Quantcast
AndroidAplikasi

4 Aplikasi Android untuk Mengenalkan Anak pada Beragam Profesi

Seorang anak seringkali dihadapkan pada pertanyaan klasik “cita-citanya mau jadi apa?”. Tidak jarang jawaban yang terlontar dari mulut anak adalah profesi yang sering dia jumpai seperti dokter, polisi atau pemadam kebakaran. Tetapi benarkah anak telah mengerti apa saja yang dikerjakan oleh orang-orang dengan profesi tersebut ? yuuk ajak anak mengenal lebih dalam beberapa profesi melalui 4 aplikasi ini

Baby Airlines

Baby Airlines 1

Untuk sebuah aplikasi simulasi aktivitas bandara dan awak pesawat terbang, Baby Airlines menawarkan fitur lengkap yang cukup memenuhi rasa ingin tahu anak-anak. Aplikasi ini tidak hanya memperkenalkan profesi seorang pilot yang mampu menerbangkan pesawat terbang, tetapi juga memperkenalkan para awak lainnya yang terlibat agar penerbangan menuju tempat tujuan lancar dan tidak ada masalah. Dalam aplikasi ini anak berhadapan dengan aktifitas nyata dalam bandara. Hal ini memungkinkan anak yang belum pernah sama sekali merasakan perjalanan dengan pesawat terbang bisa belajar proses yang harus dilewati di bandara sebelum naik ke pesawat dari aplikasi ini.

Baby Airlines 2

Aplikasi buatan Tab Tale ini dipenuhi visualisasi kaya warna dengan para pemeran mulai dari awak pesawat, petugas bandara hingga penumpang semuanya adalah anak-anak. Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Baby Airlines adalah : pengecekan penumpang, mencocokkan tujuan, dan nomor bangku pada tiket penumpang, memeriksa barang bawaan penumpang, mencari tas penumpang yang hilang dan juga simulator pilot agar anak bisa belajar bagaimana situasi di dalam kokpit dan cara menerbangkan sebuah pesawat.

Asyiknya lagi, aplikasi Baby Airlines juga menawarkan pengalaman menjadi pengawas penerbangan yang mengatur lalu lintas udara serta emainkan peran sebagai seorang mekanik pesawat. Anak akan diminta mengecek roda, bahan bakar,dan bahkan memperbaiki kabel yang putus agar pesawat berjalan mulus sampai tujuan tanpa ada gangguan. Cukup lengkap untuk sebuah aplikasi gratis.

Doctor Kids

Doctor Kids 1

Dalam aplikasi Doctor Kids dihadirkan beberapa minigame dengan jenis masalah kesehatan lengkap berikut peralatan pendukungnya. Anak akan diminta untuk standby untuk memberikan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat, serta memberikan solusi dari beragam masalah kesehatan mulai dari perawatan pertama pada kecelakaan/luka, perawatan gigi, diagnosa dan vaksinasi untuk penyakit yang belum diketahui, pemeriksaan mata, layanan laboratorium untuk memeriksa jenis virus, serta mesin x-ray yang digunakan untuk rontgen dan mengecek patah tulang.

Aplikasi yang memberikan visualisasi jelas dengan perbedaan warna pada masing-masing peralatan agar mudah dikenali ini juga menghadirkan beragam karakteristik pasien dengan permasalahannya masing-masing. Ketika bermasin dengan aplikasi ini orangtua juga bisa memberikan arahan tentang apa penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, mengajarkan bagaimana menjaga agar gigi tidak bolong dan mata tetap sehat, serta menjelaskan secara sederhana tentang susunan tulang manusia dari mini-game X-Ray.

Kids Policeman

Kids Policeman 1

Selain dokter, jawaban yang sering muncul ketika seorang anak ditanya apa cita-citanya adalah jadi polisi. Peran penting profesi seorang polisi yang menjamin kelancaran lalu lintas dan menjaga keamanan dari orang jahat merupakan sosok paling mendekati seorang pahlawan super dalam kehidupan nyata. Karena itulah maka banyak anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi seorang polisi.

Kids Policeman 3

Dalam aplikasi Kids Policeman, anak-anak diajak memainkan peran seorang polisi. Anak-anak diajak untuk membuat lencana polisi mereka sendiri, memakai seragam polisi lengkap, mengendarai mobil polisi sambil menyalakan sirine khas polisi, membantu anak kecil menyebrang jalan dan menangkap penjahat sebanyak mungkin. Anak juga diperkenalkan dengan aktifitas lain yaitu melatih seekor anjing yang bisa membantu pekerjaan polisi dalam menangkap penjahat.

My Fire Station

My Fire Station 1

Aplikasi My Fire Station menghadirkan visualisasi sebuah kantor pemadam kebakaran yang harus selalu siap sedia 24 jam. Skenario yang dihadirkan dalam aplikasi besutan Chocolapps ini memang tidak sebanyak aplikasi Baby Aeroplanes atau Doctor kids. Hanya terdiri dari 4 bagian saja, yaitu lingkungan sekitar stasiun pemadam kebakaran, ruang kantor, garasi dan kota.

My Fire Station mengajak anak untuk melatih konsentrasi cara memadamkan api melalui observasi dan didukung dengan percaya diri mengingat dalam kehidupan nyata profesi ini sangat rentan dengan nyawa. Orangtua bisa membimbing anak untuk untuk membantu memecahkan cara memadamkan api melalui observasi lapangan. Hal ini akan mampu melatih anak mengembangkan strategi dalam memecahkan sebuah masalah.

2 komentar

  1. Menarik-menarik sekali permainan di aplikasi android ini, jadi alat bantu untuk anak mengenal berbagai macam profesi. Bisa dikenalkan anak sejak dini, tapi dengan catatan jangan terlalu sering mengandalkan gadget.

Back to top button