Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerReview

Review Samsung Xpress C1810W

Meski kurang populer, Samsung sebenarnya memiliki lini printer yang cukup menarik. Salah satunya adalah Samsung Printer Xpress C1810W yang masuk dalam kategori printer laser.

samsung-c1810w-1

Konsep Desain
Layaknya printer laser pada umumnya, dimensi Samsung Printer Xpress C1810W memang cukup besar dan menyita tempat. Di bagian dalam, Anda dapat menemukan 4 buah toner dengan satu baki untuk menaruh kertas. Keempat tonernya ini dapat diakses dengan sangat mudah dan kami tidak menemukan masalah untuk melepas pasang setiap tonernya. Bahkan tanpa perlu melihat buku panduan, pengguna awam sekali pun akan bisa mengganti tonernya sendiri selama berhati-hati. Di bagian belakang, terdapat port USB dan port listrik dan tombol power yang posisinya sangat mudah dijangkau. Sementara di bagian atasnya terdapat sebuah layar dan tombol navigasi serta area sensor NFC.

Satu keunggulannya yang lain, printer ini telah dilengkapi dengan koneksi WiFi. Jadi Anda bisa mencetak lewat perangkat smartphone atau tablet dengan aplikasi pendukung miliknya. Dengan memanfaatkan tombol navigasi dan layar miliknya pengaturan WiFi bisa dilakukan dengan mudah.

Setelah WiFi aktif, Anda juga bisa memanfaatkan koneksi NFC untuk menghubungkan smartphone atau tablet yang telah memiliki fitur NFC yang sama. Saat mencobanya, antar perangkat Nexus 4 dengan printer ini dapat terhubung dengan sangat cepat dan tentunya lebih mudah. Aplikasi pendampingnya juga hadir dengan antar muka yang sederhana dan mudah dimengerti. Di aplikasinya ini sudah terdapat info kapasitas tinta hingga pengaturan dokumen yang ingin dicetak.

samsung-c1810w-2

Performa
Untuk performa cetaknya, Samsung Printer Xpress C1810W mampu menghasilkan kualitas cetakan yang sangat baik dengan durasi yang relatif cepat. Dari posisi stand by untuk cetak dokumen hitam putih 1 halaman berukuran A4 kualitas best hanya memakan waktu sekitar 18 detik sejak tombol start print ditekan. Sementara untuk cetak foto berwarna seukuran A4 dengan kualitas cetak best dibutuhkan waktu sekitar 28 detik. Selain memiliki hasil cetakan yang bagus dengan warna yang relatif akurat, satu nilai positif dari printer ini adalah tinta yang digunakannya juga ternyata tahan terhadap cipratan air.

Kesimpulan
Dengan banderol harga sekitar Rp2.399.000 Samsung Printer Xpress C1810W merupakan printer yang sangat ideal untuk kebutuhan kantoran Anda. Selain amat mudah digunakan dengan dukungan WiFi dan NFC, printer ini juga dapat menghasilkan kualitas cetakan yang prima dengan waktu cetak yang relatif singkat.

Yang Canggih:
(+) Durasi cetak relatif cepat
(+) Sangat mudah digunakan
(+) Hasil cetakan cukup akurat
(+) Tinta tahan cipratan air
(+) Wifi dan NFC

Yang Kurang:
(-) Waktu start-up relatif lama

Back to top button