Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Acer Aspire E14

Pasar notebook kelas pemula masih menyimpan pesonanya. Ini terbukti dari vendor-vendor notebook kawakan yang penuh semangat memasarkan produknya di segmen tersebut. Dengan Aspire E14, Acer kembali mencoba meraih pangsa pasar kelas pemula dengan menghadirkan beberapa kejutan menarik.

Konsep & Desain
Acer selalu terkenal dalam menyediakan solusi notebook tepat guna, namun dengan desain yang monoton. Mendengar kata Aspire, pengguna notebook kawakan pasti akan mengingat desain konsentris dengan kombinasi warna hitam dan abu-abu atau hitam dengan abu-abu keperakan. Desain-desain Aspire terdahulu yang menggunakan skema dua warna (duotone) tersebut memang cocok untuk para pekerja profesional yang tidak ingin tampil flamboyan. Namun waktu berubah dan selera pengguna notebook juga ikut berubah, seraya identitas diri individu semakin ingin ditonjolkan.

Menjawab perubahan selera tersebut, Acer memperkenalkan seri Aspire dengan warna dan motif yang menarik. Aspire E14 yang kami uji hadir dengan warna coklat tua dengan motif poligonal empat sisi menyerupai huruf Y. Motif ini menyelimuti permukaan belakang layar serta bagian keyboard, dengan plastik hitam menghiasi bagian bezel layar serta bagian bawah notebook. Meskipun termasuk kategori kelas pemula, rangka bangun notebook ini cukup kokoh. Engsel layar dengan tahanan yang baik dan struktur layar yang tidak mudah lentur memberikan rasa kepercayaan diri saat menggunakannya sehari-hari.

Acer_E5-421-234G

Secara fisik, Acer Aspire E14 tidak memiliki banyak keistimewaan. Dimensi dan bobotnya termasuk rata-rata untuk sebuah notebook dengan layar 14 inci. Namun setelah melihat harganya, kami rasa tidak akan ada yang mengeluhkan desain dan ukurannya. Dengan ketebalan bodi yang standar, Aspire E14 juga mengemas port konektifitas berukuran normal, seperti 1x VGA, 1x LAN (RJ45), 1x HDMI, 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, SD card reader dan 1x combo audio input/output serta drive DVD yang menghiasi sisi-sisi Aspire E14.

Acer menggunakan desain satu potongan plastik untuk bagian bawah Aspire E14. Hal ini menyebabkan sedikit kesulitan untuk melakukan upgrade memori maupun hard disk. Namun hal tersebut justru meningkatkan kekokohan bagian fisik utama notebook.

Untuk keyboard, Acer sudah cukup lama menggunakan tombol berdesain chiclet. Pada Aspire E14, jarak antar tombol yang cukup lega serta resistensi yang empuk membuat mengetik cukup nyaman. Desain tombolnya yang datar ternyata tidak terlalu berpengaruh pada kenyamanan mengetik. Dari sisi touchpad, Acer menyediakan touchpad dengan ukuran besar yang memiliki tombol tekan terintegrasi. Meskipun nyaman digunakan, tingkat presisinya cenderung kurang saat digunakan memilih gambar dengan ukuran kecil.

Performa memadai

Acer Aspire E14 hadir dengan prosesor Intel Celeron N2830 dual core berkecepatan 2.16 GHz dengan kecepatan turbo 2.41 GHz, Intel HD Graphics, memori RAM 2 GB serta hard disk 500 GB. Secara spesifikasi, tidak ada yang istimewa dari Acer Aspire E14 mengingat harga yang ditawarkannya.

cpuz

Pada pengujian 3Dmark, Aspire E14 dapat menjalankan tes Ice Storm dengan jumlah frame per detik pada kisaran tertinggi 100 fps dan terendah 14 fps. Pengujian Cloud Gate dan Sky Diver memberikan hasil yang kurang dari optimal, dengan kisaran frame per detik maksimum hanya 5-10 fps saja. Hal ini menandakan bahwa Aspire E14 hanya cocok untuk memainkan game 3D sederhana. Di lain pihak, notebook ini dapat memainkan game-game flash ringan dengan baik.

Sudut pandang layar Aspire E14 cukup baik. Dalam kondisi optimal dengan posisi duduk, ketajaman layar cukup dipertahankan ketika menggeser sudut pandang. Menonton film HD menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan pada notebook ini. Suaranya memang tidak menghasilkan bass yang dalam, namun kualitas suara keseluruhan cukup untuk sebagai alat multimedia.

Pada pengujian baterai Battery Eater, notebook ini dapat bertahan hingga 6 jam 5 menit. Pada penggunaan sehari-hari, untuk aplikasi produktivitas seperti Word dan web browsing sembari Wi-Fi menyala di latar belakang, Aspire E14 mampu bertahan hingga sekitar 5 jam.

Kesimpulan

Acer Aspire E14 tidak akan mengguncang dunia notebook meskipun hadir dengan desain yang menarik. Spesifikasi kelas pemula yang diusungnya membuat notebook ini memiliki kinerja kelas pemula juga. Cukup untuk produktivitas dan menonton film, namun tidak cocok untuk melakukan gaming maupun foto/video editing.

Namun dengan harganya yang bertengger di kisaran 3,8 juta rupiah, notebook ini patut dilirik sebagai solusi ideal untuk notebook pertama atau diandalkan Anda yang membutuhkan laptop untuk menunjang produktivitas umum, seperti mengolah dokumen, mengakses Internet, serta tugas-tugas ringan lainnya. Bagi pengguna pemula atau Anda yang membutuhkan laptop berukuran sedang dengan harga terjangkau dan daya tahan baterai cukup lama, Acer Aspire E14 layak dilirik.

Yang canggih:
+ Desain menarik untuk notebook di kelasnya
+ Daya tahan baterai baik
+ Port konektivitas cukup lengkap
+ Harga menarik

Yang Kurang:
– Dimensi dan bobot standar
– Performa hanya memadai untuk tugas-tugas ringan

Back to top button