Quantcast
Audio VideoMobile GadgetReview

Review Xiaomi Piston 2

Earphone dengan harga murah biasanya hadir dengan desain yang standar (antara hitam dan putih) dan kualitas suara pas-pasan. Namun sepertinya Xiaomi ingin memberi lebih dengan Piston 2.

packaging xiaomi piston 2

Desain dan Fitur
Menggabungkan dua warna yaitu hitam dan emas, desainnya terlihat mewah dan jauh dari harga aslinya. Bahan yang digunakan juga istimewa yaitu campuran logam Berilium yang lebih kuat sekaligus lebih kokoh. Dengan bahan tersebut, jangkauan reproduksi suaranya akan lebih luas sehingga dapat menghasilkan suara lebih detail saat digunakan mendengarkan musik.

xiaomi piston 2

Dari sisi kepraktisan, Piston 2 telah dilengkapi tiga tombol pengendali dan mikrofon pada kabelnya. Karena kompatibel dengan hampir semua ponsel Androdi, tombol pengatur ini akan berguna walaupun ponsel Anda tidak menyandang merk Xiaomi.

Sedangkan ponsel bermerk Xiaomi, seperti Redmi Note yang kami gunakan untuk mencobanya, akan dapat lebih mengoptimalkan performanya. Anda dapat memiliki profil Piston 2 di setting Suara saat mendengarkan musik atau menonton video di ponsel Xiaomi tersebut.

Kualitas suara
Untuk kelas harganya yang sedikit di bawah 200 ribu rupiah, performa Piston 2 amat baik. Musik yang diperdengarkan memiliki detail yang cukup baik. Staging termasuk sempit, tapi masih dalam batas wajar mengingat ini adalah earphone. Detail vokal juga cukup jernih dan menyenangkan, tanpa terlalu menusuk telinga. Dentuman bass yang dihasilkannya juga tidak berlebihan, walaupun agak kurang mantap.

Kesimpulan
Xiaomi Piston 2 cukup ideal untuk musik pop, jazz, serta country yang didominasi vokal. Saat mencoba musik klasik yang dipenuhi instrumen, hasilnya cukup baik walaupun ada beberapa instrumen yang terdengar kurang meyakinkan. Saat dipasangkan dengan Redmi Note, kualitas suara Piston 2 sedikit meningkat. Penyetelan dalam tingkat software ini cukup efektif mendongkrak kualitas suara Piston 2.

Bagi Anda yang mencari earphone keren dengan harga yang amat terjangkau, Xiaomi Piston 2 amat layak untuk dicoba.

Yang canggih:
+ Desain menarik dan tidak pasaran
+ Kualitas suara termasuk baik untuk harganya
+ Harga terjangkau
+ Dilengkapi mikrofon dan pengatur volume

Yang kurang:
– Musik dengan instrumen masih belum optimal dan terdengar tipis
– Staging cukup sempit

Back to top button