Quantcast
Mobile GadgetOperatorSmartphone

Kerjasama Telkomsel dan Samsung untuk Tingkatkan Penetrasi Smartphone di Indonesia

Jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang terus meningkat ternyata semakin tidak dapat dilepaskan dengan kebutuhan akses Internet yang menjadi salah satu dasar peningkatan tersebut. Untuk itu, Telkomsel dan Samsung menjalin kerjasama strategis yang berbeda. Kerjasama tersebut tidak sekedar berjualan bundling semata seperti yang dilakukan oleh beberapa merek lainnya. Namun, lebih jauh lagi dengan memasukkan unsur edukasi terhadap masyarakat.

Kerjasama Telkomsel dan Samsung_2

Ada empat poin kerjasama yang dijalin antara Telkomsel dan Samsung ini. Pertama, portofolio Produk yang meliputi Program Upgrade bagi pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan ponsel biasa dan smartphone lama atau smartphone non 3G. Kemudian ada juga kerjasama paket dengan GALAXY Tab 4 Series dan GALAXY Tab S.

Kedua, Aktivitas Penjualan. Dimana, Telkomsel dan Samsung sepakat untuk melakukan kolaborasi dalam channel penjualan Samsung Experience Store dan GraPARI, Mobile Grapari dan Loop Station Telkomsel.

Ketiga, Telkomsel dan Samsung juga akan bekerjasama dalam aktivitas Pemasaran. Ini termasuk melakukan sinergi aktivitas Above the Line dan Below the Line untuk mendukung kerjasama bundling eksklusif smartphone Samsung dengan harga di bawah Rp2 juta.

Keempat, Content & Service. Nantinya Samsung akan menyediakan Samsung GALAXY Station di GraPARI Telkomsel terpilih sehingga pelanggan bisa mengunduh aplikasi-aplikasi Digital Telkomsel dan Android secara offline via GALAXY Station. Selain itu juga aka nada Integrasi carrier billing untuk Samsung apps store.

Sebagian besar inisiatif ini akan dikampanyekan melalui payung program Indonesia Genggam Internet yang merupakan kampanye edukasi pengenalan Internet melalui smartphone.

Presiden Samsung Electronics Indonesia, Yoo Young Kim mengatakan, “Kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini antara Samsung dan Telkomsel menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kami, karena Telkomsel dengan cakupan layanannya yang berada di posisi nomor satu di Indonesia mampu memberikan nilai yang sangat strategis bagi kami. Kami yakin kerjasama dan kolaborasi ini akan menghasilkan sesuatu yang besar karena melibatkan dua nama yang menjadi pemimpin di pasarnya, yaitu Telkomsel selaku operator seluler nomor satu dan Samsung selaku produsen smartphone nomor satu di Indonesia.”

Sejauh ini kerjasama strategis antara Telkomsel dan Samsung yang telah berlangsung sejak 2012 meliputi kolaborasi produk dengan penyediaan GALAXY Data Plan yang dibuat khusus dan ditujukan ke seluruh pengguna Samsung di jaringan Telkomsel (bisa diakses via UMB khusus *303*3#), Pre-order, paketan khusus smartphone, pameran smartphone, program ke komunitas sekolah, program loyalty bagi pelanggan via Telkomsel POIN, dan program khusus bagi pelanggan korporat.

Berkaitan dengan bulan Ramadhan tahun ini, Telkomsel dan Samsung juga mengadakan kerjasama produk dan pemasaran dengan tema religius. Nantinya bagi pelanggan yang membeli smartphone Samsung dan menggunakan aplikasi Islami Salaam, 10 (sepuluh) pelanggan Telkomsel yang beruntung akan diberangkatkan Umroh ke Tanah Suci secara cuma-cuma. Pelanggan cukup mengunduh dan menggunakan Salaam yang bisa didapatkan di Google Playstore atau www.s-salaam.com.

Back to top button