Quantcast
Mobile GadgetSmartphone

Kesan Pertama Memakai Samsung Galaxy Note Edge

Setelah dinantikan cukup lama, akhirnya Samsung Galaxy Note Edge mendapatkan jadwal peredaran yang pasti untuk pasar Indonesia. Mulai awal Maret 2015, konsumen di Indonesia akan dapat membeli smartphone Samsung dengan layar fleksibel tersebut seharga Rp10.999.000. Samsung juga akan mengadakan penawaran khusus di Jakarta pada tanggal 14-15 Maret 2015.

samsung galaxy note edge launch

Acara perkenalan Galaxy Note Edge kepada media dilakukan persis sehari sebelum dimulainya Samsung Forum 2015 di Bangkok. Sekedar menyegarkan ingatan, Samsung Galaxy Note Edge memiliki spesifikasi yang identik dengan Note 4, tapi memiliki tambahan layar lengkung di sisi kanannya.

Desain canggih yang unik
Bagi yang ingin tampil beda dan terlihat canggih, sepertinya tidak ada smartphone lain yang memiliki tampilan dan konsep desain seunik Note Edge. Tambahan layar lengkungnya membuat Note Edge terlihat beda saat ditaruh di meja. Layar mungil memanjang di sisi bodi ponsel ini ternyata menyimpan banyak kegunaan. Yang paling kentara, Anda akan bisa mendapatkan update Twitter, SMS, dan notifikasi lain di layar tersebut. Jadi tidak perlu lagi menggeser layar utama hanya untuk melihat informasi notifikasi lagi.

samsung galaxy note edge preview notifikasi

samsung galaxy note edge preview spen

Selain menampilkan notifikasi, layar lengkungnya juga memudahkan pengambilan foto. Tombol shutter kamera yang biasa di layar utama akan dipindahkan ke layar pinggir. Ini berarti posisi tombol shutter akan lebih mudah diraih karena lokasinya yang sudah pasti. Menemani tombol shutter, juga ada tombol Mode, HDR, dan Setting.

samsung galaxy note edge preview 1

Layar tambahan ini juga memuat shortcut ke beberapa aplikasi yang sering digunakan seperti Photo Note, S Note, Voice Recorder dan sebagainya. Untuk beralih aplikasi di layar tambahan, Anda tinggal menggeser layar kecilnya yang responsif. Samsung juga telah menyiapkan beberapa aplikasi khusus untuk layar kecil Note Edge. Kami sempat mencoba Tiny Burger dan Tiny Edge, dua aplikasi game dengan tampilan melebar yang unik. Pengalamannya cukup mengasyikkan walaupun tidak direkomendasikan untuk jangka waktu yang lama.

Anda juga bisa mengatur panel mana yang akan muncul di layar kecil melalui menu Manage Panels. Untuk saat ini, aplikasi yang bisa mendukung tampilan di layar kecil tersebut masih sangat minim, tapi setidaknya Note Edge telah mendukung aplikasi-aplikasi populer seperti Twitter dan Facebook.

Walaupun memiliki waktu kurang dari 24 jam, kami sempat mencoba kamera Note Edge. Mengingat spesifikasinya yang amat mirip dengan Galaxy Note 4, maka tidak heran hasil foto dan performanya juga identik. Berikut hasil foto Note Edge tanpa melalui proses editing atau penyuntingan. Untuk hasil foto berukuran penuh dan koleksi hasil foto dari berbagai gadget lainnya, Anda bisa berkunjung ke akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.


Pengalaman berbeda
Sekilas, penambahan layar fleksibel di Note Edge terasa seperti peningkatan kecil saja. Namun saat digunakan, pengalaman yang didapat cukup berbeda dengan Note 4. Disadari atau tidak, membaca dan menutup notifikasi merupakan sebuah aktivitas yang amat sering dilakukan pengguna Android. Dengan Note Edge, aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa harus mengganggu aplikasi yang sedang dijalankan.

Namun bagi pengguna Android mahir yang menggemari produk Samsung, daya tarik utamanya akan ada pada chipset Qualcomm dan dukungan 4G LTE yang ada di Note Edge. Bagaimana dengan Anda?

Back to top button