Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessReview

Review Canon EOS 70D

Beragam merka kamera DSLR menawarkan banyak fitur menarik yang cukup mudah membuat siapa saja tergiur. Canon pun cukup sigap membidik para penghobi yang ingin mulai serius mendalami fotografi dengan menghadirkan Canon EOS 70D yang datang dengan sederetan fitur canggih terbaru.

canon-eos-70D-2
Konsep Desain

Sebagai penerus EOS 60D, bodi Canon EOS 70D masih memiliki desain bodi yang terlihat mirip. Bahkan 70D masih mempertahankan layar 3 inci fleksibel yang bisa diputar. Namun bedanya, layar 70D kini dapat merespons sentuhan jari penggunanya.

Dengan mengusung bodi terbuat dari material bahan polikarbonat, bodinya yang kokoh masih terasa relatif ringan. Selain terasa mantap dan nyaman saat digenggam, penempatan tombolnya juga mudah dijangkau. Ukuran tombolnya yang besar juga memperlancar pengoperasian saat Anda harus beraksi cepat memotret.

canon-eos-70D-3

Untuk mengatur fungsinya, Anda dapat langsung menyentuh menu di layarnya atau tetap menggunakan paduan tombol putar dan navigasi yang ada di samping layar. Sebagian fungsi juga dapat diakses dengan lebih cepat menggunakan Quick Menu yang meminimalkan kebutuhan masuk ke menu pengaturan.

Fitur
canon-eos-70D-4

Selain menawarkan fitur P/S/A/M, Canon EOS 70D juga membawa beragam mode pemotretan lain seperti Bulb untuk memotret long exposure, scene mode, atau mode Intelligent Auto dan creative auto untuk yang ingin memotret dengan lebih mudah tanpa perlu memerlukan banyak pengaturan. Efek filter kreatifnya juga cukup banyak serta langsung bisa digunakan pada mode Live View. Bahkan juga ada mode pemotretan HDR yang bisa menghasilkan foto High Dynamic Range secara otomatis.

Canon EOS 70D juga telah dilengkapi dengan koneksi WiFi untuk terhubung ke smartphone atau tablet. Saat mengujinya, kamera dapat terhubung dengan sangat cepat ke smartphone Android yang kami miliki. Proses pemindahan foto pun dapat berjalan dengan cukup cepat. Koneksi WiFi ini juga memungkinkan Anda menyulap smartphone dan tablet menjadi remote untuk memotret dari jarak jauh. Pada mode tersebut, semua pengaturan kamera dapat langsung dilakukan di smartphone, mulai dari menentukan fokus hingga mengatur ISO, diafragma dan kecepatan rana kamera. Namun sayangnya, kami masih mengalami jeda saat menentukan fokus dan saat menekan tombol shutter.

Performa
Peningkatan yang paling terasa dari Canon EOS 70D dibandingkan 60D ada pada sistem autofocus yang diusungnya. Pasalnya, EOS 70D merupakan kamera DSLR pertama Canon dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Dari hasil pengujian kami, teknologi ini memang sanggup menawarkan kinerja autofocus yang lebih cepat di beragam kondisi pencahayaan terutama pada mode live view.

Ini memberikan keuntungan ekstra untuk Anda yang gemar merekam video. Dengan Dual Pixel CMOS AF dan layar sentuhnya, Anda cukup menyapukan jari di layar untuk menentukan fokus pada subyek. Kemudian sistem autofocus 70D akan bekerja dengan cepat mengikuti pergerakan jari Anda untuk menentukan fokus dengan akurat. Cakupan area fokus juga cukup luas dengan adanya dukungan 19-titik fokus yang dimilikinya.

Untuk hasil foto, 70D amat bisa diandalkan. Menggunakan lensa kit Canon EF18-135mm, 70D mampu menghasilkan foto yang tajam dengan warna yang akurat. Performa AWB juga sangat baik di kondisi pencahayaan yang tidak menentu. Performanya di setting ISO tinggi juga sangat baik dengan hasil foto yang masih minim noise hingga ISO 3200. Sementara di ISO 6400 dan ISO 12800 meski noise mulai nampak, namun hasil masih amat layak untuk dicetak. Bagi yang ingin merekam aksi cepat atau ingin memotret anak kecil, Canon EOS 70D jelas sangat memadai berkat dukungan pemotretan tanpa hentinya yang mencapai 7fps. Untuk hasil foto bisa dilihat akun Flickr resmi yangcanggih.com

Kesimpulan
Fitur yang ditawarkan dan teknologi autofokus terbaru yang dimilikinya menjadikan Canon EOS 70D adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mulai serius mendalami fotografi atau videografi. Kemampuan autofokusnya yang sangat impresif ditunjang dengan hasil foto yang sangat oke di kondisi pencahayaan yang cukup atau temaram cukup sebanding dengan banderol harganya yang mencapai Rp14.906.000 untuk paket Kit dengan lensa 18-135mm.

YangCanggih:
(+) Kinerja Autofokus sangat cepat.
(+) Kendali noise di ISO tinggi amat baik.
(+) Continuos shoot 7fps.
(+) Layar sentuh sangat responsif.
(+) WiFi.
(+) Hasil foto oke.

Yang Kurang:
(-) Baterai cukup boros saat mode WiFi menyala.
(-) Menu pengaturan WiFi cukup banyak dan agak sulit dipahami pengguna awam.

[table th=”0″]” “;Canon EOS 70D
Sensor; 20.2 megapixel APS-C CMOS sensor
Prosesor; DIGIC 5+
AF; Autofokus Dual Pixel CMOS AF
AF Point; Titik Fokus 19 point cross-type AF System
FPS; 7 fps
Wifi; Ya
ISO; Auto-12800 (H:25600)
Layar; Layar sentuh Vari-angle 3-inci ClearView II LCD, 1.040.000 titik
Video; Full HD
Kartu Memori; SD/SDHC/SDXC
Dimensi; 139 x 104 x 79 mm;
Bobot; 755 gram
[/table]
Back to top button