Quantcast
Komputer

Teknologi APU Terkini AMD Siap Hadapi Tren PC di 2015

Inovasi APU yang dikembangkan oleh AMD berhasil menuai sukses dan mendapat sambutan baik oleh para pengguna PC di dunia. Bahkan teknologi APU AMD telah dipercaya untuk menjadi otak konsol terpopuler saat ini, yaitu Sony Playstation 4. Menyambut tren PC di 2015 yang sebentar lagi akan hadir, AMD pun telah siap meramaikan pasar PC dunia dengan memperkenalkan APU terbarunya yaitu Carrizo.

AMD-1

APU generasi kelima milik AMD ini nantinya akan sepenuhnya mendukung ekosistem HSA (Heterogeneous System Architecture). Dengan HSA akan memungkinkan CPU dan GPU untuk mengakses memori fisik dan virtual yang sama sehingga memungkinkan pengembangan program dan menjalankan program secara lebih cepat dan efisien terutama untuk program yang memanfaatkan akselerasi GPU. Aristektur Carrizo pun telah dirancang dengan menggabungkan CPU, GPU, North Bridge dan South Bridge ke dalam 1 chip. Di atas kertas, Carrizo akan memberikan peningkatan performa yang signifikan dengan konsumsi daya yang lebih irit.

Di pasar Indonesia sendiri kontribusi penjualan AMD APU A series (dari mulai A4, A6, A8, dan A10) telah menunjukkan angka penjualan yang terus meningkat. Berdasarkan data gfk pada oktober 2014, penjualan AMD A-series sudah mencapai 54% dari total penjualan notebook dengan prosesor AMD APU yang beredar di pasar Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa kalangan pengguna PC menengah ke-atas kini telah semakin yakin akan performa yang dijanjikan oleh produk AMD A-Series.

Back to top button