Quantcast
Operator

Telkomsel Luncurkan 4G LTE di Jawa dan Bali

Setelah melakukan serangkaian uji coba sejak 2010, akhirnya Telkomsel mendapatkan ijin dari pemerintah untuk memberikan secara komersial layanan mobil 4G LTE.

“Kami adalah yang pertama menghadirkan layanan mobile 4G LTE di Indonesia. Kami sangat berharap, layanan ini dapat memberikan pengalaman digital life style yang terbaik,” ujar Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkomsel menjelaskan.

4G

Layanan Telkomsel 4G LTE ini menggunakan frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz. Kecepatan akses data yang dapat diberikan adalah 36 Mbps. Dengan menggunakan frekuensi 900MHz ini maka daya pancar yang diberikan lebih besar, sehingga penetrasi sinyal Telkomsel 4G LTE akan dapat menjangkau sampai ke dalam gedung atau rumah untuk area perkotaan dan menjangkau area yang jauh untuk di luar perkotaan.

Tahap pertama: Jawa dan Bali
Pada tahap awal ada 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali. BTS tersebut ditempatkan pada lokasi yang diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE didukung oleh jaringan yang beroperasi di luar ruangan dan telah meliputi beberapa daerah di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur, seperti Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M. Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor atau dalam ruangan tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka dan lainnya.

Untuk di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80% wilayah kabupaten Badung meliputi kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK hingga sebagian kawasan Uluwatu. Untuk jaringan indoor terdapat di kawasan bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di indoor. Telkomsel 4G LTE juga seamless dengan Telkomsel 3G sehingga apabila pelanggan keluar dari coverage 4G LTE, maka layanan tidak akan terputus dan secara otomatis akan dilayani dengan coverage Telkomsel 3G. Adapun untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai lokasi-lokasi yang telah dilayani oleh jaringan 4G LTE, Telkomsel membuat peta interaktif yang dapat dilihat di microsite www.telkomsel.com/4G-LTE.

Pada tahap selanjutnya, Telkomsel akan mengembangkan ke berbagai lokasi khususnya di kota-kota besar lainnya. Rencananya, pada 2019 mendatang sudah mencakup 22 propinsi di seluruh Indonesia.

Menyiapkan Ekosistem Digital
Telkomsel tidak hanya memberikan layanan 4G LTE saja tetapi juga membangun ekosistem digital yang sering disebut dengan Device Network Application atau DNA. Hal ini menjadi penting karena layanan 4G LTE tidak akan tumbuh maksimal jika tidak didukung oleh ekosistem ini. Hal ini juga yang terus didorong oleh Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika.

Untuk itu, Telkomsel juga menggandeng vendor ponsel Samsung sebagai mitra strategis 4G LTE, juga LG Mobile, Microsoft dan HTC serta berbagai vendor lokal lainnya. Telkomsel juga akan menghadirkan serangkaian program promo untuk pelanggan yang berlangsung di GraPARI dan secara khusus di event Telkomsel 4G LTE Sales Exhibition pada tanggal 19-21 Desember 2014 di ‘The Space’ Senayan City.

Telkomsel juga bekerjasama dengan mitra penyedia ponsel menawarkan program bundling 4G LTE dengan penawaran cashback hingga 2 (dua) juta rupiah dan bonus hadiah senilai lebih dari 2 (dua) juta rupiah (syarat dan ketentuan berlaku, hingga 31 Januari selama persediaan masih ada) ditambah GRATIS kartu perdana USIM simPATI yang bisa didapatkan pelanggan di GraPARI Telkomsel di Jakarta, dan selanjutnya di Bali (mulai 15 Desember 2014).

Agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan memakai simcard 4G LTE yang disebut USIM (USIM merupakan simcard khusus dengan teknologi terkini untuk mendukung pengalaman akses berkecepatan tinggi).

Anda cukup datang ke GraPARI dengan membawa smartphone yang sudah mendukung layanan 4G kemudian menukarkan simcard yang dimiliki. Sedangkan untuk pelanggan baru yang telah memiliki ponsel 4G LTE bisa mendapatkan USIM di seluruh GraPARI Telkomsel di Jakarta & Bali.

Kelebihan dari layanan Telkomsel 4G LTE ialah bahwa pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE. Untuk menikmati layanan content 4G LTE, pelanggan cukup mengakses aplikasi MyTelkomsel.

Bagi pelanggan Telkomsel 4G LTE disediakan konten Disney movie sebagai bagian dari layanan Telkomsel 4G LTE (Telkomsel menjalin kerjasama dengan Disney sehingga konten Disney hanya bisa dinikmati di jaringan 4G LTE Telkomsel) yang bisa dinikmati dari aplikasi Moovigo (Aplikasi Telkomsel Moovigo dapat diunduh dari Google play store atau dengan menghubungi *500*90#). Selain itu kelebihan lainnya dari layanan Telkomsel 4G LTE diantaranya pelanggan tidak perlu khawatir terhadap ‘Bill Shock’ karena 4G telah menghadirkan landing page sebagai kontrol untuk penggunaan data service.

Dalam membangun ekosistem, Telkomsel juga menjalin kerjasama bilateral untuk 4G LTE roaming dengan Bridge Alliance partners, yaitu SingTel (Singapura), Optus (Australia) dan Maxis (Malaysia). Dengan kerjasama ini, para pelanggan Telkomsel yang bepergian ke tiga negara tersebut, akan dapat menikmati layanan roaming 4G LTE, demikian juga sebaliknya.

“Pelanggan kami banyak yang melakukan perjalanan ke Singapura, Malaysia dan Australia baik untuk bisnis maupun liburan, khususnya di saat akhir tahun. Demikian juga sebaliknya. Kami ingin memastikan para pelanggan untuk mendapatkan pengalamanan mobile internet terbaik dengan akses tercepat ketika berada di luar negeri. Ke depannya, para pelanggan 4G LTE Telkomsel akan dapat menikmati layanan roaming yang lebih baik dan lebih luas, seiring dengan upaya kami untuk memperluas layanan ini ke berbagai negara lain seperti Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi dan lainnya”, tutup Alex.

Untuk kebutuhan informasi masyarakat akan layanan 4G LTE, Telkomsel telah memastikan kesiapan dari seluruh customer service yang berada di call centre, GraPARI Jakarta dan Bali serta akun twitter @Telkomsel dan akun facebook Telkomsel. Sedangkan untuk kemudahan dalam mengakses informasi secara lengkap mengenai Telkomsel 4G LTE, pelanggan dapat mengakses microsite www.telkomsel.com/4G-LTE atau hubungi 133 untuk Kartu Halo dan 188 untuk SimPATI, Kartu As dan LOOP.

Back to top button