Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo Vibe Z2 Pro

Selain spesifikasi kelas atas, fitur kamera saat ini telah menjadi “jualan” yang paling menggiurkan untuk menggoda para pengguna smartphone di mana pun. Melihat tren ini, Lenovo cukup percaya diri saat merilis smartphone tercanggihnya, Vibe Z2 Pro, yang akan dijual lebih eksklusif dengan jumlah terbatas.

review Lenovo Vibe Z2 Pro-3

Konsep Desain
Sebagai ponsel papan atas, Vibe Z2 Pro tampil menawan dengan bodi aluminium yang hanya setebal 7,7mm. Penggunaan bahan alumunium dengan pola metallic brushed weave di bagian belakang bodi berhasil menghadirkan aura eksklusif dan premium untuk desainnya. Sayangnya, saat digenggam bodinya terasa agak licin di tangan. Penggunaan bahan logam ini juga membuatnya lebih hangat dibandingkan ponsel dengan bahan plastik.

Dengan desain unibodi, berarti baterainya tidak bisa dilepas-pasang sendiri. Imbas lainnya, dua slot kartu SIM diletakkan di samping kanan bodi bersama dengan tombol power. Vibe Z2 Pro juga tidak menyediakan slot kartu memori tambahan sehingga Anda harus puas dengan memori internalnya yang berkapasitas 32GB.

review Lenovo-Vibe-Z2-Pro-2

Di sektor layar, Lenovo Vibe Z2 Pro mengandalkan layar IPS 6-inci dengan resolusi QHD 2560×1440 pixel yang menyajikan kerapatan pixel hingga 490 ppi. Maka tidak heran jika layarnya terlihat sangat tajam dengan reproduksi warna yang amat baik. Saat mencobanya di luar ruangan di bawah sinar matahari yang terik, layarnya masih terlihat cukup jelas. Salah satu rahasianya terletak pada tingkat kecerahan layarnya yang mencapai 500 nits.

Antarmuka dan Performa
Melengkapi OS Android 4.4 KitKat yang dijalankannya, antarmuka Vibe UI yang sederhana kembali menjadi andalan. Dengan spesifikasi yang paling bertenaga diantara smartphone Lenovo lainnya, Vibe Z2 Pro juga menjadi satu-satunya seri Lenovo Vibe yang berhasil menjalankan antarmuka Vibe UI dengan sangat mulus dan nyaris tanpa jeda. Masih sejalan dengan keluarga smartphone Lenovo, Vibe Z2 Pro juga dilengkapi Lenovo Doit Apps yang mencakup aplikasi pengaman dan proteksi dari virus, aplikasi berbagi, hingga aplikasi untuk backup kontak dan SMS.

Paduan spesifikasinya yang tergolong dahsyat ini membuat Vibe Z2 Pro mampu melewati semua test benchmark populer seperti Antutu, 3DMark, Quadrant Standard hingga Vellamo, dengan skor sangat tinggi. Saat digunakan sehari-hari, performanya juga amat kencang. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan, menonton video Full HD hingga bermain game yang memerlukan kinerja grafis berat seperti Injustice bisa dimainkan dengan sangat mulus tanpa masalah. Bagi penggemar audio, kualitas speaker internalnya juga sangat baik dengan reproduksi suara yang lantang dan jernih saat digunakan memutar video dan musik favorit. Sayangnya, performa yang amat baik itu harus dikompromi dengan bodi yang cepat panas saat digunakan intensif. Dalam waktu yang cukup singkat, terutama saat bermain game atau browsing, bodinya terasa cepat sekali panas sehingga membuatnya kurang nyaman untuk digenggam. Berikut hasil benchmark dari Lenovo Vibe Z2 Pro:

Baterai Vibe Z2 Pro yang memiliki kapasitas ekstra besar yaitu 4000 mAh juga merupakan hal yang akan disukai penggunanya. Saat dicoba, baterainya berhasil bertahan lebih dari 24 jam saat digunakan untuk browsing, sesekali bermain game, push email, chat, dengan satu kartu SIM yang berjalan di 3G. Kemampuan fotografi juga menjadi andalan dengan kamera utama beresolusi 16 megapixel yang telah dilengkapi fitur O.I.S.

Lenovo-Vibe-Z2-Pro-5

Mengingat fitur yang diandalkan adalah kamera, maka cukup wajar jika Lenovo memberikan porsi lebih di fitur kamera yang menggunakan sensor buatan Sony. Menu pengaturan kameranya juga cukup lengkap dengan hadirnya mode Pro yang menyediakan opsi pengaturan manual, beragam efek foto, hingga modus video yang sanggup merekam video hingga resolusi 4K. Saat dicoba, Vibe Z2 Pro ternyata mampu menghasilkan foto yang tajam dengan kontras dan warna yang menawan, termasuk di kondisi minim cahaya. Performanya juga baik, dengan shutter lag yang minim dan kinerja autofocus yang cepat. Satu kelemahan, hasil foto dengan flash cenderung kurang konsisten dengan pencahayaan flash yang tidak pas. Hasil foto Lenovo Vibe Z2 Pro tanpa melalui proses editing dapat dilihat berikut ini:

Kesimpulan
Debut perdana smartphone premium 4G Lenovo ini memang amat memesona dengan desain dan seluruh kecanggihan yang ditawarkannya. Terutama di sektor kamera yang sangat mengagumkan dengan tersedianya mode Pro untuk memotret dengan pengaturan manual layaknya kamera DSLR. Meski masalah panas menjadi problem utamanya, tapi untunglah smartphone ini mampu menyajikan performa yang amat gegas untuk beragam kebutuhan dari bermain game hingga multimedia di format Full HD. Dengan harga jual resmi di kisaran Rp7.499.000, Vibe Z2 Pro layak dipertimbangkan bagi yang mengidamkan smartphone dengan kamera canggih, performa tinggi, serta daya tahan baterai ekstra lama.

Yang Canggih:
(+) Desain mewah
(+) Baterai tahan lama
(+) Performa kencang
(+) Hasil foto sangat baik
(+) Layar tajam dengan reproduksi warna yang baik
(+) Edisi terbatas sehingga tidak pasaran

Yang Kurang:
(-) Cepat panas
(-) Hasil foto dengan flash tidak konsisten
(-) Tidak dilengkapi slot kartu memori SD
(-) Harga premium

Back to top button