Quantcast
KomputerLaptopNews

[IFA 2014] Asus Zenbook UX305 & EeeBook X205; Dua Laptop Langsing Beda Kasta

Bicara laptop dengan kemasan bodi langsing, Apple Macbook Air akan langsung muncul di benak kebanyakan pecinta gadget. Padahal sebenarnya cukup banyak Ultrabook yang memiliki kemampuan dan desain yang menyamai MacBook Air. Salah satu contohnnya adalah produk teranyar dari Asus berikut ini, Zenbook UX305.

Asus Zenbook UX305-1

Dari segi kemasan, Zenbook UX305 nyaris tidak mengalami sentuhan penyegaran dari lini Zenbook lainnya. Di balik tampilannya yang mewah dan menawan laptop berbodi alumunium ini telah membawa layar berukuran 13.3 inci dengan resolusi layar 3200×1800 pixel. Patut diakui, resolusi layarnya ini memang cukup tinggi sehingga dapat menampilkan visual yang sangat tajam dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 267ppi. Untuk ketebalannya, Asus Zenbook UX305 hanya setebal 12mm dengan bobot sekitar 1.2 Kg. Jadi jelas tidak ada alasan pundak akan pegal saat membawa laptop ini berpergian.

Lalu bagaimana dengan performa? Dengan kemasan bodi setipis itu, Zenbook UX305 ditenagai prosesor Intel Core M yang hemat daya. Besaran RAM yang dimilikinya sebesar 8GB dan tersedia 2 pilihan ruang penyimpanan bermodel SSD berkapasitas 128GB atau 256GB.

Asus EeeBook X205-1

Di segmen yang lebih terjangkau, Asus menghadirkan EeeBook X205. Laptop ini nampaknya ditujukan untuk pengguna yang hanya memerlukan laptop untuk kegiatan mendasar seperti mengetik dokumen atau browsing seperti para pelajar.

Laptop dengan layar 11.6-inci ini ditenagai oleh prosesor Intel Atom Quad-core yang dipasangkan dengan RAM 2GB. Kapasitas penyimpanan tersedia antara 32GB dan 64GB. Kapasitas ruang penyimpanannya yang terbatas ini masih bisa diekspansi hingga 500GB lewat layanan komputasi awan dari Asus, Asus WebStorage. Selain itu masih tersedia tambahan 100GB dari Microsoft OneDrive storage selama 2 tahun. Tentunya ini berarti Anda harus bergantung pada koneksi Internet untuk mengakses semua file yang tersimpan di layanan cloud tersebut.

Menariknya, meski ukuran layarnya relatif kecil, Asus berhasil menyematkan keyboard dan touchpad berukuran cukup besar yang biasa ditemukan di laptop 14-inci. Dua hal tersebut tentunya akan meningkatkan kenyamanan pemakaian EeeBoox X205.

Asus belum mengumumkan spesifikasi lebih detil kedua produk terbarunya ini dan info ketersediannya juga masih belum diungkap.

Back to top button