Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Smartfren Andromax C3

Teknologi canggih selalu mengucur ke bawah, atau dengan kata lain, produk yang dulu terbilang canggih dan mahal kini bisa dimiliki dengan harga murah. Tidak terkecuali dengan Smartfren Andromax C3 yang dijual di kisaran 500 ribu rupiah saja. Smartphone Android 4.4 KitKat ini diproduksi oleh Haier, yang juga memproduksi ponsel keluaran Smartfren lainnya, seperti Andromax G2. Andromax C3 merupakan penerus seri Andromax C, yang memang diperuntukkan untuk kelas bawah.

Desain dan Kualitas Layar
Dari segi desain, nyaris tidak ada yang istimewa dari Andromax C3. Khas ponsel kelas entry-level atau pemula, materialnya mengandalkan bahan plastik mengkilap yang mudah kotor dan menyerap jejak sidik jari dari tangan. Walaupun begitu, Andromax C3 termmasuk nyaman saat digenggam.

Kualitas layar pun seadanya, sebuah hal yang harus dimaklumi. Layarnya terasa kebiruan, sudut lihat pun tidak sempurna saat Anda melihatnya di sudut sempit. Namun dengan ukuran layar 4 inci, resolusi WVGA alias 800 x 480 piksel termasuk cukup tajam.

Fitur dan Antarmuka

Seperti ponsel keluaran Smartfren lainnya, antarmuka dari Andromax C3 memiliki antarmuka ala Android 4.4 KitKat yang minim kostumisasi. Tampilan layar pada Andromax C3 bisa dibuat menjadi landscape, tidak begitu penting mengingat layarnya kecil, tapi mungkin ada gunanya bagi sebagian orang.

Home

Untuk keamanan lock screen, Anda bisa menggunakan mode Face Unlock, Pattern, PIN dan password. Layar home maupun layar menu aplikasi mampu  memuat 4 x 5 ikon aplikasi. Bar notifikasi terdiri dari dua bagian ‘tirai’ yakni notifikasi dan halaman pengaturan cepat. Di halaman pengaturan cepat ada informasi pemilik, pengaturan tingkat kecerahan, suara, Wi-fi, Airplane Mode dan lain-lain, serta indikator baterai.

 notif

Performa

Smartfren membekali Andromax C3 dengan chip Qualcomm Snapdragon yang terdiri dari prosesor Cortex A7 dua inti dengan clock 1,2 GHz dan GPU Adreno 302. Untuk performa saat multitasking, sebagai ponsel entry level Andromax C3 hanya dibekali RAM sebesar 512MB, yang akan terasa saat melakukan tugas agak berat, seperti menjelajahi web misalnya. Namun untuk penggunaan standar, Andromax C3 bisa melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan harganya yang super miring.

Dari hasil benchmark Antutu, Andromax C3 mendapatkan angka 12869 poin, sementara dari Quadrant Standard angkanya 4992 poin. Benchmark pengolahan grafik NenaMark 2 memberi nilai tinggi pada C3, dengan angka 51,5 frame per detik. Adapun untuk multitouch, Andromax C3 bisa menerima hingga 5 sentuhan sekaligus.

benchmark

Mempertimbangkan fitur yang digunakan tidak terlalu rakus baterai, wajar saja Andromax C3 hanya diperkuat baterai berkapasitas 1400 mAh saja. Ponsel ini bisa bertahan 1 harian dengan kondisi pemakaian normal seperti chatting, browsing, menggunakan kamera dan main game sederhana secara berkala.

Kamera

Untuk harganya, kualitas hasil foto Andromax C3 termasuk standar. Dengan resolusi 3 megapiksel, kamera belakangnya tidak dilengkapi autofokus maupun LED flash. Fitur-fitur standar seperti pengaturan kontras, saturasi, deteksi wajah, resolusi foto, pemilihan tingkat ISO dan sebagainya memang dimiliki, tapi tidak berpengaruh banyak untuk mendongkrak hasil fotonya.

kamera

Imbas dari tidak ada autofokus atau mode fokus lainnya, untuk mengambil objek jarak dekat, hasilnya kurang tajam dan kabur. Ini berarti Anda harus bereksperimen agar dapat mengetahui jarak paling optimal untuk hasil foto paling tajam. Berikut hasil foto Andromax C3 yang tidak diolah sama sekali. Anda juga dapat melihat galeri lengkapnya di tautan ini.

Kesimpulan

Dibanderol Rp. 500 ribu, Andromax C3 mungkin tidak akan memuaskan bagi para pemula sekalipun, namun cocok untuk smartphone kedua atau cadangan. Produk keluaran kompetitor di kelas ini pun tidak lebih baik, malah biasanya layarnya lebih buruk dari C3.

 

Yang Canggih:

  • Layar resolusinya cukup tinggi
  • Dual SIM (CDMA EVDO dan GSM 2G)
  • Android 4.4.2 Kitkat

 

Yang Kurang:

  • Performa standar
  • Bodi mudah kotor

 

[table]Spesifikasi;Smartfren Andromax C3
Prosesor;dua inti 1,2GHz Qualcomm Snapdragon Cortex A7
GPU;Adreno 302
Layar;4 inci WVGA (800 x 480 pixel)
RAM;512MB
Memori;Internal 4GB, slot micro SD
Kamera;Belakang 3 megapiksel
Koneksi;CDMA EVDO Rev. A, GSM EDGE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;Li-ion 1400 mAh
Dimensi;123mm x 63.8mm x 10.7mm
[/table]
Back to top button