Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNews

Pentax K-S2: DSLR Tahan Debu dan Cuaca Terkecil di Dunia

Setelah meluncurkan Pentax K-S1, DSLR pertama di dunia dengan bodi yang dihiasi lampu LED, Ricoh kini menghadirkan generasi keduanya yaitu Pentax K-S2. Walau diposisikan sebagai penerus Pentax K-S1, ternyata K-S2 memiliki konsep yang sangat berbeda.

pentax K-S2

Perbedaan utama langsung terlihat dari kemasan bodinya. Pentax K-S2 tidak dilengkapi dengan lampu LED seperti K-S1. Desainnya sendiri mirip seperti kamera DSLR pada umumnya, namun dengan bodi yang anti debu dan tahan cuaca. Bahkan, dengan dimensinya yang hanya 91 x 123 x 73 mm, Ricoh mengklaim Pentax K-S2 adalah kamera DSLR terkecil di dunia yang punya bodi tahan debu dan cuaca.

Di balik bodi tangguhnya, Pentax K-S2 telah membawa sensor APS-C CMOS 20 megapixel yang dipadukan dengan prosesr PRIME MII. Kolaborasi sensor dan prosesornya tersebut membuat pengguna dapat memotret hingga ISO 51.200, merekam video Full HD 1080/30p dan mendukung continuous shoot dengan kecepatan hingga 5,4 fps.

pentax k-s2

Untuk hasil foto yang lebih tajam, kamera ini pun tidak dilengkapi dengan filter optical AA (anti-aliansing). Sebagai pengganti, Ricoh melengkapinya dengan simulator filter AA (anti-aliasing) dan sistem peredam getar terintegrasi langsung di bodinya seperti yang dimiliki Pentak K-S1.

Di sisi software, Pentax telah memasukkan beberapa fitur yang menyenangkan. Sebut saja Replace Color. Sesuai namanya, Anda bisa mengganti warna di foto yang telah dijepret. Jadi mobil biru bisa disulap menjadi merah dan seterusnya. Pentax juga memasukkan fitur Clarity Enhancement untuk hasil foto lebih baik. Teknologi ini diklaim dapat mereproduksi sebuah gambar menjadi lebih realistis di mata manusia. Selain itu juga ada Advanced HDR yang dapat memotret 3 foto dan mengombinasikannya untuk menghasilkan foto HDR (High Dynamic Range) secara otomatis.

Pentax K-S2 pun tambah istimewa karena menjadi kamera DSLR Pentax K-series pertama yang telah dilengkapi dengan layar fleksibel yang bisa diputar berukuran 3 inci. Selain itu, K-S2 juga menjadi kamera pertama Pentax dengan dukungan WiFi dan NFC untuk kemudahan terhubung ke smartphone atau tablet. Secara keseluruhan, spesifikasi dan konsepnya cukup menjanjikan.

Pentax K-S2 tersedia dalam pilihan warna hitam, putih dan kombinasi warna hitam dan oranye. Kamera ini akan tersedia di bulan Maret 2015 dengan harga US$800 atau sekitar Rp10.200.000, termasuk lensa 18-50mm f/4-F5.6.

[table th=”0″]” “;Pentax K-S2
Sensor; APS-C CMOS 20 megapixel
Prosesor; PRIME MII
ISO;100-51.200
Autofocus; Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Lensa; Pentax KAF2
Layar; Tilting 3-inci 921.000 titik
Viewfinder; Optical
Continuos Shoot; 5.4fps
Video; 1920 x 1080 pixel (30p, 25p, 24p), 1280 x 720 pixel (60p, 50p)
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC
Konektivitas; USB, HDMI, WiFi, NFC
Dimensi;91 x 123 x 73 mm
Bobot;678 gram
[/table]
Back to top button