Quantcast
AksesorisHome GadgetNewsSMART Home

Mengukur Kualitas Tidur Dengan Hello Sense

Banyak survey yang telah membuktikan dua pertiga dari milyaran populasi manusia di muka bumi ini tidak cukup tidur. Padahal secara medis, tidur sangat berguna untuk tubuh seperti misalnya untuk meningkatkan memori otak, sistem imun tubuh, hingga mengurangi stress. Agar setiap orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang optimal kini telah diciptakan sebuah alat canggih yang bernama Sense.

sense-sleep-1

Sense adalah sebuah sistem sederhana yang khusus dirancang untuk memantau pola tidur, kondisi di dalam kamar tidur, sehingga Anda dapat memiliki pola tidur yang lebih baik. Di balik kemasannya yang artistik, Sense telah memuat beragam sensor seperti sensor cahaya untuk memantau tingkat pencahayaan di dalam ruangan, sensor suhu dan kelembapan dan sensor partikel yang berguna untuk mendeteksi partikel mikroskopis yang berterbangan. Selain itu, Sense juga memiliki mikrofon yang sangat sensitif untuk menangkap suara di sekitar, serta speaker, RGB LED dan sensor Proximity.

Untuk bisa bekerja, Sense harus digunakan dengan Sleep Pill. Di dalam Sleep Pill ini telah tertanam akselerometer 6-axis dan sensor gyroscope yang berfungsi untuk mendeteksi seluruh pergerakan Anda saat tidur sehingga dapat mempelajari pola tidur Anda. Nantinya, informasi tersebut akan dikirimkan ke Sense lewat protokol ANT. Sense sendiri terhubung ke smartphone melalui koneksi Bluetooth yang hemat daya.

Sense cukup diletakkan di dalam kamar tidur dan Sleep Pill dipasang di bantal tidur. Saat Anda tidur, secara otomatis seluruh sensor dan mikrofonnya akan mempelajari dan mengumpulkan data. Seluruh hasil data yang dikumpulkan oleh Sleep Pill dan Sense kemudian akan dikirim ke aplikasi smartphone miliknya. Setelah bangun dari tidur, Sense akan memberikan nilai hasil tidur Anda semalam beserta dengan info lain. Seperti misalnya seberapa gelap cahaya di dalam ruangan, suhu ruangan, kondisi kesunyian di dalam ruangan dan tingkat kelembaban dalam ruangan. Singkatnya dengan bantuan Sense, Anda bisa mengetahui apa yang terjadi di kamera dan kondisi Anda saat sedang tidur. Menarik kan?

Sense juga dapat membantu Anda tidur lebih lelap. Saat Anda sedang mengalami gangguan tidur, Sense akan dapat memutar efek suara white noise, pink noise atau rintik hujan untuk membuai Anda tidur lebih nyenyak.

Bagi yang sering bangun terlambat atau bencei weker, Sense memiliki fitur weker pintar bernama Smart Alarm. Sesuai namanya, Smart Alarm dapat menyesuaikan pola dan kebiasaan bangun tidur Anda yang informasinya telah dikumpulkan oleh Sleep Pill. Memanfaatkan data tersebut, Smart Alarm akan mengatur waktu terbaik untuk membangunkan Anda sehingga dapat bangun tidur dengan badan segar.

Sense akan mulai dipasarkan bulan November 2014 dan tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih. Harganya mulai dari US$129 untuk sebuah Sense dengan satu Sleep Pills. Namun dalam masa pre-order ini, paket standar Sense akan dibanderol hanya US$99. Jika berminat Anda bisa kunjungi laman berikut.

Back to top button