Quantcast
KomputerNewsSoftware

8 Hal Baru yang Wajib Anda Ketahui Tentang OS X Yosemite

OS X Yosemite-1

Memasuki generasinya yang ke 10, OS X milik Apple nyatanya terus berkembang. Yang wajib Anda ketahui, OS X 10.10 atau nama bekennya OS X Yosemite yang diperkenalkan Apple baru-baru ini merupakan OS X yang membawa paling banyak peningkatan dibandingkan dengan versi OS X lainnya. Dan lewat OS X 10.10 ini pula Apple terlihat mulai menunjukkan kesiapannya mengintegrasikan OS X dan iOS dalam satu ekosistem untuk semakin mempermudah penggunanya. Berikut 8 hal baru yang wajib Anda ketahui dari OS X Yosemite.

yosemite_design-1

1. Desain Lebih Minimalis
Dari segi tampilan, desain OS X Yosemite tidak terlalu banyak berubah dari OS X Mavericks. Namun, segala sesuatu dari tampilan jendela hingga ikon pada dock mendapat pembaruan desain. Beberapa tampilan OS X Yosemite kini dibuat lebih transparan dengan efek gradasi yang terlihat lebih halus, ikon pada dock mengusung desain flat ikon yang sedang tren saat ini, dan tersedia dark mode yang akan membuat tampilan bar serta latar dock menjadi warna hitam.

Selain itu, pada tampilan jendela kini dilengkapi juga dengan tombol full screen yang berwarna hijau di pojok kiri atas jendela untuk membuat tampilan jendela secara penuh dan penggunaan font Helvetica Neue yang menggantikan Lucida Grande pada OS X sebelumnya jelas menjadikan tampilannya tambah segar.

yosemite_notification_center-1

2. Notification Center Lebih Baik
Notification Center muncul pertama kali di OS X Mountain Lion. Sekarang Notification Center mengemas lebih banyak informasi mirip dengan Notification Center di iPhone dan iPad.

Notification Center kini dapat menampilkan Today Panel yang terhubung langsung ke aplikasi Calendar untuk menampilkan seluruh jadwal langsung di tampilan desktop, menyediakan widget untuk info saham, cuaca, kalkulator dan masih banyak lagi. Semuanya ini bisa diakses dengan hanya menyapukan satu jari di trackpad.

yosemite spotlight-1

3. Spotlight
Setelah sekian lama, fitur yang selalu berada di pojok kanan atas layar ini akhirnya mendapat pembaruan. Di OS X Yosemite, Spotlight kini bisa keluar dari menu bar di pojok kanan atas dan bisa ditempatkan di area desktop mana saja.

Yang paling menarik, kemampuan Spotlight dalam melakukan pencarian kini tidak hanya sebatas mencari file yang Anda di sistem Anda saja. Dengan mengetik sebuah kata di Spotlight, pencarian akan dilakukan di folder sistem hingga tautan yang berasal dari Internet. Fitur ini cukup mirip dengan Search yang ada di Windows 8.

yosemite_communication-1

4. Continuity
Ketika para kompetitornya berusaha menggabungkan sistem operasi perangkat mobile dan desktop ke dalam satu perangkat, Apple justru memilih cara lain agar semuanya bisa berjalan lebih baik dengan membuat sebuah ekosistem yang mampu menggabungkan iOS X dan OS X.

Lewat OS X Yosemite, pengguna Macbook atau iMac kini dapat langsung menjawab panggilan telepon atau Facetime dan melakukan sinkronisasi pesan saat saling terhubung dengan iPhone. Jika ada panggilan atau pesan singkat masuk maka di desktop akan muncul notifikasi dan Anda bisa langsung menjawab panggilan atau pesan yang masuk tanpa perlu memegang iPhone.

Kemudahan lain, pengguna kini juga bisa berbagi dokumen atau menyelesaikan dokumen yang belum selesai dibuat di Macbook yang dapat dilanjutkan langsung di iPad atau iPhone. AirDrop , yang dapat digunakan untuk berbagi file, kini juga dapat digunakan antar perangkat berbasis Mac dan iOS.

yosemite icloud drive-1

5. iCloud Drive
Seperti layanan komputasi di awan lainnya, iCloud Drive memberikan kemudahan bagi pengguna OS X dan iOS X untuk menyimpan file di awan. Aksesnya pun dapat dilakukan lewat Macbook atau iPhone sehingga lebih fleksibel. Layanan ini merupakan jawaban Apple untuk layanan serupa seperti Box, Google Drive, DropBox, SugarSync, Microsoft OneDrive, dan masih banyak lagi.

Untuk akun iCloud Drive gratis, Anda akan mendapatkan jatah penyimpanan gratis sebesar 5GB. Jika masih kurang, Anda dapat membayar US$0.99 per bulan untuk kapasitas 20GB atau US$3.99 per bulan untuk kapasitas 200GB. Tarif ini cukup baik dan dapat bersaing dengan layanan lainnya.

yosemite mail drop-1

6. Mail Drop
Pernah merasakan email Anda tidak bisa terkirim karena ukuran file yang dilampirkan terlalu besar? Nah, kecanggihan lain yang ditawarkan oleh OS X Yosemite adalah Mail Drop. Dengan fitur ini, seluruh file yang ukurannya terlalu besar dan tidak bisa dikirim lewat akun email akan secara otomatis diunggah ke iCloud. Selanjutnya link tersebut akan dikirimkan ke email penerima agar dapat mengunduhnya.

yosemite mail markup

7. Mail
Di OS X Yosemite, aplikasi Mail juga mendapatkan peningkatan. Toolbar pada mail kini hadir dengan pilihan alat menggambar sederhana seperti, kotak, garis, text dan masih banyak lagi. Yang paling menarik, OS X kali ini dapat langsung merapihkan tarikan garis yang tidak rapih saat menggambar menggunakan trackpad.

Mail kini juga telah dilengkapi dengan fitur Markup. Dengan bantuan fitur Markup ini, pengguna bisa langsung membuat penjelasan pada sebuah gambar, mengisi form PDF atau membuat tanda tangan digital pada dokumen secara langsung tanpa perlu meninggalkan aplikasi Mail.

Intinya, Anda akan dapat melakukan cukup banyak hal langsung dari aplikasi Mail.

yosemite safari-1

8. Safari
Tidak ketinggalan browser Safari dari Apple yang legendaris juga ikut mendapatkan peningkatan. Safari kini dapat menampilkan laman favorit dan seluruh tab laman yang pernah dibuka sebelumnya dalam satu tampilan. Fitur ini mirip seperti browser Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Safari di Yosemite juga menggunakan engine Nitro JavaScript yang telah disempurnakan. Keuntungannya, selain lebih cepat, Safari akan lebih irit energi sehingga lebih irit daya saat memutar video di browser.

Lalu kapan OS X Yosemite akan dapat diunduh oleh publik? Apple belum memberikan tanggal pasti dan hanya memberi petunjuk bahwa Anda akan bisa menggunakan OS X Yosemite mulai musim gugur tahun ini atau paling cepat bulan Oktober.

Satu komentar

Back to top button