Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuNewsPilihan

100% Canggih Award: Inilah Kamera Digital Terbaik di Tahun 2014

tablet pic

Walaupun penjualannya menurun akibat mulai disaingi kamera smartphone, kamera digital tetap memiliki pesonanya sendiri. Ada dua fitur yang kini semakin ditonjolkan oleh sebuah kamera digital modern, yaitu koneksi nirkabel (Wi-Fi dan/atau NFC) serta lensa dengan jangkauan zoom panjang.
Tapi tidak semua segmen kamera digital menurun. Penjualan kamera digital kelas premium terus bertumbuh dan sepertinya akan menjadi tumpuan harapan bagi industri kamera di masa depan. Berikut kamera digital terbaik yang muncul di tahun 2014.

tablet pic2
Kamera saku superzoom terbaik di bawah 2 juta rupiah: Canon Powershot SX400 IS
Berbekal lensa dengan zoom optikal 30x (24-720mm) dan desain ala DSLR mungil, Canon Powershot SX400 IS memang tampil menggoda. Bahkan jika tidak puas dengan jangkauannya, Anda dapat memperpanjang zoom hingga 60x. Konsep desainnya sendiri juga membuatnya nyaman digenggam sehingga lebih stabil saat digunakan membidik subyek yang jaraknya jauh. Namun yang paling menarik, kamera ini dijual dengan harga yang amat terjangkau yaitu 1,8 juta rupiah.

Kamera Superzoom Terbaik: Nikon CoolPix P600
Kamera dengan jangkauan lensa yang panjang selalu mendapatkan sambutan yang positif dari konsumen fotografi. Jika dulu zoom optical 20-30x sudah dianggap cukup panjang, maka kini produsen kamera mulai membenamkan lensa dengan jangkauan zoom yang lebih panjang. Nikon P600, misalnya, telah dibekali lensa dengan zoom optical 60x (24-1440mm) yang telah dilengkapi teknologi VR (Vibration Reduction) dan tetap hadir dalam kemasan yang relatif ringkas. Bagi penggemar fotografi alam, Nikon telah menyediakan mode bird-watching dan mode Moon. Dengan kualitas foto terbaik di antara kamera superzoom lain, Nikon P600 sukses menjadi kamera superzoom terbaik tahun 2014.

tablet pic3

Kamera Prosumer terbaik: Panasonic Lumix LX100
Desain premium dan fitur canggih membuat Panasonic Lumix LX100 berhasil menyabet penghargaan di dua kategori bergengsi ini. LX100 merupakan kamera prosumer pertama dengan sensor Micro Four Thirds. Lensanya juga sangat menggiurkan yaitu Leica DC Vario-Summilux 24 f/1.7 – 75mm f/2.8. Dengan spesifikasinya ini, Lumix LX100 berhasil mengungguli kamera prosumer lain yang menggunakan lensa zoom. Tidak hanya di atas kertas, hasil fotonya juga menunjukkan supremasi Lumix LX100 di kategori kamera prosumer dengan lensa zoom. Selain itu, LX100 juga mampu merekam video Ultra HD atau 4K. Sesuatu yang masih jarang ditemukan di kamera prosumer lain yang lebih mahal sekalipun.

Kamera Tangguh terbaik: RICOH WG-4 GPS
Baik untuk snorkeling atau sekedar bermain di tepi pantai, Ricoh WG-4 GPS akan menjadi teman setia yang handal. Kamera tangguh yang memiliki desain futuristik ini mampu menyelam hingga kedalaman 15 meter selama 30 menit, tahan debu, dan tahan guncangan. Hasil foto makro di bawah air juga akan terbantu oleh cincin LED di sekeliling lensa yang berfungsi sebagai flash makro. Lokasi pengambilan foto juga akan ditandai oleh GPS yang datanya bisa dibaca di berbagai aplikasi dan jejaring sosial. Dengan hasil foto yang oke, baik di bawah dan di atas air, Ricoh WG-4 GPS berhasil menjadi kamera tangguh terbaik untuk tahun 2014.

tablet pic4

Kamera Mirrorless Pemula terbaik: Samsung NX Mini
Walaupun ukurannya cukup mungil dan dapat muat di saku celana saat dipasangi lensa 9mm, Samsung NX Mini mampu menghasilkan foto yang menawan. Tidak hanya bodinya yang mungil, lensanya juga memiliki dimensi lebih tipis dan lebih kecil dibandingkan lensa kamea mirrorless kebanyakan. Layar putarnya juga amat berguna saat melakukan selfie atau memotret dari sudut yang agak sulit. Ditambah dengan harganya yang terjangkau untuk sebuah kamera mirrorless, Samsung NX Mini layak dipilih menjadi kamera mirrorless pemula terbaik untuk tahun 2014.

Kamera Mirrorless Kelas Menengah terbaik: Sony Alpha a6000
Desain yang tambah ergonomis, performa ISO tinggi dan koneksi WiFi yang semakin baik, hasil foto yang menawan, jumlah titik fokus mencapai 179 titik, jendela bidik elektronik hingga yang paling mutakhir kecepatan autofocusnya yang super cepat menjadi daya tarik utama kamera ini.
Dengan banderol harga yang nyaris menyentuh angka 10 juta Rupiah, dikelas ini memang Sony a6000 seakan tiada lawan yang sebanding dengan sederetan fitur yang dimilikinya. Faktor inilah yang membuat kami tidak ragu memberikannya penghargaan sebagai kamera mirrorless kelas menengah terbaik di tahun 2014.

tablet pic10

Kamera Mirrorless Terbaik: Fujifilm XT1
Pada awal kemunculannya, kamera mirrorless dipandang sebelah mata apalagi jika dibandingkan dengan DSLR. Namun seiring berjalannya waktu, performa dan kualitas kamera mirrorless terus membaik dan menyaingi kamera DSLR profesional. Salah satu contoh terbaik adalah Fujifilm X-T1. Kamera yang relatif berukuran mungil ini tahan terhadap cipratan air dan memiliki viewfinder elektronik terbaik saat ini. Selain itu, Anda juga dapat mengatur berbagai fungsi dengan cepat, berkat disertakannya sederetan tombol fisik untuk berbagai fungsi. Hasil fotonya juga amat menawan, ditunjang dengan ketersediaan lensa yang terus bertambah. Dengan semua keunggulannya tersebut, Fujifilm X-T1 layak dinobatkan sebagai kamera mirrorless terbaik untuk tahun 2014.

tablet pic6
DSLR Pemula Terbaik: Canon EOS 1200D
Bagi para fotografer pemula yang dananya terbatas atau masih baru mengenal dunia fotografi, Canon 1200D merupakan pilihan yang ideal. Selain ukurannya yang relatif ringkas dan bobotnya yang relatif ringan, Canon 1200D juga mudah digunakan. Sebagian fiturnya juga memang dirancang khusus untuk membantu mereka yang masih dalam tahap belajar. Selain itu, harganya cukup terjangkau sehingga Anda akan memiliki sisa dana untuk membeli aksesori atau lensa tambahan.

DSLR Kelas Menengah Terbaik: Nikon D5300
Kamera DSLR kelas menengah dari Nikon ini telah mengemas sensor tanpa filter AA (anti-aliasing) dan OLPF (Optical Low Pass Filter) seperti yang dimiliki kakaknya, Nikon D7100. Dengan hasil foto yang identik dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kakaknya tersebut, Nikon D5300 merupakan pilihan yang menarik. Tanpa diragukan lagi, inilah kamera DSLR kelas menengah terbaik untuk tahun 2014.

tablet pic7
DSLR Full-Frame Terbaik: Nikon D750
Bagi yang serius ingin memiliki kamera DSLR full-frame, Nikon D750 hadir dengan harga relatif terjangkau dan performa yang mengagumkan. Selain memiliki kecepatan fokus yang nyaris instan dan akurat, kamera ini juga memiliki sensor 24 megapixel baru yang mampu menghasilkan foto menawan di segala kondisi cahaya. Prestasi lainnya, Nikon D750 juga merupakan kamera full-frame pertama dari Nikon yang telah dilengkapi Wi-Fi. Bagi videografer, Nikon D750 juga mampu merekam video pada resolusi Full HD 1080/60p dan 24p dengan kendali manual. Dengan kualitas hasil foto yang luar biasa serta deretan fiturnya yang canggih, Nikon D750 layak dinobatkan sebagai kamera DSLR Full-Frame terbaik di tahun 2014.

tablet pic8
Desain Kamera Terbaik: Leica T
Sebagai merek kamera legendaris yang dikenal eksklusif dan premium, tidak heran jika Leica amat mementingkan faktor estetika dari desain produknya. Bahkan untuk menghasilkan kamera dengan desain menawan, Leica tidak segan-segan menggandeng rumah desain Audi. Hasilnya, Leica T dengan bodi aluminium dengan konsep desain timeless yang tidak lekang oleh waktu. Tidak seperti kamera lainnya, Leica T dibentuk dari sebongkah aluminium. Ini membuatnya terlihat mewah dan eksklusif. Fakta menarik, staff Leica menghabiskan waktu hampir 1 jam untuk memoles Leica T saat merakitnya. Memadukan bahan premium dan desain menawan, Leica T kami nobatkan sebagai kamera dengan desain terbaik di tahun 2014.

tablet pic9
Kamera Paling Inovatif: Panasonic Lumix LX100
Sebelum Lumix LX100, masih jarang kamera prosumer dengan ukuran sensor lebih besar dari 1 inci yang memiliki lensa dengan diafragma sebesar lensa LX100. Salah satu yang terdekat adalah Leica X Vario yang memiliki sensor APS-C, tapi dipadukan dengan lensa yang lambat dan harga yang amat mahal, menyaingi kamera DSLR full-frame. Panasonic Lumix LX100 sukses memadukan sensor 4/3 dan lensa dengan diafragma besar yang memberikan keuntungan lebih saat memotret di kondisi minim cahaya. Ditambah dengan harganya yang masih masuk akal, Panasonic Lumix LX100 layak mendapatkan penghargaan sebagai kamera digital paling inovatif di tahun 2014.

tablet pic10
Kamera Terbaik 2014: Fujifilm XT-1
Seiring berjalannya waktu, performa dan kualitas kamera mirrorless terus membaik dan menyaingi kamera DSLR profesional. Bahkan untuk tahun 2014, kami memilih Fujifilm X-T1 sebagai kamera digital terbaik. Tidak hanya memiliki desain fisik menawan yang tahan cipratan air, X-T1 juga memiliki performa yang responsif dan mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi di segala kondisi cahaya yang menyamai kamera DSLR di kelas harganya. Viewfinder elektronik yang dimilikinya juga merupakan yang terbaik untuk kamera digital, jernih dan nyaris tanpa lag saat membidik subyek bergerak. Dengan segala keunggulannya, tidak diragukan lagi bahwa Fujifilm X-T1 merupakan kamera terbaik di tahun 2014.

Back to top button