Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessTips

Inilah Cara Mudah Upgrade Firmware Kamera Fujifilm X-Series

Pembaharuan firmware sebuah produk teknolgoi merupakan hal yang umum diberikan vendor, baik untuk menambah fitur baru atau memperbaiki masalah yang dikeluhkan konsumen. Salah satu merek kamera yang rajin mengeluarkan firmware adalah Fujifilm. Walaupun bisa dilakukan dengan bantuan service center, namun sebenarnya melakukan upgrade firmware sendiri bukanlah hal yang sulit. Berikut cara mudah untuk memperbaharui firmware kamera Fujifilm X-Series.

fujifilm XE2

Yang perlu disiapkan:
1. Kamera dengan baterai dalam kondisi 100%
2. Kartu memori kosong yang harus diformat terlebih dahulu oleh kamera. Untuk melakukan format kartu memori bisa dengan cara masuk ke Menu, pilih opsi Setup lalu pilih Format.
3. Unduh file firmware terbaru ke PC atau laptop yang bisa didapatkan di laman berikut ini

Cara Upgrade:
1. Setelah firmware terbaru diunduh, masukkan file firmware tersebut dari PC atau laptop Anda ke kartu memori yang sudah diformat.
2. Pasang kartu memori ke kamera.
3. Nyalakan kamera dengan menekan tombol Disp/back secara bersamaan.
4. Setelah itu Anda akan disambut oleh tampilan Firmware upgrade yang akan menginfokan versi firmware bodi dan firmware lensa yang sedang digunakan saat ini.
upgrade firmware-1
5. Kemudian pilih Ok untuk melanjutkan
6. Setelah itu akan muncul tampilan firmware bodi atau lensa yang ingin diupgrade. Mengingat ini firmware terbaru untuk bodi kamera maka pilihlah opsi Bodi. (Jika firmware lensa yang ingin diupgrade silahkan pilih opsi lensa)
upgrade firmware-2
7. Tekan Ok untuk melanjutkan, Kemudian proses upgrade akan langsung otomatis berjalan.
upgrade firmware-3
upgrade firmware-4
8. Setelah selesai, kamera akan menampilkan info proses upgrade telah sukses dan Anda akan dipersilahkan untuk mematikan kamera.
upgrade firmware-5
9. Untuk memastikan apakah firmware benar telah terupgrade, Anda bisa melakukan pengecekan dengan menghidupkan kamera sambil menekan tombol Disp/back.

Satu komentar

Back to top button