Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Serasa Bermain Piano Sungguhan di Virtuoso Piano Free 3

Balita yang terbiasa mendengarkan musik akan lebih peka, ekspresif, mudah belajar bahasa dan bicara serta mampu mengontrol emosi. Sedari dini, Anda bisa mengajak anak mengenal musik lewat piano. Namun jari-jarinya yang masih terlalu kecil dan otot-otot yang lemah bisa menjadi kendala. Kalau begitu, Anda tak usah mengajarinya dengan piano asli. Tapi cukup menggunakan aplikasi musik seperti Virtuoso Piano Free 3.

Ketika baru dirilis, Virtuoso masuk dalam jajaran 10 aplikasi terpopuler yang banyak diunduh pengguna iPad. Tidak mengherankan karena aplikasi gratisan ini amat sederhana sehingga mudah dimainkan. Bahkan, anak berusia di bawah 4 tahun juga bisa memainkannya.

Virtuoso Piano Free 3

Anak-anak bisa menggunakan satu atau dua tangan saat menggunakannya. Begitu tuts ditekan, suara yang dihasilkan nyaris tanpa jeda. Akan tetapi, suara yang keluar akan sedikit lambat ketika memakai dua tangan. Suara piano yang dihasilkan juga terdengar bagus. Perbedaan antara nada satu dengan nada lain pun amat jelas.

Beberapa aplikasi piano biasanya hanya terdiri dari satu baris papan tangga nada. Sementara Virtuoso menyediakan opsi dua baris sehingga tuts yang bisa ditekan lebih banyak dan anak dapat memainkan lebih banyak kunci nada dalam satu layar. Untuk menambah jumlah kunci nada, pengguna tinggal menekan tanda + yang terdapat di sisi kanan atas.

Sebaliknya, jika ingin mengurangi, tekan tanda – yang ada di sisi kiri atas. Seiring dengan berkurangnya jumlah tuts yang ditampilkan di layar, tutsnya juga akan terlihat semakin besar. Tapi tuts yang terlalu besar tidak cocok untuk anak berusia di bawah 4 tahun karena ia akan kesulitan memindahkan jari-jarinya.

Menu

Virtuoso dapat pula dimainkan oleh dua orang. Jika hanya ada satu iPad, kedua anak Anda bisa memainkannya berdua pada saat yang bersamaan. Jadi tidak perlu berebut atau menunggu giliran terlalu lama. Pengembangnya, Peter Nagy, juga memberikan sentuhan estetika pada aplikasi buatannya ini lewat efek Touch Glow yang bisa diaktifkan dari menu Settings. Dengan efek ini, tuts akan mengeluarkan cahaya bulat berwarna biru saat ditekan.

Selain efek Touch Glow, menu Settings juga bisa digunakan untuk mengatur volume suara, tingkat kenyaringan suara, serta mengaktifkan dan mematikan label kunci nada.

Aplikasi Virtuoso Piano Free 3 ini bisa diunduh di gadget iPhone, iPad dan iPod Touch. Kapasitas memori yang dibutuhkan 19,2MB. Melihat lengkapnya kunci nada yang disediakan, Virtuoso merupakan pilihan tepat untuk mengenalkan nada kepada balita Anda.

Back to top button