Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Asus ROG G750J

Membangun sebuah sistem PC yang bertenaga untuk bermain game bukan perkara yang mudah. Sebagai jalan pintas, kini muncul laptop yang dikhususkan untuk gaming. Salah satu yang mampir di meja redaksi kami adalah laptop dari Asus, Asus G750J.

Konsep Desain
Laptop gaming yang bertenaga dengan spesifikasi menjanjikan memang menjadi impian semua para gamer. Tapi, ini berakibat pada dimensi yang besar dan bobot yang juga lebih berat dari laptop pada umumnya.

Dengan ukuran layar Full HD 17.3-inci, Asus G750J termasuk laptop yang bongsor. Bobotnya yang berat, mencapai 4,8kg, juga membuatnya kurang ideal untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Meski desainnya cukup berwibawa saat ditaruh di atas meja, Asus G750J ternyata memiliki desain yang tergolong keren dan kokoh.

Layarnya yang besar telah dilengkapi dengan teknologi 3D. Dalam paket pembelian, Anda juga akan langsung mendapatkan kacamata 3D dari Nvidia untuk menikmati konten 3D di layarnya. Pada mode 3D atau 2D, layarnya mampu menyajikan visual dengan warna dan kontras yang amat baik saat digunakan untuk gaming atau menonton film. Namun penggunaan pada mode 3D memang akan sedikit melelahkan mata mengingat kacamata 3D yang lumayan berat dan teknologi active shutter yang digunakannya.

detil-ASUS-ROG-1

Dengan ukurannya yang besar dan posisinya yang dapat menggantikan komputer meja, maka cukup wajar jika Asus G750J telah dilengkapi keyboard berukuran penuh. Keyboard termasuk responsif dan nyaman, berkat ukuran tombol yang besar dan jarak antar tombol yang cukup lega. Tombol-tombolnya ini juga dipermanis dengan tambahan lampu backlit untuk menemani Anda bermain game di dalam gelap.

Di samping kiri kanan bodinya, Anda dapat menemukan sederetan port konektivitas yang amat lengkap yang terdiri dari port Mic in, Headphone out, VGA port, 4 port USB 3.0, RJ45, HDMI, mini Display port, dan port adapter dan optical drive Blu-Ray. Intinya, laptop game ini sudah cukup mampu menggantikan komputer meja Anda.

Fitur dan Performa
Fitur yang paling menarik perhatian kami adalah sektor sistem pendinginannya. Kebanyakan laptop gaming berperforma tinggi memiliki masalah yang sama, yaitu masalah meningkatnya panas laptop saat memainkan game.

Pada G750J, Asus berhasil mengatasi masalah thermal dengan baik. Menggunakan sistem dual-fan atau dua kipas yang dikombinasikan dengan lubang pembuangan udara yang ditempatkan di belakang, laptop ini mampu menjaga suhunya relatif cukup dingin berkat sirkulasi pembuangan udara panas yang cukup baik. Saat mengajaknya bermain game sekitar 2 jam, kami hanya merasakan sedikit rasa hangat di atas permukaan keyboard yang sama sekali tidak mengganggu. Hebatnya lagi, kinerja kipas pendinginnya ini relatif senyap dan tidak akan mengganggu keasyikan Anda bermain.

ASUS ROG G750J

Selain gaming, Asus G750J juga tangguh sebagai laptop multimedia kelas atas. Salah satu sebabnya adalah kehadiran teknologi audio jempolan yaitu Asus SonicMaster dan fitur MaxxAudio untuk pengaturan suara. Saat diuji dengan berbagai film dan game, speaker internalnyna mampu menghasilkan tata suara yang baik dengan detil yang cukup. Hubungkan ke speaker eksternal dan Anda akan benar-benar akan dibuat terbuai olehnya.

Sebagai laptop gaming, performa menjadi salah satu prioritas yang diperhatikan. Asus G750J menggunakan prosesor Intel Core i7-4700HQ 2.40GHz dan RAM 8GB. Untuk kebutuhan seperti mengetik dokumen, menyunting foto dan video, serta browsing, sama sekali tidak ditemukan kendala.

Hasil benchmark sintetis menggunakan 3D mark 11 laptop ini juga sangat memuaskan dengan performa benchmark 3D mark 11 extreme pada resolusi Full HD di angka 1733 dan pada resolusi standar HD di angka 5038. Sementara hasil benchmark menggunakan PC mark 7 angka 5591 berhasil di dapatkan dengan tanpa masalah.

3Dmark11-720pp
PC-MARK-7

battlefiedl

Dipadukan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX770M dengan VRAM 3GB, ASUS G750J memiliki performa grafis yang sangat bertenaga. Bahkan salah satu game yang menjadi favorit kami, Battlefield 4 , mampu dijalankan dan dimainkan dengan cukup nyaman pada pengaturan grafis Ultra pada 30fps. Performanya pun tambah maksimal dengan hadirnya dukungan ruang penyimpanan hybrid yang menggabungkan hard disk 1TB dan SSD 256GB. Hasilnya, laptop akan dapat dinyalakan dan digunakan kurang dari 10 detik.

Satu kompromi yang harus diterima dari keunggulan performanya adalah daya tahan baterai. Saat menggunakannya untuk memutar video Full HD, baterainya masih mampu digunakan hingga sekitar 3 jam dengan pengaturan gelap terang 30 persen dan aktif terhubung ke Wi-Fi. Sedangkan untuk bermain game dengan pengaturan grafis paling maksimal, tingkat gelap terang layar 80% dan tidak terhubung ke Wi-Fi baterainya mampu bertahan hingga hampir 2 jam. Anda dapat menggunakan fitur Power4Gear Hybrid yang dapat menyesuaikan daya tahan baterai sesuai kebutuhan.

Kesimpulan
Dengan performa bertenaga dan kualitas tampilan yang amat baik, Asus G750J merupakan jawaban yang ditunggu-tunggu para gamer sejati yang gemar bermain game di laptop. Selain untuk game, Anda juga dapat mengandalkannya untuk keperluan penyuntingan video dan foto.

Harganya memang tidak murah, sekitar Rp30.000.000, sehingga cukup sedikit kalangan gamer yang mampu membelinya. Namun bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan performa terbaik dan tidak keberatan dengan bodinya yang besar atau harganya yang cukup tinggi, ASUS ROG G750J merupakan salah satu pilihan yang terbaik saat ini.

Yang Canggih:
(+) Performa sangat bertenaga untuk gaming dan kebutuhan berat lainnya
(+) Keyboard nyaman digunakan
(+) Audio amat baik
(+) Kualitas layar amat baik
(+) Cukup dingin dan tidak berisik

Yang Kurang:
(-) Bobot berat
(-) Harga premium

Back to top button