Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek MT6795: SoC 8-inti 64-bit Pertama yang Mendukung Tampilan 2K

Era prosesor dengan arsitektur 64-bit di smartphone mulai diperbincangkan sejak Apple memperkenalkan iPhone 5s yang menjadi pionir. Walaupun dipertanyakan kegunaannya, ternyata produsen prosesor lainnya juga tidak ingin ketinggalan. Salah satunya adalah MediaTek yang memperkenalkan SoC 64-bit terbarunya, MediaTek MT6795.

mediatek-1

Dilengkapi 8 inti prosesor, MediaTek MT6795 diposisikan sebagai SoC untuk perangkat smartphone Android premium. SoC ini membawa langsung 8 inti prosesor (True Octa Core) dalam satu chip yang memiliki kecepatan hingga 2.2GHz dan mendukung penggunaan RAM dual-channel LPDDR3 pada kecepatan 933MHz.

Spesifikasinya tambah menjanjikan dengan hadirnya fitur MediaTek Core Pilot. Teknologi canggih tersebut memungkinkan SoC untuk mengoptimalkan seluruh kinerja 8 inti prosesornya secara bersamaan untuk menghasilkan performa yang lebih bertenaga dengan kendali suhu panas yang lebih baik. Mediatek juga menyediakan dukungan 4G dan wireless charging tanpa tambahan chip lainnya.

Bahkan MediaTek MT6795 berhasil menyandang predikat SoC 8 inti 64-bit pertama di dunia yang mendukung tampilan hingga resolusi 2K (2560 x 1600 pixel). SoC ini juga mendukung perekaman video hingga resolusi Ultra HD pada format H.265 (4K2K). Bahkan jika merekam video pada resolusi Full HD, SoC ini mampu merekam video slow motion 480fps. Ketangguhannya juga terasa saat memutar video. Selain mampu memutar video ultra HD 4K dengan format H.264, chip ini juga mendukung penyajian visual dengan frame rate 120Hz untuk tampilan dengan pergerakan yang lebih halus.

Lalu kapan smartphone dengan SoC ini akan beredar di pasaran? MediaTek mengungkapkan untuk smartphone pertama dengan SoC MediaTek MT6795 akan mulai tersedia di akhir tahun 2014 tanpa membocorkan lebih lanjut siapa brand smartphone mana yang akan menggunakannya.

Back to top button