Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Canon Rilis EOS C100 MkII dengan Fleksibilitas Lebih bagi Videografer Profesional

Canon melakukan penyegaran pada lini kamera video profesional miliknya. Meneruskan keberhasilan Canon EOS C100, kini Canon siap memanjakan para videografer profesional dengan Canon EOS C100 MKII yang datang dengan tambahan fitur baru.

canon EOS C100 MK2-2

Secara fisik, desain Canon EOS C100 MKII termasuk amat mirip jika disandingkan dengan Canon EOS C100. Namun jika dicermati lebih seksama, ada beberapa sentuhan perubahan yang dibawanya.

Untuk mempermudah videografer berkreasi dengan sudut pengambilan gambar, ada dua peningkatan yang dapat ditemukan di Canon EOS C100 MKII. Pertama, di sektor layar. Canon EOS C100 MKII kini telah menggunakan layar OLED fleksibel berukuran 3,5 inci yang bisa dilipat dan diputar. Resolusinya juga lebih tinggi dengan jumlah pixel yang mencapai 1.23 juta titik.

Peningkatan selanjutnya kemudian terlihat di sektor EVF atau lubang intip elektroniknya. Canon EOS C100 MKII dilengkapi dengan EVF yang lebih besar berukuran 0,45 inci dengan resolusi yang juga lebih tinggi yaitu 1,23 megapixel. Selain lebih baik, EVF miliknya tersebut kini juga bisa dilipat ke atas hingga 68° untuk menyesuaikan gaya pengambilan video penggunya.

Di sisi sensor, Canon EOS C100 MKII masih mempertahankan sensor yang sama seperti Canon EOS C100 yaitu sensor Super 35mm beresolusi 8,3 megapixel. Ini berarti Canon EOS C100 MKII masih belum bisa merekam video di resolusi 4K. Kendati hanya dapat merekam video dengan resolusi maksimum Full HD, Canon EOS C100 MKII mampu merekam video Full HD 1920 x 1080 pixel berformat AVCHD atau MP4 langsung di dua kartu memori secara bersamaan lewat slot kartu SD yang tersedia.

Untungnya, Canon EOS C100 MKII kini sudah memakai prosesor Canon DIGIC DV4 yang lebih cepat dibandingkan DIGIC DV3 yang ada di C100. Prosesor terbarunya ini diklaim menawarkan reproduksi warna yang lebih akurat serta dapat meminimalkan efek moire dan noise di ISO tinggi.

Peningkatan lain kemudian merambat ke sektor autofocus. Canon EOS C100 MKII kini telah membawa teknologi Dual Pixel Autofocus. Teknologi ini akan membuat mekanisme penentuan fokus otomatis kamera ini akan lebih halus dan lebih akurat. Hal menarik lainnya, Canon EOS C100 MKII juga menjadi kamera video Cinema EOS Canon pertama yang memiliki fitur autofocus Face Detection.

Koneksi Wi-Fi kini juga hadir sebagai standar. Fitur ini berguna untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh, menggunakan remote yang dapat dibeli terpisah. Untuk lensanya, Canon EOS C100 MKII kompatibel dengan seluruh jajaran lensa EF-Mount yang cukup banyak dan lensa STM yang memang ditujukan untuk perekaman video dengan kinerja fokus lebih halus dan tidak berisik.

Canon EOS C100 MKII akan tersedia di akhir bulan Desember 2014 dengan banderol harga sekitar US$5500 atau sekitar Rp66.000.000. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.

Back to top button