Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

6 Alasan iPhone 6 & 6 Plus Layak Dilirik

Membandingkan iPhone dengan ponsel Android memang tidak akan ada habisnya. Secara jelas, pasar smartphone di Indonesia telah dikuasai Android dan tren tersebut tidak akan berubah dalam waktu dekat. Namun, kemunculan iPhone 6 dan iPhone 6+ sepertinya akan mampu memberikan warna baru bagi dunia gadget di tanah air. Jika Anda sudah membaca alasan untuk tidak membeli iPhone seperti di artikel berikut ini, berikut kami paparkan 6 alasan mengapa iPhone 6 dan iPhone 6 patut dipertimbangkan untuk dibeli.

iphone-6-1

1. Mudah dioperasikan walaupun layarnya besar
Patut diakui pernyataan almarhum Steve Jobs 4 tahun lalu cukup masuk di akal. Di saat kompetitornya mulai meluncurkan smartphone dengan layar lebih besar dari 4 inci, Steve Jobs beranggapan bahwa layar yang besar akan menyulitkan mengingat harus dioperasikan dengan dua tangan. Bahkan ia mengatakan tidak akan ada orang yang mau membeli smartphone berlayar besar. Sayangnya, anggapan tersebut salah besar dan kini terbukti smartphone berlayar besar menjadi primadona baru di pasar smartphone dunia.

Merespon tren ini, akhirnya iPhone terbarunya muncul dengan layar besar. Jika diperhatikan secara seksama, garis desain iPhone 6 kembali lagi ke desain iPhone lawas. Seperti iPhone 2G sudut-sudut bodinya kini kembali membulat. Tapi, iPhone 6 tampil lebih menawan dengan bodi alumunium yang lebih ramping dan layar retina HD yang lebih besar berukuran 4.7-inci dan 5.5-inci.

Namun, bukan Apple namanya jika tidak memikirkan banyak hal untuk mempermudah penggunanya. Untuk menjawab tantangan smartphone berlayar besar agar tetap bisa digunakan dengan satu tangan, perlu Anda ketahui hanya Apple satu-satunya produsen yang berhasil memecahkan masalah tersebut.

Ini terlihat dengan fitur Reachability yang diperkenalkan lewat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Tap dua kali pada area Touch ID, tampilan antar muka konten akan turun setengah layar sehingga jari jempol Anda tetap dapat mengoperasikannya dengan satu tangan.

Pertanyaannya sekarang, smartphone berlayar besar manakah yang bisa dioperasikan dengan satu tangan? Yup, dengan iPhone 6 dan 6 Plus Anda bisa!

a8-1

2. Performa Tambah Kencang dan Coprosesor Baru
Jika kompetitornya adu banyak inti prosesor dan besaran RAM, Apple tetap lebih memilih jalan mengembangkan sektor prosesor dan coprosesor pada iPhone.

Melanjutkan keberhasilan chip A7 yang berarsitektur 64-bit pada iPhone 5s, raksasa Cupertino ini menawarkan chip terbarunya A8 yang dipadukan dengan coprosesor M8.

Tidak tanggung-tanggung pula chip A8 terbarunya itu disiapkan dengan sentuhan peningkatan yang sangat signifikan. Ini terlihat dengan performa CPU yang dijanjikan akan lebih cepat dan performa grafis yang meningkat hingga 50 persen.

Coprosesornya sendiri kini dapat mengumpulkan data dari sensor barometer untuk ketinggian disamping tetap dapat mengumpulkan data dari sensor akselerometer, gyroscope dan kompas.

Jika Anda salah satu orang yang selalu mempertimbangkan spesifikasi atau pecinta mobile gaming, dengan spesifikasi ini sudah jelas terlihat masalah smartphone lemot bukan lagi masalah. Dan Apple nampaknya telah siap menyambut era mobile gaming ke tahapan yang lebih serius.

iphone 6 battery-1

3. Baterai Lebih Irit
Kemunculan smartphone dengan SoC quad core atau octa core masih dihadapi dengan satu tantangan yaitu permasalahan pada baterai. Meski saat ini powerbank adalah solusi yang paling mudah, Apple nampaknya tidak ingin para penggunanya mengalami ketergantungan pada powerbank.

Pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple membekalinya dengan baterai yang lebih tahan lama dengan waktu standby iPhone 6 selama 10 hari dan iPhone 6 Plus yang dapat standby hingga 16 hari. Selamat tinggal powerbank!

isight-1

4. Fitur Kamera Tambah Oke
Meski sensor dan lensanya masih sama dengan iPhone 5s, namun sektor sensornya mengalami peningkatan secara besar-besaran.

Sensor iPhone 6 dan iPhone 6 Plus membawa sejumlah teknologi baru seperti Focus Pixel untuk autofokus yang lebih cepat dan menawarkan autofokus phase-detection seperti yang digunakan kamera DSLR atau DSLM.

Dukungan fitur image stabilization untuk iPhone 6 dan optical image stabilization pada iPhone 6 Plus juga nampaknya akan sangat efektif untuk menjamin hasil bidikan foto tetap tajam dan bebas blur. Selain itu, kameranya ini juga lebih optimal untuk merekam video Full HD atau merekam video gerak lambat dengan kecepatan 240fps yang tentunya dapat menghasilkan efek lebih dramatis.

Khusus pecinta selfie, Kamera depannya yang dijuluki FaceTime HD juga ikut mengalami peningkatan. Apple kini membenamkan fitur pendeteksi wajah yang telah ditingkatkan, mode burst untuk selfie dan sensor baru yang dapat menangkap cahaya 81 persen lebih banyak agar Anda bisa selfie dengan hasil terbaik di seluruh kondisi pencahayaan.

payment-1

5. NFC dan Alat Pembayaran Digital Masa Depan
Saat NFC masuk ke smartphone beberapa tahun lalu, digembor-gemborkan Anda bisa melakukan pembayaran transaksi lewat smartphone. Hal ini memang terbukti benar, namun meski belum bisa dirasakan di Indonesia ada yang lebih menarik dari cara transaksi yang ditawarkan Apple lewat layanan Apple Pay Service miliknya.

Sebagai iPhone perdana yang mendapat fitur NFC, Apple menyiapkan agar iPhone terbarunya juga dapat berfungsi sebagai dompet digital. Mode transaksi Apple Pay Service juga sangat mudah dan diklaim aman karena setiap transaksi yang dilakukan harus melalui pindaian sidik jari di Touch ID iPhone. Meski layanan ini baru bisa dinikmati pengguna iPhone di Amerika, namun kami cukup yakin Apple Pay Service bisa menjadi mode pembayaran digital di masa depan.

capacity-1

6. Kapasitas Tambah Besar
Secara resmi lewat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple meniadakan kapasitas 32GB dari lini iPhone terbarunya. iPhone 6 dan 6 Plus kini tersedia dalam pilihan 16GB, 64GB dan 128GB.

Memang dengan kapasitas yang lebih besar akan lebih nyaman untuk menyimpan aplikasi hingga file multimedia di iPhone. Namun, yang menjadi masalah hanya pada faktor harga. Untuk iPhone 6 dengan kapasitas 128GB dibanderol dengan harga lebih dari 10 juta Rupiah. Jika faktor harga bukan menjadi masalah untuk Anda, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus berkapasitas 128GB memang menjadi smartphone pertama yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan terbesar hingga saat ini.

Jadi sudah siapkah Anda beralih ke iPhone 6?

Back to top button