Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Samsung Luncurkan NX1, Mirrorless Tercanggihnya dengan Kemampuan Rekam Video 4K

Di segmen kamera, Samsung memang tidak terlihat seagresif segmen tablet atau smartphone miliknya. Namun, di ajang Photokina 2014 pabrikan asal Korea ini memulai debut perdana kamera DSLM tercanggihnya, Samsung NX1. Yang menarik, kamera mirrorless ini akan diposisikan sebagai yang tercanggih.

samsung NX-1-1

DSLM Dengan Cita Rasa DSLR
Melawan tren desain kamera mirrorless, NX1 hadir dengan desain bodi seperti NX30 yang lebih mirip dengan kamera DSLR. Bahkan dimensinya ini kira-kira sama dengan kamera DSLR kelas pemula. Keuntungannya, Samsung NX1 dapat memuat layar sentuh fleksibel Super AMOLED berukuran 3 inci dan lubang intip elektronik dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 2.360.000 titik yang tajam.

Sensor dan Prosesor Lebih Mumpuni
Di balik bodi bongsornya, Samsung NX1 dibekali dengan sensor BSI-CMOS 28.2 megapixel dan prosesor Samsung DRIMe 5. Beragam aktivitas fotografi pun bisa dilahap dengan mudahnya oleh kamera ini. Seperti misalnya memotret aksi-aksi olahraga dengan kemampuan continuos shoot sangat cepat mencapai 15fps pada resolusi penuh dan modus rekam video yang bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K

Teknologi dan Fitur Superior
Guna mendukung kemampuan foto dan videonya, Samsung melengkapi NX1 dengan teknologi autofocus canggih, Samsung NX AF System III. Teknologi ini menawarkan kinerja Phase Detect autofocus 205 titik yang memungkinkan kamera untuk melakukan autofocus dengan cepat di 90 persen area frame.

Selain itu, masih tersedia fitur Wide Phase Detection yang memungkinkan kamera untuk mengunci fokus pada subjek dan mengikuti pergerakan subyek. Namun yang paling membuat kami kagum adalah fitur Samsung Auto Shot. Samsung merancang fitur ini untuk memotret momen-momen olahraga yang sulit. Rahasianya terletak pada prosesor dan penghitungan algoritma khusus untuk mendeteksi pergerakan subyek.

Misalnya Anda ingin memotret momen seorang pemain baseball memukul bola. Dengan fitur ini, kamera akan secara otomatis membaca pergerakan bola menuju ke pemain yang akan memukul bola tersebut. Saat bola menyentuh pemukul baseball, kamera akan secara otomatis menenkan shutter dan Anda mendapatkan foto yang baik. Canggih kan?

Untuk melengkapi sensor BSI-CMOS yang dikenal handal di kondisi minim cahaya, Samsung menambahkan teknologi penekan noise yang diberi nama Adaptive Noise Reduction. Dengan teknologi ini, Samsung NX1 diklaim mampu menghasilkan foto dengan tingkat noise yang lebih minim di setting ISO tinggi dengan tingkat ketajaman dan warna yang tetap terjaga.

Konektivitas Tambah Lengkap
Dirancang dengan mengadopsi teknologi SMART Camera, Selain membawa koneksi WiFi dan NFC Samsung NX1 kini juga tambah lengkap dengan hadirnya tambahan koneksi Bluetooth 3.0. Lewat koneksi tanpa kabel ini, Samsung NX1 akan selalu terhubung ke perangkat smartphone atau tablet untuk mengumpulkan infomasi data seperti waktu, tanggal dan lokasi untuk dimasukkan ke metadata foto. Setelah data terkumpul, koneksi akan secara otomatis beralih ke WiFi untuk mempercepat proses pemindahan foto dari kamera ke smartphone atau tablet.

Untuk mempermudah pemindahan hasil foto, Samsung NX1 juga telah memiliki fitur Photo Beam. Memanfaatkan fitur NFC, pengguna hanya cukup menempelkan kamera ke smartphone atau tablet yang berfitur NFC dan foto langsung bisa langsung dipindahkan.

Samsung NX1 akan tersedia dengan harga US$1499.99 (bodi saja). Nantinya akan tersedia versi Premium Kit dengan lensa 16-50mm F2-2.8, baterai grip, dan baterai tambahan seharga US$2799.99 atau sekitar 32 juta rupiah. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Samsung NX1
Sensor; BSI-CMOS 28 megapixel
Prosesor; DRIMe V
ISO;Auto, 100 – 25600, expandable to 51200
Autofokus; Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Lensa; Samsung NX
Layar; Super AMOLED, Tilting 3-inci 1.036.000 titik.
Viewfinder; Elektronik, 2.360.000 titik
Continuos Shoot; 15fps
Video;3840 x 2160 (30p), 4096 x 2160 (24p), 1920 x 1080 (60p, 50p, 30p, 25p, 24p), 1280 x 720, 640 x 480
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC (UHS-I/II)
Konektivitas; USB 3.0, HDMI, WiFi, NFC
Dimensi;139 x 102 x 66 mm
Bobot;550 gram
[/table]
Back to top button