Quantcast
KomputerLaptopNews

Lenovo Yoga 3 Pro dan ThinkPad Yoga 14: Ideal Untuk Kebutuhan Bisnis dan Multimedia

Sepak terjang Lenovo menghadirkan laptop berkonsep multimode kembali berlanjut. Di acara peluncurannya yang bertempat di London, Inggris, produsen asal Cina ini mengumumkan generasi terbaru laptop multimode miliknya, yaitu Lenovo Yoga 3 Pro dan Lenovo ThinkPad Yoga 14.

Lenovo Yoga 3 Pro-1

Laptop Multimode Tertipis di Kelasnya dengan Desain Engsel Lebih Canggih
Tidak bisa dimungkiri, keberhasilan Lenovo Yoga 2 Pro dengan inovasi desain engselnya yang inovatif menjadi inspirasi produsen lain untuk menghadirkan produk sejenis. Tapi, ini terbukti tidak menjadi penghambat bagi Lenovo untuk tetap berinovasi. Karya terbarunya, Lenovo Yoga 3 Pro, patut diakui sekali lagi berhasil membuat Lenovo menjadi sorotan dunia. Inovasinya kembali ada di bagian engsel.

Desain engsel yang inovatif dan belum ada di laptop merk lain ini terinspirasi dari rantai jam tangan. Istimewanya, engsel yang terbuat lebih dari 800 potongan besi baja dan alumunium itu dirangkai secara manual tanpa bantuan mesin alias dirangkai dengan tangan. Jumlah engselnya pun kini lebih banyak yaitu 6 buah engsel. Dengan bertambahnya jumlah engsel tersebut, layar Lenovo Yoga 3 Pro dijamin akan lebih kokoh dan lebih mudah diputar ke berbagai sudut.

Dengan engsel yang lebih kokoh, dimensi Lenovo Yoga 3 Pro ini berhasil melangsing cukup ekstrim. Dibandingkan Lenovo Yoga 2 Pro, bodi Lenovo Yoga 3 Pro kini 17% lebih tipis dengan bobot 14% lebih ringan. Hal ini menjadikan Lenovo Yoga 3 Pro sebagai laptop multimode tertipis di dunia saat ini dengan bodi yang hanya setebal 12,8mm dan bobot 1,19kg.

Kendati menjadi yang paling tipis dan ringan, Lenovo Yoga 3 Pro berhasil membenamkan layar sentuh IPS QHD+ (3200 x 1800 pixel) berukuran 13 inci. Resolusinya ini membuat layarnya memiliki tingkat kerapatan pixel 276ppi. Ini berarti tampilan di layar akan sangat tajam. Bahkan jika dibandingkan dengan layar Retina pada MacBook, layar Lenovo Yoga 3 Pro memiliki jumlah pixel yang lebih banyak sehingga akan terlihat lebih tajam.

Pesona Lenovo Yoga 3 Pro kembali berlanjut dengan digunakannya prosesor Intel Core M-70 terbaru dari keluarga Broadwell yang lebih irit daya. Dipadukan dengan RAM 8GB dan SSD berkapasitas 128GB atau 256GB, spesifikasinya cukup tangguh untuk berbagai kebutuhan. Penggunaan Broadwell berimbas positif pada sektor baterainya. Lenovo menjanjikan waktu guna baterai yang cukup panjang, mencapai sekitar 9 jam. Sektor konekivitas nirkabel pun kini tambah mumpuni dengan dukungan koneksi WiFi 802.11ac yang lebih cepat dibandingkan WiFi 802.11n yang digunakan Lenovo Yoga 2 Pro. Lenovo Yoga 3 Pro juga menjadi laptop pertama Lenovo yang tidak dilengkapi port AC Adapter. Untuk mengisi baterai, adapter listriknya dihubungkan ke port USB 2.0 yang ada.

Selain itu, terdapat fitur baru yang dinamakan Lenovo Harmony. Dengan fitur ini, laptop akan segera otomatis menyesuaikan pengaturan berbagai setting pada laptop sesuai dengan aplikasi yang sedang dijalankan. Sebagai contoh; jika Anda sedang membaca e-book, fitur Lenovo Harmony akan secara otomatis menyesuaikan tingkat gelap terang dan temperatur warna layar agar lebih cocok dengan kondisi pencahayaan ruangan. Skenario berbeda; Saat Anda menonton film, Lenovo Harmony akan secara otomatis menyesuaikan pengaturan layar dan mengoptimalkan performa suara laptop ini yang didukung oleh teknologi WavesAudio dan speaker dari pabrikan JBL. Pintar kan?

Lenovo ThinkPad Yoga 14

Dirancang untuk Bisnis dengan Layar Lebih Besar dan Kartu Grafis Nvidia
Di segmen bisnis, Lenovo juga turut memamerkan pembaruan Lenovo ThinkPad Yoga yaitu Lenovo ThinkPad Yoga 14. Walaupun desainnya masih identik, Lenovo ThinkPad Yoga 14 kini hadir dengan ukuran layar yang lebih besar dengan dukungan sektor grafis yang lebih mumpuni. Lenovo ThinkPad Yoga 14 datang dengan layar IPS 14 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 pixel menggantikan layar 12,5 inci yang digunakan Lenovo ThinkPad Yoga generasi sebelumnya.

Di sektor performa, Lenovo menyediakan pilihan prosesor Intel generasi ke-4, Intel Core i5 atau Intel Core i7, dengan besaran RAM 8GB. Ruang penyimpanannya tetap mengusung model hybrid yang menggabungkan HDD 1TB dan SSD 16GB . Berbeda dengan Lenovo ThinkPad Yoga terdahulu, Lenovo ThinkPad Yoga 14 kini mendapat dukungan kartu grafis Nvidia GeForce 840M dan baterai yang lebih tahan lama dengan waktu pemakaian hingga sekitar 8 jam.

Lenovo Yoga 3 Pro akan tersedia mulai tersedia di akhir Oktober 2014 dengan harga mulai dari US$1349. Untuk warna, tersedia pilihan warna silver, oranye, dan emas. Sementara Lenovo ThinkPad Yoga akan dipasarkan dengan harga mulai dari US$1199 dan hanya tersedia dalam satu pilihan warna yaitu hitam. Belum ada informasi mengenai kehadiran keduanya di pasar Indonesia, tapi diprediksi keduanya akan mampir ke sini sebelum tahun 2014 berakhir.

[table th=”0″]” “;Lenovo Yoga 3 Pro
Prosesor; Intel® Core™ M-70 Broadwell
OS; Windows 8.1 Pro
Engsel; Desain rantai jam tangan dengan 6 engsel
Layar; 13.3″ QHD+ 3200 x 1800 IPS multitouch display
Baterai; hingga 9 jam
Audio; Speaker JBL® dengan sertifikasi Waves Audio
Dimensi; 11.8 x 9 x 0.5 inci
Bobot; 1.19Kg
[/table]
Back to top button