Quantcast
Audio VideoEars In HeavenMobile GadgetNews

Hands-On: Menikmati Merdunya Dua Produk Hi-res Audio Terbaru Sony

Saat bertandang ke kantor PT Sony Indonesia beberapa waktu lalu, kami mendapatkan kesempatan eksklusif untuk dapat mencicipi kehebatan beberapa produk audio terbaruny. Dari seluruh produk yang diperkenalkan, saya memilih untuk mencoba Sony Walkman NWZ-A15 dan headphone Sony MDR-Z7 yang memang sangat menggoda.

sony-handson01

Sony NWZ-A15
Betapa tidak Sony NWZ-A15 merupakan pemutar MP3 terkecil dan teringan saat ini yang mampu menyuguhkan suara berkualitas tinggi berkat teknologi yang dimilikinya. Desainnya sendiri sangat keren dan terlihat premium dengan membawa sebuah layar LCD 2.2-inci beresolusi 320 x 240 pixel. Meski ukuran layarnya kecil, namun tampilan layarnya cukup terlihat tajam sehingga daftar lagu yang sedang diputar dapat ditampilkan dengan jelas.

NWZ-A15 telah dilengkapi dengan ruang penyimpanan berkapasitas 16GB. Kapasitas yang cukup kecil mengingat ukuran file audio resolusi tinggi biasanya mencapai puluhan MB per lagu. Untungnya Sony telah menanamkan slot kartu SD untuk menambah ruang penyimpanannya. Ini berarti koleksi lagu yang dapat diputarnya nyaris tidak terbatas.

Sony MDR-Z7
Sementara headphone MDR-Z7 sangat menarik perhatian saya karena dimensinya yang lebih besar dari headphone kebanyakan. Ini tidak heran mengingat di dalam headphone ini telah tertanam driver berdimensi 70mm. Di atas rata-rata headphone pada umumnya yang menggunakan driver berukuran 40mm hingga 50mm.

Sekilas desainnya masih terlihat mirip dengan Sony MDR-1R yang pernah kami review. Namun kali ini Sony MDR-Z7 datang dengan keseluruhan warna bodi hitam yang tampil lebih elegan. Saat digunakan pun headphone ini terasa sangat ringan dan nyaman digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Lalu bagaimana performa suaranya? Kolaborasi kedua produk ini memang sudah sanggup menyajikan kualitas suara yang jempolan. Sangat cocok untuk Anda pecinta musik audiophile bergenre jazz atau klasik. Seluruh separasi alat musik dan vokal bisa disajikan dengan sangat sempurna dan detil. Staging pun terasa cukup luas.

Untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih maksimal, Sony MDR-Z7 dengan tingkat impedansinya yang mencapai 70 Ohm memang akan lebih ideal didengarkan dengan tambahan DAC dan amplifier headphone. Pasalnya, tanpa bantuan DAC dan amplifier, reproduksi suara langsung dari sumber pemutar musik akan terdengar lebih pelan dan kurang bertenaga. Selain itu detail juga akan lebih maksimal jikan menggunakan DAC dan amplifier.

Saat ini kedua produk ini sudah tersedia di pasaran Indonesia. Untuk Sony NWZ-A15 dibanderol dengan harga Rp2.999.000 dan Sony MDR-Z7 dibanderol dengan harga Rp8.299.000.

Satu komentar

Back to top button