruhan antarmuka Zen UI pada Asus Zenfone 4s relatif mudah digunakan.

Cukup banyak fitur yang diberikan Asus untuk Zenfone 4s. Misalnya Audio Wizard (memungkinkan Anda mengatur mode musik berdasarkan pilihan Music, Movie, Recording, Gaming dan Speech Mode). Lalu ada Do It Later, File Manager, FlashLight (senter memanfaatkan cahaya dari LED flash pada kamera), Mirror (memanfaatkan kamera depan untuk berkaca), Splendid, Super Note dan What Next.

Performa
Secara keseluruhan, performa 4s cukup lancar dibandingkan dengan kompetitor di rentang harga serupa. Tapi tentunya jangan mengharapkan performa super mulus seperti di ponsel kelas atas. Asus Zenfone 4s sendiri menggunakan prosesor dua inti Intel Atom Z2520 dengan clock 1,2GHz, dibantu dengan GPU PowerVR SGX544MP2 dan RAM 1GB.

Dari hasil benchmark Antutu, Asus Zenfone 4s mendapatkan skor 18591. Sementara di Quadrant Standard ponsel ini mendapatkan angka 6744 poin. Benchmark pengolahan grafik NenaMark 2 memberi nilai tinggi pada Zenfone 4s, dengan angka 58,7 frame per detik. Adapun untuk multitouch, Asus Zenfone 4s bisa menerima hingga 10 sentuhan sekaligus.

Kamera
Jika Zenfone 4 kesannya pelit dengan hanya menyematkan kamera 5 megapiksel autofokus tanpa LED flash, maka kini Zenfone 4s menggunakan kamera 8 megapiksel yang dilengkapi autofokus dan LED flash. Persis seperti Asus Zenfone 5, ada fitur Pixel Master dengan berbagai mode seperti Low Light Mode, Time Rewind, Smart Remove, Turbo Burst, Depth of Field, HDR, All Smile, Pencil Effect, Miniature Mode, Beautification, Selfie dengan pengaturan yang tergolong lengkap.

Performa kamera saat pencahayaan rendah cukup bagus dengan menggunakan Low Light Mode. Namun kelemahannya, penyimpanan file menjadi lama, resolusi juga berkurang menjadi 1600 x 900 piksel saja. Selain itu, mode High Dynamic Range cukup membantu di kondisi pencahayaan yang sulit seperti obyek yang membelakangi sumber cahaya. Hasil fotonya cukup tajam dengan warna yang matang. Hasil foto ASUS Zenfone 4S tanpa proses penyuntingan dapat dilihat di akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Daya Tahan Baterai
Meski baterai tidak removable, namun kapasitas baterai pada Zenfone 4s mencapai 1750 mAh, lebih tinggi dibandingkan Zenfone 4 yang hanya 1200 mAh saja. Namun ingat, layar Zenfone 4s pun lebih besar dari Zenfone 4, dengan beda lumayan besar, 0,5 inci. Jika Anda menggunakan satu kartu SIM saja, daya tahan baterai mencapai 12-14 jam (penggunaan normal telepon, browsing, chatting, game sesekali, tidak dipaksa kerja berat seperti main game dalam waktu berjam-jam). Namun dengan penggunaan yang cukup berat, ZenFone 4S akan dapat bertahan sekitar 10 jam.

Kesimpulan
Pasar smartphone di kelas 1-2 jutaan merupakan pasar yang ramai dan penuh persaingan. Dengan harga di kisaran 1,5 jutaan rupiah, pesaing utama Zenfone 4S adalah Xiaomi Redmi 1s. Untungnya (bagi ASUS), Redmi 1s cukup sulit ditemukan di pasaran. Namun bagi Anda yang mencari smartphone dengan desain menarik, fitur amat lengkap, serta performa handal dan tentunya harga terjangkau, Asus Zenfone 4s layak menjadi pilihan.

Yang Canggih:

  • Desain dan bahan yang digunakan relatif oke untuk kelasnya
  • Performa handal untuk berbagai keperluan
  • Harga termasuk terjangkau jika dibandingkan fiturnya
  • Hasil foto di atas ponsel di kelasnya

Yang Kurang:

  • Resolusi layar relatif kurang
  • Desain agak kaku
  • Baterai tidak bisa diganti-ganti
[table]Spesifikasi;Asus Zenfone 4s
Prosesor;dua inti 1,2GHz Intel Atom Z2520
GPU;PowerVR SGX544MP2
Layar;4,5 inci FWVGA (854 x 480 pixel)
RAM;1GB
Memori;Internal 8GB, slot micro SD
Kamera;Belakang 8 megapiksel dengan autofokus dan LED flash
Koneksi;Dual SIM GSM, HSPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;Li-po 1750 mAh
Dimensi;136.8 x 67.9 x 11,3 mm, 134 gram
[/table]

2 komentar

  1. yang pertama, beda ukuran layar. untuk selisih harga sekitar 400 ribuan..

  2. mas mau tanya, bedanya asus zenfone4 dan zenfone 4s apa ya dan berapa selisih harga zenfone 4 dan 4s ?
    terimakasih

Back to top button