Quantcast
Operator

Indosat Tawarkan Komunikasi Suara Berkualitas High Definition

Setelah Indosat berkutat cukup lama melakukan modernisasi jaringan, 20 Februari menjadi hari penting karena seluruh upaya modernisasi terhadap jaringan yang dimiliki selesai sudah. Ada 23 kota yang telah ditingkatkan untuk menggunakan teknologi U900 dan DC – HSPA+. Dengan demikian, Indosat akan mampu menghadirkan kecepatan hingga 42 Mbps dan kualitas sinyal yang lebih baik di dalam maupun luar ruangan.

“Salah satu ikutan dari modernisasi jaringan yang kami lakukan adalah fitur HD Voice. Di mana pelanggan Indosat dapat menikmati kualitas suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan,” ujar Joko Riswadi, Division Head Network Optimization menjelaskan saat uji coba jaringan (network dirve test) di sepanjang jalur transportasi kereta antara Jakarta – Bekasi beberapa waktu lalu.

indosat tes jaringan bekasi 2015

Fitur Voice HD itu sendiri merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih dengan mengaktifkan AMR WB atau Adaptive Multi Rate Wideband. Yang memungkinkan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz menjadi 2x lipat yakni 7000 Hz. Sayangnya, fitur canggih ini tidak serta merta dapat dirasakan oleh setiap pelanggan Indosat. Pasalnya, tidak semua handset sudah memiliki fasilitas HD Voice. Bagi pelanggan yang sudah memiliki smartphone terkini, fitur tersebut sebenarnya sudah menjadi fasilitas standar. Setidaknya, di dunia sudah ada 329 tipe ponsel dari 19 merek yang telah memiliki fitur ini. Merek-merek tersebut adalah Acer, AETA Audioa System, Apple, Asus, BlackBerry, Gigabyte, Glensoud, HTC, Huawei, LG, Longcheer, Motorola, Nokia, Pantech, Samsung, Sony, TCL, TechFaith dan ZTE.

Namun, inti dari modernisasi jaringan adalah peningkatan kualitas saat melakukan browsing, upload file, melihat HD video serta live streaming. Semua terasa nyaman dilakukan pada saat uji coba. Kecepatan yang diperoleh selama perjalanan Jakarta – Bekasi pulang-pergi, tontonan hasil download dari Youtube pun tidak ada putusnya. Uji coba dilakukan dalam kereta wisata dengan dinding yang memiliki ketebalan 3 mm. Dari kualitas suara, maupun akses Internet tidak ada gangguan. Bahkan ketika melewati kawasan Cipinang Penjara yang notabene terdapat jammer, Indosat mampu mencatat kecepatan koneksi Internet hingga 5 Mbps. Selain itu, ketika melakukan pengujian dengan mengakses Youtube, kecepatan maksimal yang diperoleh adalah 23.3 Mbps dan kecepatan download mencapai 9.23 Mbps.

Dengan selesainya modernisasi jaringan ini, Indosat sangat yakin dapat merangkul pelanggan lebih banyak lagi. Hal ini sudah terasa di Jabotabek yang mengalami kenaikan penjualan kartu perdana dalam 6 bulan terakhir.

Satu komentar

Back to top button