Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

[IFA 2014] Samsung Kenalkan Perangkat Virtual Reality Pertamanya, Gear VR

Melengkapi Galaxy Note 4 yang diluncurkan bersamaan, Samsung juga memprekenalkan headset VR (Virtual Reality) pertamanya yaitu Gear VR. Aksesori ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dengan Oculus, pembuat Oculus Rift, yang telah dibeli oleh Facebook dengan nilai USD2 milyar.

Untuk saat ini Gear VR hanya bisa digunakan dengan Samsung Galaxy Note 4. Dengan aksesori ini, Anda akan seperti melihat layar berukuran 107 inci diproyeksikan dalam jarak sekitar 2 meter.

Samsung Gear VR R320_White_Dynamic2_008

Untuk menggunakannya, Anda tinggal memasang Note 4 di depan dua lensa Gear VR. Di sisi kanan tersedia trackpad dan tombol back, sementara di sisi atas terdapat pengatur fokus.

Penggunaannya mirip seperti Oculus Rift; Anda tinggal memalingkan kepala ke kiri untuk melihat apa yang ada di sebelah kiri di dunia maya Gear VR, dan seterusnya. Perbedaannya, Gear VR tidak menggunakan kabel untuk terhubung ke komputer seperti Oculus Rift. Hal ini memberikan fleksibilitas lebih jika Anda ingin membawanya bepergian. Tentunya dianjurkan Anda duduk manis saat memakainya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

samsung gear vr in action

Lalu kira-kira konten seperti apa yang cocok untuk digunakan di Gear VR? Samsung sendiri telah menyiapkan konten-konten menarik yang ideal di Gear VR. Dalam paketnya telah disertakan beberapa film yang dioptimalkan untuk Gear VR seperti Marve’ls Avengers: Age of Ultron, Cirque du Soleil Media (pengalaman 3D VR 360 derajat), Vevo yang menawarkan video musik, konser musik, serta materi demo lainnya. Selain digunakan untuk menonton, Gear VR tergolong cukup asyik untuk diajak bermain game FPS (First-Person Shooter).

Headset VR merupakan barang baru yang masih dalam tahap awal dengan berbagai kekurangannya. Samsung Gear VR membawa inovasi menarik dengan konsep portabel yang belum pernah dilakukan. Namun produk ini masih memiliki pasar yang sangat terbatas, di luar harga jualnya yang juga tinggi.

Menurut informasi, Gear VR akan dijual di kurang dari 3 juta rupiah. Berminat?

[table]Spesifikasi;Samsung Gear VR
Lensa; Sudut pandang 96 derajat
Sensor; Accelerator, Gyrometer, Magnetic, Proximity Motion to Photon Latency < 20ms Dimensi; 198 x 116 x 90 mm [/table]

Back to top button