Quantcast
Mobile GadgetNewsPonsel

3 Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Android One

Kami yakin istilah Android One akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh para penggemar gadget di Indonesia. Bagi Anda orang awam yang tidak mengikuti perkembangan teknologi mungkin akan bertanya apa itu Android One. Melalui artikel berikut yangcanggih.com akan mengulas lebih lengkap mengenai Android One yang kami ramalkan bisa menjadi fenomena tersendiri di pasar smartphone tanah air.

Apa itu Android One?
android-one-4
Android One adalah sebuah proyek smartphone yang dipelopori oleh Google. Diumumkan di ajang Google I/O 2014, proyek ini bertujuan untuk semakin memasyarakatkan sistem operasi Android ke seluruh lapisan masyarakat di penjuru dunia melalui smartphone.

Apa sih bedanya Android One dengan smartphone Android lain?
android-one-3
Model smartphone Android yang tidak terhitung jumlahnya saat ini tentu saja bukan menjadi penghalang bagi Google menghadirkan Android One. Google sudah tahu benar bagaimana cara agar para konsumen melirik smartphone Android One nantinya. Oleh karena itu Google merancang Android One dengan mengedepankan 3 standarisasi.

Pertama adalah spesifikasi dan kualitas yang mumpuni. Di sini Google yang menentukan semua spesifikasi dan standar kualitas produk smartphone Android One. Jadi semua produk Android One yang beredar di pasaran harus dibuat sesuai standarisasi kualitas dan spesifikasi yang telah ditentukan Google. Prioritas Google sendiri adalah menetapkan standar minimum perangkat yang mumpuni untuk pengalaman Android yang baik.

Kedua, sebagai smartphone yang langsung diprakarsai oleh Google, seluruh smartphone Android One dijamin akan mendapatkan prioritas update OS Android. Artinya, seluruh pengguna perangkat Android One bisa lebih dulu menikmati kecanggihan dari OS terbaru yang dikeluarkan Google. Bahkan, sebagai bukti, seluruh produk Android One yang hadir di Indonesia sudah menjalankan OS Android Lollipop 5.1 yang belum Anda temukan di perangkat smartphone atau tablet Android yang lebih mahal sekalipun.

Dan yang ketiga, Android One diharuskan dapat dijual dengan harga yang terjangkau. Seberapa terjangkau? Patokan dari Google adalah US$100 atau sekitar 1,25 juta rupiah. Tujuannya, agar seluruh lapisan konsumen dapat menikmati Android yang canggih tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Apa hubungan Android One dengan merek lokal?
android-one-1
Seperti proyek Google Nexus miliknya, dalam mengembangkan proyek smartphone Google akan selalu menggandeng para vendor smartphone. Google menggandeng vendor global pada proyek Google NEXUS, seperti misalnya Google NEXUS 6 dengan Motorola atau Google NEXUS 4 dan 5 dengan LG. Jadi tidak heran, banderol harga smartphone atau tablet Google NEXUS pun cukup premium.

Sedangkan untuk proyek Android One, Google lebih memilih menggandeng vendor smartphone lokal di negara yang telah ditentukan. Tentunya para vendor smartphone lokal itupun tidak sembarangan dipilih Google. Hanya vendor lokal yang lolos kualifikasi dari Google saja yang akan mendapatkan ijin untuk melakukan produksi smartphone Android One. Tujuan Google menggandeng para vendor lokal pun sangat jelas. Selain bisa berdampak meningkatkan pamor vendor smartphone lokal di negeri sendiri, tentunya produksi smartphone di dalam negeri bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan produk smartphone dari vendor global.

Sebagai informasi, India adalah negara pertama yang dipilih oleh Google untuk memulai debut proyek smartphone Android One. Di India, Google menggandeng 3 vendor smartphone lokal India diantaranya Spice, Karbonn dan Micromax. Sementara untuk di Indonesia, Google berkerjasama dengan Nexian, Evercoss dan Mito. Ketiga merk ini telah sangat populer di Indonesia dan memiliki rekam jejak yang cukup jelas. Adapun produk Android One telah diluncurkan oleh ketiga vendor tersebut. Untuk Nexian, namanya adalah Nexian Journey1, Evercoss dengan nama One X dan Mito dengan nama Impact (Type A10).

Android One mana yang harus saya pilih?
Android-one-2
Kami yakin ini akan menjadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh semua orang sebelum memilih smartphone Android One. Bagi kami, jawabannya amat mudah. Mengingat spesifikasi, kualitas, dan fitur yang ditawarkan semua smartphone Android One dari ketiga vendor smartphone lokal ini semuanya identik karena harus sesuai dengan standarisasi dari Google, maka Anda tinggal mempertimbangkan 3 hal berikut:

Pertama, pilihlah desain smartphone Android One yang cocok dengan selera Anda. Walaupun isinya identik, tapi desain fisik smartphone Android One dari Nexian, Evercoss dan Mito agak sedikit berbeda. Perhatikan juga ketersediaan aksesori seperti flipcover, dan sebagainya. Kedua, layanan purna jual. Pastikan dan carilah informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai performa service center dari vendor yang akan Anda pilih.

Dan terakhir adalah promosi dan harga. Dengan adanya ragam promo menarik yang ditawarkan oleh Nexian, Evercoss dan Mito di awal penjualan, maka pandai-pandailah memilih yang memberikan keuntungan lebih. Selamat membeli!

Back to top button