Quantcast
AksesorisAudioHome GadgetSMART HomeVisual

Inilah Visi Samsung untuk Hiburan Rumah Tahun 2015

Samsung menggelar SEA Forum 2015, pameran teknologi terbesarnya di Asia Tenggara. Di acara yang dihadiri tamu jurnalis dan para mitra bisnisnya, Samsung memamerkan produk-produk terbarunya untuk tahun 2015.

samsung suhd tv forum 2015

TV premium baru: SUHD TV
Sama seperti tahun lalu, Samsung memamerkan perangkat rumah canggih terbarunya dari berbagai jajaran. Sebagai bintang utamanya, ada SUHD TV. Huruf “S” tersebut menyimpan banyak arti, sesuai dengan kecanggihan yang dimilikinya.

samsung s9w forum 2015

Kelebihan utama TV SUHD Samsung ini terletak pada kualitas gambarnya yang melampaui TV LED dan OLED. Mulai dari kontras, tingkat kecerahan, reproduksi warna, hingga detail gambar; semuanya dapat ditampilkan dengan cemerlang oleh TV SUHD Samsung. Rahasia performa yang memukau ini terletak pada teknologi kristal nano yang mampu menghasilkan warna super jernih dan memiliki efisiensi pencahayaan. Hasilnya, TV SUHD akan dapat menampilkan warna yang lebih brilian, dengan tingkat kepekatan warna hitam dan tingkat kecerahan yang 2,5x lebih terang dibanding TV UHD biasa.

samsung event 1

Saat melihat langsung, saya juga mengakui bahwa kontras dan tingkat detail TV SUHD memang menakjubkan. Sayangnya masih ada masalah klasik yaitu tentang konten UHD yang masih sangat terbatas. Walaupun semua TV UHD telah memiliki fitur upscaling yang akan menaikkan semua konten ke resolusi 4K, tapi tentunya kualitasnya masih di bawah konten yang murni 4K.

Dari sisi desain, mayoritas TV Samsung tahun 2015 akan hadir dalam nuansa silver alias perak. Mencermati jajaran TV Samsung untuk 2015, saya setuju bahwa ini merupakan perubahan desain ke arah yang benar. Hilang sudah bezel dan stand warna hitam yang terlihat murah.

OS baru untuk Smart TV
Mulai tahun 2015, Samsung akan menggunakan OS Tizen untuk jajaran produk Smart TV keluarannya. Tizen sendiri merupakan platform open-source seperti Linux yang mendukung standar Web. Menurut Samsung, OS Tizen sendiri memang dipersiapkan untuk mentenagai perangkat-perangkat pintar masa depan atau istilah kerennya, Internet of Things.

samsung smart tv tizen 1

Dengan Tizen, Smart TV Samsung keluaran tahun 2015 akan mampu terhubung ke berbagai perangkat lain seperti tablet dan smartphone dengan lebih cepat dan lebih mudah. Antarmuka atau UI pada Smart TV baru ini juga lebih menarik dan lebih responsif dibandingkan Smart TV Samsung keluaran tahun sebelumnya.

Ada beberapa fitur menarik yang diusungnya. Salah satunya adalah Briefing on TV. Fitur ini menyulap Smart TV Samsung menjadi weker yang membangunkan Anda. Tidak hanya dapat menyala secara otomatis, TV juga akan menampilkan informasi dari ponsel atau tablet Samsung seperti ramalan cuaca dan jadwal untuk hari itu.

Untuk hiburan, Tizen juga telah dilengkapi beberapa games menarik. Pada saat demo, Samsung memamerkan game Minion Rush dan Hello Hero yang dapat dimainkan langsung dari televisi.

Fitur TV khusus untuk Asia Tenggara
Samsung juga menghadirkan beberapa fitur khusus untuk konsumen TV di Asia Tenggara. Ada fitur Family TV 2.0 yang dapat berkirim foto dan suara dari adegan TV favoritnya langsung dari TV. Selain itu juga ada Story Replay yang merekam foto dengan audio dari program TV yang diputar.

samsung smart tv soccer mode

Mengetahui betapa konsumen di wilayah Asia Tenggara sangat mencintai olahraga, maka Samsung juga memasukkan Sports Mode. Sayangnya, menurut informasi dari Samsung, Sports Mode didesain secara spesifik untuk olahraga rugby yang kurang dikenal di Indonesia. Walaupun begitu, fitur yang ada di Sports Mode juga cukup optimal untuk olahraga sepakbola.

Soundbar & 360 Audio
Mengikuti tren TV lengkung yang dimulainya, unit soundbar Samsung juga hadir dalam desain melengkung yang selaras dengan TV lengkungnya. Curved Soundbar seri 8500 yang barusan hadir ini menawarkan audio 9.1 channel untuk suara surround yang lebih berimbang. Unit subwoofer juga menggunakan speaker dengan teknologi Multi-Air Gap yang diklaim dapat memberikan suara bass yang lebih dalam. Anda juga dapat mengalirkan musik ke speaker ini melalui Bluetooth, tanpa harus bergantung pada kabel.

samsung 360 surround 1

Sedangkan speaker lain yang menarik adalah WAM7500 dan WAM6500. Kedua speaker omni-directional ini mampu menyajikan audio surround 360 derajat dari satu unit speaker. Ini berarti Anda dapat leluasa menggantungkannya di langit-langit atau meletakkannya di meja untuk memenuhi ruangan dengan optimal.

Menilik jajaran produk terbaru Samsung untuk hiburan di rumah, saya cukup terkesan. Perombakan desain TV yang kini terlihat lebih mewah ditambah penggunaan platform Tizen yang lebih responsif dan lebih menarik merupakan langkah yang baik untuk melanjutkan dominasinya di industri televisi. Bagi yang penasaran, nantikan ulasan TV Samsung di yangcanggih.com dan huniancanggih.com.

Satu komentar

Back to top button