Quantcast
Mobile GadgetSmartphone

Kesan Pertama Mencoba Microsoft Lumia 530

Menyasar segmen smartphone kelas pemula, Microsoft Mobile meluncurkan Nokia Lumia 630, smartphone dual SIM berbasis Windows Phone 8.1.

Setelah melansir Nokia Lumia 630 pada bulan Juli lalu, Microsoft Mobile mengumumkan ketersediaan Nokia Lumia 530 sebagai pelengkap jajaran smartphone Windows Phone di segmen kelas pemula. Menurut Bapak Anvid Erdian selaku Product Marketing Manager Microsoft Devices, Nokia Lumia 530 mengusung beragam fitur yang ditujukan untuk semua pengguna, dari kawula muda hingga profesional.

DSC_0020

Kami langsung mencoba smartphone kelas pemula Microsoft Mobile tersebut pada acara peluncurannya di Hotel Kosenda tanggal 1 September lalu.

DSC_0017

Mengusung layar 4 inci, Nokia Lumia 530 menjadi smartphone Windows Phone dengan layar terkecil yang ada di pasaran. Sekilas, fisiknya tidak terlalu berbeda dengan Nokia Lumia 630, masih hadir dengan minimalis, dan casing belakang yang dapat dibuka. Seperti Nokia Lumia 630, Nokia Lumia 530 tidak memiliki kamera depan maupun sensor proximity, namun layarnya secara otomatis mati ketika melakukan panggilan seraya mendeteksi sentuhan dari kuping penggunanya. Dengan prosesor quad core 1.2 GHz dan memori RAM 512MB, menggunakan Nokia Lumia 530 tidak berbeda dengan Nokia Lumia 630, animasi perpindahan layar, kecepatan membuka aplikasi bawaan Windows Phone terasa cepat.

Hadir dengan memori internal 4 GB, Lumia 530 ini juga sudah mendukung ekspansi media penyimpanan MicroSD hingga 128GB.

Dari sisi software, ada beberapa aplikasi bawaan Nokia Lumia 530 yang cukup menggoda. Aplikasi MixRadio misalnya, yang mengijinkan streaming lagu mencapai 21 juta lagu pilihan baik internasional maupun nasional. Tak hanya streaming, Anda pun dapat menyimpan lagu-lagu tersebut ke dalam memori internal secara cuma-cuma. Lalu aplikasi Office Lens yang membuat Nokia Lumia 530 memiliki kemampuan OCR (Optical Character Recognition), mampu mengambil foto slide presentasi dan menyimpannya dalam bentuk tulisan.

Singkatnya, walaupun harganya cukup murah, ternyata Lumia 530 cukup oke untuk pengguna pemula atau Anda yang ingin mencicipi Windows Phone berukuran ringkas. Ponsel ini akan tersedia secara resmi pada tanggal 12 September 2014 dengan harga Rp1.399.000.

2 komentar

  1. Menggunakan windows phone di Indonesia sepertinya masih sangat prestisius ya, karena selain pemakainya masih jarang, harganya juga tergolong cukup tinggi untuk kelas pemula seperti pelajar, sma hingga perguruan tinggi. Menurut saya spesifikasi yang menarik pada Nokia Lumia 530 adalah prosesor yang digunakan sudah quad core berkecepatan di atas 1 GHz, slot penyimpanan eksternal up to 100 GB tidak seperti smartphone kebanyakan. Sementara RAM 512 MB sepertinya akan jadi kendala nantinya, mengingat pemula saat ini menggunakan smartphone tidak hanya untuk tlp dan sms atau sebagai identitas, mereka juga menggunakan untuk aktifitas yang lebih kompleks seperti browsing, downloading, gaming dan pemutar musik.

    Semoga yang canggih bisa mempublikasikan hands on windows phone minimalis terbaru ini segera, agar calon pembeli bisa mengetahui bagaimana hasil foto dari kamera Lumia 530 yang sudah dilengkapi dengan OCR, dan mengetahui juga kapasitas dan kualitas baterai smartphone ini.

    Salam, RKD

Back to top button