Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung GALAXY Note 4

Sensasi smartphone layar besar yang dimulai Samsung dengan seri Galaxy Note 4 terus berlanjut. Memasuki generasi keempat, Samsung Galaxy Note 4 hadir dengan beberapa peningkatan teknologi yang menarik.

Desain lebih mewah
Salah satu perubahan langsung terlihat pada fisiknya. Selain menggunakan rangka logam yang lebih kokoh, Note 4 juga memiliki tutup baterai di belakang yang menggunakan bahan kulit imitasi. Terbukti paduan dua elemen tersebut sukses menghadirkan ponsel berukuran bongsor dengan nilai ergonomi tinggi dan kemewahan lebih.

Dengan teknologi Super AMOLED terbaru, kualitas visual yang ditampilkan Note 4 amat baik. Rasio kontras yang amat tinggi berhasil menyajikan warna hitam yang benar-benar pekat. Bahkan di bawah pancaran sinar matahari terik, informasi di layar tetap terlihat jelas. Kualitas layarnya ini juga membuat foto dan video yang diputar terlihat amat baik dengan reproduksi warna yang matang tapi tidak terlalu mencolok.

Performa amat baik
Untuk Indonesia, Samsung menghadirkan Galaxy Note 4 dengan prosesor Exynos 5433 octa-core, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Dari sisi kinerja, tidak ada yang perlu dikeluhkan dari Note 4. Semua aplikasi yang kami pasang dan jalankan secara bersamaan dapat dihadapinya dengan mulus. Aktivitas umum seperti menavigasi menu dan beralih aplikasi berlangsung cepat dan amat responsif. Respons yang gegas juga dirasakan saat menggunakan berbagai fitur khasnya seperti Multi-Window atau mencoret-coret di layarnya. Semua tugas berhasil dituntaskan dengan sempurna.

Kami mengujinya dengan memainkan game yang cukup berat seperti Injustice, Asphalt 8, serta Real Racing 3. Semua game tersebut dapat dijalankan dengan cepat dan dengan waktu loading yang singkat pula. Memutar video Full HD juga dapat dituntaskan dengan mudah. Bahkan kami juga sempat mengujinya untuk memutar video 4K Ultra HD yang juga cukup mulus di Note 4. Pendek kata, performa Note 4 sejalan dengan kasta dan harganya.

samsung-galaxy-note-4-layar

Samsung masih setia menggunakan baterai removeable untuk Galaxy Note 4. Menilik kapasitasnya yang mencapai 3220mAh, di atas kertas baterainya akan cukup tahan lama. Namun dengan pola penggunaan memotret cukup sering, terus mengecek jejaring sosial, mengakses Web, serta chatting cukup sering, baterainya hanya mampu bertahan sekitar 10 jam saja. Untungnya Note 4 sudah dilengkapi fast charger yang dapat mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 1 jam saja.

Hasil foto istimewa
Namun fitur yang menurut kami menjadi fitur pamungkas Galaxy Note 4 adalah kemampuan kamera 16 megapixelnya. Mengandalkan fitur O.I.S dan Live HDR, hasil foto Note 4 amat memukau untuk ukuran sebuah kamera di ponsel. Fokus yang cepat dan kinerja HDR yang instan memberikan keasyikkan sendiri saat memotret. Di kondisi cahaya yang ideal, hasil fotonya menyaingi kamera saku kelas atas dengan ketajaman yang baik dan reproduksi warna yang matang.

Untuk kondisi minim cahaya, tingkat noise yang dihasilkannya juga cukup terkendali dengan noise reduction yang tidak terlalu “menghabisi” detail pada foto. Bahkan hasil foto dengan digital zoom 6x juga tergolong baik.

Low light Digital Zoom 6x

Sedangkan untuk menghasilkan foto selfie yang lebih baik, Note 4 kini memiliki kamera depan 3,7 megapixel dengan fitur Wide Selfie. Cukup gerakkan ponsel ke kiri dan ke kanan, maka kamera depan akan dapat memuat lebih banyak subyek. Solusi yang pintar bagi Anda yang gemar melakukan Group Selfie. Hasil foto dari kamera depannya ini juga cukup baik dan meningkat jauh jika dibandingkan dengan Note 3. Secara keseluruhan, kamera utama Galaxy Note 4 merupakan salah satu yang terbaik untuk kelas smartphone.

Wide selfie

Berikut hasil foto Galaxy Note 4 tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap, silakan kunjungi akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Pena membuat unik
S-Pen yang menjadi andalan seri Note juga tidak dilupakan dengan desain pena yang lebih nyaman digunakan dan lebih sensitif. Hasilnya, mencorat-coret terasa lebih nyaman dan akurat dibandingkan pena Note 3. Bahkan kini S-Pen bisa digunakan untuk menulis kaligrafi, berkat sensitivitasnya yang tinggi. Saat dicoba menulis kaligrafi dengan aplikasi S-Note, hasilnya cukup baik. Bagi yang ingin corat-coret lebih serius, Samsung telah menyediakan aplikasi Autodesk Sketchbook Pro secara gratis di Samsung Apps.

samsung-galaxy-note-4-s-pen

Peningkatan lain terasa di sisi software. Salah satu contohnya adalah fitur Smart Select. Anda tinggal menggambar kotak di bagian yang ingin disimpan dan Note 4 akan mengumpulkan potongan tersebut. Semua potongan tersebut akan dapat dibagikan atau dikirim melalui email dengan mudah. Bahkan jika Anda mengambil potongan berupa teks pada gambar, Note 4 akan otomatis memasukkan teks tersebut pada body email. Fitur Smart Select sendiri pernah kami bahas terpisah di artikel ini.

Selain itu ada beberapa fitur lain yang diboyong dari Galaxy S5 seperti pendeteksi detak jantung dan Ultra Power Saving. Sensor pendeteksi detak jantung diletakkan di bagian belakang, tepat di bawah lensa kamera. Selain mendeteksi detak jantung, sensor ini juga dapat digunakan sebagai shutter saat mengambil selfie. Walaupun peningkatannya cukup banyak, namun sebagian besar hanya akan terasa jika Anda sering menggunakan S-Pen.

Kesimpulan
Desain mewah, kualitas layar kelas atas, spesifikasi tangguh, hasil kamera amat baik, serta fitur-fitur yang inovatif dan jarang ditemukan di ponsel lain menghantarkan Samsung Galaxy Note 4 sebagai salah satu smartphone terbaik di dunia saat ini. Dengan segala kelebihannya, Samsung cukup percaya diri memasarkan Galaxy Note 4 di harga Rp9.499.000. Harga yang premium tapi sepertinya cukup sepadan jika dilihat dari sisi desain, performa, dan fiturnya yang jarang dimiliki ponsel di kelasnya.

Bagi yang mencari smartphone Android yang cantik dan handal luar-dalam dan memiliki dana yang cukup, Anda tidak akan salah pilih dengan Samsung Galaxy Note 4.

Yang Canggih:
+ Desain mewah dan berkelas
+ Performa kencang
+ Layar amat tajam dengan reproduksi warna yang amat baik
+ S-Pen lebih nyaman dan lebih canggih
+ Hasil foto dan video amat baik
+ Pengisian baterai cepat
+ Bonus melimpah dalam bentuk voucher dan aplikasi gratis

Yang Kurang:
– Tetap kurang nyaman digunakan dengan satu tangan
– Daya tahan baterai masih kurang

2 komentar

  1. itu fitur wide selfie di kamera depannya bisa bikin efek kayak gopro gitu ya? hasil fotonya melengkung…

Back to top button