Quantcast
Review

Review Asus FonePad 7 FE170CG

Maraknya tablet 7-inci di pasaran berbuntut pada persaingan harga yang makin ketat. Faktor inilah yang mendorong para produsen berlomba-lomba menggelontorkan tablet 7-inci yang bisa dijangkau siapa saja. Sebagai produsen komputasi yang sudah populer di Indonesia, Asus, ikut meramaikan segmen ini dengan produk terbarunya Asus FonePad 7.

Konsep Desain
Pertama kali memegang Asus FonePad 7, tablet ini memang terasa ringan dan cukup berbeda dengan tablet sekelasnya. Hal yang paling terasa adalah panel belakang bodinya yang hadir dengan permukaan bertekstur yang membuatnya tidak licin saat digenggam dengan satu tangan. Mengingat desainnya unibodi, baterai dan cover penutup baterai tidak bisa dilepas-pasang.

asus fonepad7-1

Penempatan seluruh tombol, port dan slot kartu yang dimilikinya juga sangat baik karena tidak menggangu satu sama lain. Anda bisa menemukan 2 bual slot kartu SIM dan kartu microSD di samping kiri bodinya yang dilindungi sebuah penutup. Sementara tombol power dan pengaturan volume berada di samping kanan bodi. Untuk penempatan berbagai port dan tombol cukup standar dan mudah dijangkau.

asus fonepad7-3

Di bagian depan, layar sentuh IPS 7-incinya hadir dengan resolusi 1024×600 pixel yang cukup tajam dengan reproduksi warna cukup baik untuk kelasnya. Satu kekurangannya, layarnya sangat memantul dan menangkap bayangan sehingga agak kurang nyaman saat digunakan di luar ruangan atau di bawah kondisi pencahayaan yang terang. Di bagian bawah layar juga dapat ditemukan 3 buah ikon untuk navigasi yaitu tombol back, home, dan multitasking yang ukurannya relatif kecil tapi tetap mudah ditekan.

Selain itu, Asus juga menempatkan kamera depan dan speaker hadap depan di atas layarnya. Performa suara dari speakernya pun cukup lumayan dengan dukungan teknologi audio Asus Sonic Master. Namun karena memang posisi speaker hanya tersedia di atas layar, maka saat memutar video dalam posisi landscape, suaranya kurang maksimal.
Asus FonePad 7 telah menjalankan sistem operasi Android Jelly Bean 4.3 dengan sentuhan antarmuka Asus ZenUI yang tampil menarik dengan mengusung konsep flat icon yang membuatnya mirip seperti iPad.

asus fonepad7-2

Fitur dan Performa
Asus telah menyuntikkan beragam aplikasi tambahan untuk memaksimalkan tablet miliknya ini. Pertama ada Asus Splendid yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan warna yang dihasilkan layarnya. Saat mencobanya, peningkatan warna memang cukup terasa dan efektif untuk mendongkrak warna dilayarnya menjadi lebih mencolok. Kemudian ada aplikasi Audio Wizard untuk pengaturan suara, What’s Next yang berfungsi sebagai pengingat, Super Note untuk membuat tulisan dan masih banyak lagi. Semua aplikasi khas Asus ini tidak hanya unik tpai juga berguna untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan tablet ini.

Asus Splendid
Asus Splendid

Di sektor performa, Asus FonePad 7 mengandalkan SoC Intel Atom Z2520 berkecepatan 1,2GHz dengan RAM sebesar 1GB. Sektor grafisnya didukung GPU PowerVR SGX 544 dengan ruang penyimpanan internalnya yang hanya 8GB. Sayangnya, mengingat banyaknya aplikasi tambahan yang dibawa oleh tablet ini ruang penyimpanannya yang tersisa menjadi hanya sekitar 5GB. Untungnya Anda bisa menambah kapasitas ruang penyimpanannya menggunakan slot microSD hingga kapasitas 64GB.

Dari pengujian kami, kinerja FonePad amat baik untuk kelasnya. Saat dicoba untuk memainkan game, FonePad 7 terbukti mampu menjalankan beberapa judul game yang membutuhkan kinerja grafis berat seperti Batman Arkham City atau Asphalt 8 dengan mulus. Begitu juga saat diminta memutar video dengan resolusi Full HD, tablet ini bisa melaksanakannya dengan sempurna. Berikut hasil benchmark dari Asus FonePad 7

Asus FonePad 7 telah dilengkapi dua slot kartu SIM yang bisa digunakan untuk menelpon dan berkirim SMS. Dua slot kartu SIM tersebut bisa aktif bersamaan, namun hanya satu slot yang bisa aktif untuk paket data dalam satu waktu.

Untuk daya tahan baterai, Asus FonePad 7 juga amat memuaskan. Dengan mengaktifkan fitur Battery Smart Saver, akses paket data dengan satu kartu SIM dengan pemakaian yang cukup moderat untuk push email dan browsing, baterainya bisa bertahan hingga sekitar 8 jam.

asus fonepad7-4

Kesimpulan
Cukup banyak pilihan tablet Android 7 inci dengan harga 1 jutaan rupiah di pasaran. Namun tidak banyak tablet merek internasional yang bisa menelpon dengan harga sekompetitif FonePad 7. Berbekal performa yahud, dua slot kartu SIM dengan dukungan 3G, serta desain yang trendi, ASUS FonePad 7 layak dilirik Anda yang membutuhkan tablet Android handal dengan harga terjangkau.

YangCanggih:
(+) Performa Oke.
(+) Harga Terjangkau.
(+) Dual Kartu SIM dengan dukungan 3G.
(+) Bisa telepon dan SMS.
(+) Baterai tahan lama.

Yang Kurang:
(-) Layar menangkap bayangan sehingga sulit terlihat.
(-) Kualitas kamera biasa saja.

[table th=”0″]” “;Asus FonePad 7 FE170CG
Layar; IPS 7-inci 1024 x 600 pixel
SoC; Intel Atom Z2520 1.2 GHz
RAM; 1GB, Internal 8GB + MicroSD upto 64GB
OS; Android Jelly Bean 4.3
Kamera; Kamera belakang 2.0 MP, kamera depan 0.3MP
SIM; 2 slot kartu SIM 3G/2G
Konektivitas; WiFi, Bluetooth
Dimensi; 192 x 110 x 10.7 mm
Bobot; 290 gram
Harga; Rp1.699.000.
[/table]

Satu komentar

  1. aku punya tablet fonepad7 nih tapi ko buat tulis pesan layarnya susah sekali ditekan ,buat menekan hurufnya perlu agak keras menekannya,umpama tekan huruf A munculnya huruf samping nya,cara pengaturan layar sentuhnya gimana?

Back to top button