Quantcast
Operator

Indosat Buka Data Center Tier 3 di Jatiluhur

Perusahaan Anda memiliki data penting dan dalam jumlah besar? Tentu membutuhkan data center yang mumpuni. Salah satu yang tersedia di Indonesia adalah data center milik Indosat lewat anak perusahaannya Lintas Arta.

“Pertumbuhan dari IT di Indonesia, diperkirakan akan lebih dari 21%. Sedangkan Lintasarta sendiri memiliki pertumbuhan di atas itu. Pasar yang begitu besar inilah yang membuat kami membangun Data Center – Disaster Recovery Center (DC/DRC) baru sejak Agustus 2014 lalu. Maret 2014 semua nya akan selesai dan DC/DRC ini sudah berstandar Tier 3,” ujar Ginandjar, Direktur DataCom & IT Lintasarta menjelaskan.

Dengan standar Tier 3 ini, maka system IT dari para pelanggan bisnis lebih terjamin kontinuitas operasi dan layanannya. Di mana, Indosat akan memastikan bhwa perangkat server akan tetap bekerja. Terlebih, lokasi DR – DRC Indosat ini berada di Jatiluhur, Jawa Barat yang merupakan area minim bencana. Indosat pun memiliki fiber optic dari Jatiluhur ke Jakarta sehingga pengiriman dan penerimaan data lebih lancar. Plus, Indosat juga berpengalaman dalam menyediakan layanan Data Center dan Pusat Pemulihan bencana untuk pelanggan bisnis.

indosat data center jatiluhur 2015

Berbeda dengan DC/DRC terdahulu yang dimiliki oleh Indosat adalah dalam hal suplai listrik. Di mana, DC/DRC ketiga ini disuplai oleh dua sumber listrik yakni PLN dan PJT2 sehingga fasilitas DC/DRC sebenarnya telah memenuhi standar Tier 4, yaitu 2N Power Configuration yang dapat menjamin ketersediaan daya hingga 99,995% dan Fault Tolerant. Desain fasilitas ini mengacu kepada standar internasional untuk pembangunan data center dan akan disertifikasi oleh badan sertifikasi data center internasional, Uptime Institute.

Untuk di Indonesia, DC/DRC yang sudah berstandar tier 3 ini tidak banyak. Itu sebabnya, Indosat sangat optimis bahwa pertumbuhan bisnis data center ini akan signifikan setelah selesai pembangunannya ini.

Fasilitas baru yang ada di DC/DRC Indosat terdiri dari satu bangunan utama, serta bangunan pendukung untuk infrastruktur mekanikal dan elektrikal. Fasilitas DC/DRC Indosat dibangun dengan desain terbaik sesuai teknologi data center terkini meliputi power system (sistem kelistrikan), cooling system (sistem pendingin), fire protection system (sistem proteksi kebakaran), security system (sistem pengamanan), data center management (manajemen data center), dan sistem pendukung lainnya seperti working area sebagai fasilitas bekerja para karyawan perusahaan pelanggan jika sistem IT pelanggan terkena bencana.

“Data Center dan DRC merupakan bisnis utama layanan IT Services Indosat dan Lintasarta. Seluruh infrastruktur layanan IT Services yang disediakan Indosat dan Lintasarta seperti public atau private cloud kita tempatkan di dalam Data Center dan DRC dengan fasilitas terbaik. DC/DRC Indosat telah mendapatkan sertifikasi ISO27001 dan penghargaan sebagai Data Center Provider of The Year dua tahun berturut-turut, yang merupakan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik,”, lanjut Ginandjar, menjelaskan.

Pembangunan fasilitas baru DC/DRC direncanakan akan selesai pada April 2015 dan akan menjadi bagian dalam 25 fasilitas Pusat Data dan Pusat Pemulihan Bencana di Acasia Global Data Center di 7 negara Asia Tenggara.

Back to top button