Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Apple Umumkan iPad Air 2 dan iPad Mini 3: Tablet Pertama dengan Sensor Sidik Jari

Di tengah serbuan tablet Android dari berbagai merek dengan berbagai ukuran, Apple iPad masih menjadi idola. Kini Apple mengumumkan kehadiran iPad Air 2 dan iPad mini 3.

iPadAir2-iPadMini3

iPad Air 2
Untuk iPad Air 2, Apple masih menggunakan layar berukuran yang sama yaitu 9,7 inci. Perbedaan pertama akan langsung terlihat dari fisiknya. Dengan ketebalan bodi 6,1mm, iPad Air 2 ini lebih tipis dibandingkan generasi sebelumnya yang setebal 7,5mm. Dengan bodi yang lebih tipis, Apple terpaksa harus menghilangkan switch orientasi/mute yang sudah ada sejak iPad generai pertama. Pilihan warna juga baru dan selaras dengan iPhone 6, yaitu gold, silver, dan space gray.

apple ipad air 2

Di balik layar, Apple menerapkan sistem manufaktur Zero-Gap sehingga layarnya tidak memiliki celah angin antara LCD, kaca, dan sensor sentuh. Di atas layar, Apple telah menerapkan lapisan anti pantulan di kacanya yang diklaim dapat mengurangi pantulan hingga 56% sehingga teks dan gambar lebih mudah dilihat di bawah sinar matahari.

Peningkatan lain adalah disertakannya Touch ID atau pemindai sidik jari yang digunakan untuk Apple Pay dan membuka kunci iPad. Selain itu, resolusi kamera juga dinaikkan menjadi 8 megapixel dengan kemampuan video FUll HD 1080p. Kamera depan juga mendapatkan sensor yang baru dan lensa dengan diafragma f/2.2. Ini berarti kualitas kameranya akan setara dengan iPhone 5S.

apple_ipad_air 2

Untuk performa, iPad Air 2 menggunakan prosesor A8X terbaru yang juga dapat ditemukan di iPhone 6. Menurut Apple, penggunaan prosesor baru ini akan mendongkrak performa iPad Air 2 menjadi 40% lebih cepat dibandingkan iPad Air versi pertama.

iPad Air 2 nantinya akan dijual seharga US$499 untuk versi 16GB Wi-Fi, US$599 untuk versi 64GB Wi-Fi, dan US$699 untuk versi 128GB Wi-Fi. Sedangkan versi 4G LTE akan dijual sekitar US$130 lebih mahal.

iPad Mini 3
Selain iPad Air 2, Apple juga memperkenalkan iPad Mini 3 yang baru. Sayangnya, peningkatan yang diberikan sangat minimal. Perbedaan iPad Mini 3 dan iPad Mini 2 hanyalah pada penambahan Touch ID. Selebihnya, mulai dari prosesor, layar, hingga dimensi tablet, semuanya sama persis. Ini cukup membingungkan mengingat iPad Mini 3 akan dijual mulai US$399 (versi Wi-Fi 16GB) atau US$100 lebih mahal dibandingkan iPad Mini 2.

apple ipad price

Secara keseluruhan, peningkatan yang dibawa iPad baru ini (terutama iPad Mini 3) tidak terlalu banyak tapi sepertinya akan tetap menarik minat konsumen yang membutuhkan tablet dan para fans Apple.

[table]Spesifikasi;Apple iPad Air 2
Layar;9,7 inci Retina Display (2048 x 1536 pixel)
Prosesor; A8X 64-bit dengan M8
Kamera Depan; Foto 1,2 megapixel & Video HD 720p
Kamera Belakang; Foto 8 megapixel dengan autofocus, BSI, lensa f/2.4 dan Video Full HD 1080p
Dimensi;240 x 169,5 x 6,1mm
Bobot;437 gram untuk versi Wi-Fi
[/table]
Back to top button