Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

BlackBerry Classic: Kembali Andalkan TrackPad dan Keyboard Fisik

Fenomena ponsel pintar dengan keyboard QWERTY fisik mencapai puncak kejayaannya beberapa tahun silam dengan dimotori BlackBerry di lini terdepan. Setelah ponsel Android dan iPhone semakin populer dan merajai pasar smartphone, kedigdayaan BlackBerry dengan keyboard fisik QWERTY seakan rontok tidak berdaya.

Mengembalikan sisa kejayaannya, BlackBerry memperkenalkan Classic. Inilah ponsel BlackBerry OS 10 pertama yang menggabungkan keyboard fisik QWERTY dengan trackpad dan layar sentuh.

blackberry Classic_black_bg

Dari sisi desain, BlackBerry Classic mirip seperti BlackBerry Dakota 9900 yang amat populer di Indonesia. Bagi pengguna BlackBerry Dakota, peningkatan yang akan didapat jika beralih ke Classic antara lain adalah: ruang layar 60 persen lebih besar, baterai 50 persen lebih tahan lama, browser 3x lebih cepat serta kemampuan menjalankan aplikasi Android melalui Amazon Appstore.

Tidak seperti Passport, Classic menggunakan keyboard QWERTY empat baris yang “normal”. Di atas keyboard tersebut, terdapat deretan tombol singkat untuk menu, back, call, dan hang-up. Selain itu juga terdapat trackpad yang juga berfungsi untuk memilih menu. Ini merupakan nostalgia yang menyenangkan mengingat saat ini nyaris tidak ada smartphone yang memiliki tombol fisik untuk menelpon.

blackberry Classic sides

Menemani keyboard dan trackpad, terdapat layar 3,5 inci beresolusi HD 720p dengan lapisan Gorilla Glass 3 yang menjaganya agar tidak mudah tergores. Untuk jeroannya, Classic mengandalkan prosesor dual-core 1,5GHz, RAM 2GB, serta memori internal 16GB. Sedangkan kamera utama memiliki resolusi 8 megapixel dan kamera depan 2 megapixel. Ini menempatkan BlackBerry Classic di bawah Z30 dan Passport.

Selain itu tentunya juga ada fitur-fitur khas BlackBerry seperti BlackBerry Blend, BlackBerry Assistant, dan BlackBerry Hub. BlackBerry Blend sendiri merupakan fitur yang amat menarik karena memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk dapat mengakses aplikasi BlackBerry tertentu seperti email dan BBM di komputer. Sedangkan BlackBerry Assistant merupakan asisten digital pertama dari BlackBerry yang dapat mengatur email, kontak, kalender, dan berbagai aplikasi BlackBerry 10 dengan memanfaatkan perintah suara dan teks.

BlackBerry Classic akan segera tersedia di pasaran dengan harga resmi US$449. Kami prediksi harganya akan ada di kisaran 6 juta rupiah saat tiba di Indonesia.

[table]Spesifikasi;BlackBerry Classic
Layar;3,5 inci 720 x 720 pixel (294 ppi)
Chipset;Qualcomm MSM8960 Snapdragon
Prosesor;Dual-core 1,5GHz Krait
GPU;Adreno 225
RAM;2GB
Memori;Internal 16GB + slot microSD (hingga 128GB)
Kamera;Utama 8 mmegapixel, Depan 2 megapixel
Koneksi;Wi-Fi, Bluetooth 4.0, GPS, NFC
Dimensi;131 x 72.4 x 10.2 mm
Bobot;177 gram
[/table]
Back to top button