Quantcast
Aksesoris GadgetAksesoris KomputerKomputerMobile GadgetReview

Review Smartfren CONNEX M1

Meski hot spot WiFi sudah tersebar di banyak tempat, namun berbagai masalah tetap saja dihadapi. Seperti berbayar, lambat karena banyak gadget yang memanfaatkan, atau sekedar malas bertanya kata kuncinya.

Karena itulah sebagian orang memilih untuk menggunakan MiFi (Mini WiFi) atau mini router pribadi agar lebih bebas dalam penggunaannya. Nah, salah satu yang cukup rajin mengeluarkan produk ini adalah sevice provider CDMA terbesar di Indonesia, Smartfren, yang mengandalkan teknologi EVDO Rev.B.

Beberapa waktu lalu, Smartfren memperkenalkan seri terbaru router mini mereka tersebut lewat seri Connex M1. Menarik melihat Smartfren tak lagi menggunakan nama seri yang rumit untuk diingat, sehingga Anda akan lebih mudah mencarinya di pasaran. Nah, fitur apa saja yang dibawa dan bagaimana performa perangkat yang harganya sekitar Rp500 ribu ini?

Desain
Mengambil bentuk persegi dengan sudut membulat, M1 hadir dalam warna putih dengan aksen merah yang menawan. Di bagian depan terdapat sederet lampu indikator yakni kekuatan baterai, sinyal EVDO, WiFi aktif, pengisian baterai dan SMS.
M1 featured

Lampu indikator tersebut mudah dikenali meski Anda tidak membuka buku manual. Misalnya, warna biru pada balok baterai menunjukkan daya yang tersisa, warna hijau di ikon sebelahnya menunjukkan sinyal EVDO Rev. B dalam jangkauan sementara merah menunjukkan tidak ada sinyal EVDO Rev.B. Kemudian jika WiFi aktif, lampu di ikon Wi-Fi akan menjadi biru. Begitu juga lampu akan menjadi biru di ikon bergambar petir dan amplop jika sedang mengisi baterai ((biru berkedip) dan ada SMS masuk (biru).

Di bagian atasnya, Anda akan menemukan tiga buah tombol yakni daya, power bank dan reset, serta satu port microUSB untuk mengisi daya baterainya. Di sisi kananya merupakan tempat Anda mengakses kartu RUIM dan microSD yang dilindungi tutup dengan penghubung karet. Penghubung ini agak ringkih jika Anda sering membuka-tutupnya. Jadi pastikan Anda berhati-hati dan tidak menariknya terlalu kencang jika tidak ingin karetnya cepat putus.

Untuk menjadikannya sebagai power bank, Anda cukup mencolokkan konektor USB ke port yang sesuai di sisi kiri. Hal ini merupakan nilai tambah karena Connex M1 tidak membutuhkan kabel konverter khusus sehingga lebih praktis. Namun imbasnya, dimensi produk menjadi lebih besar dan tebal. Untung saja bobotnya tetap ringan sehingga tidak membebani saat dibawa ke mana-mana.

Secara keseluruhan, desain Connex M1 terbilang stylish meski sayangnya masih mengandalkan lampu indikator ketimbang layar sebagai jendela informasi yang lebih penulis sukai.
M1 desain

Fitur
Fitur power bank ini merupakan fitur yang unik dan jarang ditemukan diperangkat sejenis, termasuk produk router mini Smartfren yang sudah beredar di pasaran. Bekerja sama dengan penyedia perangkat asal China, Haier, yang juga memasok handset mereka, Smartfren mengandalkan kapasitas baterai 4400mAh. Kapasitas yang cukup besar untuk memberi tenaga pada router dan perangkat yang terhubung dengannya.

Sebagai sebuah pemancar jaringan Internet, Connex M1 mampu untuk menampung hingga 6 pengguna atau gadget sekaligus. Tentunya perlu diingat, semakin banyak perangkat yang terhubung maka semakin melambat pula koneksi Internet dan semakin cepat daya baterai tersedot. Ada fitur unik satu lagi. Anda dapat menciptakan “cloud” sendiri dengan Connex M1. Fitur penyimpanan nirkabel ini rupanya memanfaatkan slot microSD yang sudah ada di versi sebelumnya.

Performa
Jika merunut pada buku manual, langkah-langkah yang harus ditempuh sebelum Anda dapat menggunakan Connex M1 terlihat agak ribet dan panjang. Karena itu sengaja penulis ganti kartu RUIM bawaan perangkat dengan kartu Smartfren lainnya yang datanya telah aktif, untuk menguji apakah perangkat ini bisa langsung digunakan dengan melewati langkah-langkah tersebut. Ternyata WiFi langsung aktif dan penulis langsung bisa terhubung dengan memasukkan kata kunci yang tertera pada perangkat.

Kemudian kami melakukan pengujian kecepatan dari jaringan EVDO Rev.B yang dimiliki Connex M1 di sekitar Jakarta, Tangerang dan Bekasi. Hasilnya menunjukkan pola yang konsisten: Anda akan mendapatkan kecepatan unggah (upload) lebih tinggi daripada unduh (download).

Misalnya di daerah perumahan Galaxy Park, Bekasi, dengan kecepatan (download/upload) 1.83Mbps/2.74Mbps; di sekitar Lippo Karawaci, Tangerang, didapat angka 0.18Mbps/1.33Mbps; Pondok Indah, Jakarta Selatan, tepatnya saat kami melintas dalam kemacetan JORR di depan POINS, kecepatannya 1.72Mbps/2.08Mbps. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah:
speedtest bekasi
Bekasi
speedtest karawaci
Tangerang
speedtest jakarta
Jakarta

Sementara di sektor daya tahan baterai, Connex M1 tahan digunakan terus-menerus hingga lebih dari 12 jam. Hal ini juga bergantung pada kekuatan sinyal EVDO yang didapat, berapa pengguna yang terhubung, serta suhu temperatur di sekitarnya. Karena itu kami sarankan untuk tidak meletakkan Connex M1 di dalam tas, dan jika digunakan dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi, bisa Anda selipkan di sela-sela ventilasi AC sehingga suhunya terjaga.

Sebagai syarat utama Anda menikmati layanan Internet Smartfren, adalah fitur paket kuota 14GB dengan harga hanya Rp60.000. Rinciannya, 2GB bisa Anda gunakan sepanjang hari sementara sisa 12GB bisa Anda gunakan sebagai bonus dari pukul 1 dini hari hingga 06:59 yang berlaku selama 30 hari. Bagi yang senang mengunduh film, musik, buku, atau game, tentunya dapat menyiasati detail paket ini dengan “menyuruh” laptop untuk mengunduh pada jam-jam tersebut.

Kesimpulan
Kebanyakan layanan internet yang berada di pasaran saat ini sangat unggul di sektor unduh data, sementara kecepatan unggahnya agak “keteteran”. Sebagai penggiat YouTube, penulis merasa sangat terbantu dengan kecepatan upload yang dihadirkan Smartfren dan provider CDMA pada umumnya.

Dalam hal Connex M1, selain kecepatan, Anda juga akan mendapatkan perangkat yang trendi dengan kemampuan power bank, berbagi data nirkabel dan bonus data malam melimpah dari Smartfren. Harga jualnya yang dibanderol sedikit lebih tinggi dari Bolt!4G misalnya, terasa wajar mengingat coverage sinyal Smartfren lebih luas, meliputi Jawa, Sumatera, Kalimantan, sebagian Sulawesi dan Bali.

Dengan harganya yang ada di kisaran 500 ribu rupiah, Smartfren Connex M1 merupakan paket yang menggiurkan. Selain memiliki beberapa fungsi yang menarik (dan berguna), paket data yang diberikannya sudah memadai untuk sebagian besar pengguna. Bagi Anda yang mencari solusi koneksi Internet bergerak di daerah yang dijangkau Smartfren, Connex M1 mampu menjadi solusi pintar yang melebihi dari fungsi dan harganya.

Yang canggih:
(+) Desain menarik
(+) Bisa menjadi power bank
(+) Mudah digunakan
(+) Didukung bonus data dari Smartfren

Yang kurang
(-) Ukuran relatif besar
(-) Bonus data dibatasi waktu pemakaian

Back to top button