Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

8 Fitur Keren yang Dimiliki iOS 8

Untuk Anda pengguna perangkat iOS, Apple secara resmi kini telah mengumukan iOS versi terbarunya iOS 8. Dalam waktu dekat, pengguna akan bisa menikmati beragam fitur baru yang ditawarkan oleh iOS terbaru ini. Berikut 8 fitur baru yang akan ada di iOS 8.

continuity

1. Interactive Notifications
iOS 8 akan semakin mempermudah pengguna dengan meningkatkan fitur notifikasi. Kini notifikasi di iOS 8 lebih interaktif. Artinya pengguna akan dapat langsung membalas pesan lewat notifikasi, tanpa harus membuka aplikasi pesan. Tidak hanya membalas pesan, fitur ini juga dapat terhubung dengan aplikasi lain seperti Facebook misalnya. Jadi ketika ada notifikasi yang muncul dari aplikasi Facebook Anda bisa langsung menjawab pesan atau sekedar melakukan Like secara langsung.

Untuk pengguna MacBook dengan Mac OS X Yosemite, Anda kini juga bisa menjawab panggilan, melakukan panggilan hingga membalas pesan di laptop jika iPhone Anda dalam kondisi terhubung ke MacBook.

multitasking-1

2. Quick Contacts Access
Di iOS 7, menekan tombol Home 2 kali akan membawa Anda ke tampilan multitasking yang juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang sudah dijalankan. Nah, kini dengan cara yang sama, Anda tidak hanya bisa melakukan multitasking tapi juga bisa mengakses kontak yang paling sering dipanggil.

spotlight-1

3. Spotlight
Sama seperti versi desktop, Spotlight di iOS 8 kini juga menampilkan informasi pencarian dari tautan internet, Maps hingga iTunes. Jadi tidak terbatas melakukan pencarian data yang ada di sistem folder saja.

extra_large_quicktype_hero

4. QuickType Keyboard
Keyboard legendaris iOS memang sudah cukup nyaman digunakan dan termasuk salah satu keyboard virtual terbaik di perangkat layar sentuh. Kini dengan fitur QuickType, keyboard virtual tersebutkini dapat menampilkan pilihan kata yang disarankan secara otomatis. Kemudian Anda akan dapat memilih kata yang diinginkan. Adapun pilihan kata yang disarankan akan bervariasi secara kontekstual dan subyektif, berdasarkan dengan siapa Anda berbalas pesan dan aplikasi pesan apa yang sedang digunakan.

mesej

5. Messages
Fitur Messages pada iOS 8 juga turut mendapatkan pembaruan. Dengan sekali menekan tombol, Anda kini bisa langsung mengirim pesan audio atau video, mengirim foto atau video dalam jumlah banyak, berbagi lokasi hingga memulai dan mengelola grup chat seperti di BBM atau WhatsApp.

health kit

6. HealthKit
Aplikasi ini akan membantu Anda mengumpulkan data kebugaran dan kegiatan olahraga Anda dari perangkat wearable yang terhubung ke perangkat iOS. Fitur ini hanya akan berfungsi jika perangkat wearable Anda sudah mendukung aplikasi Healthkit salah satunya yaitu Nike+.

Tentunya tidak mengherankan jika Apple tiba-tiba mengeluarkan perangkat wearable untuk iPhone mengingat fungsionalitas tersebut sudah dipersiapkan di iOS 8.

Photos-1

7. Photos dan Continuity
Untuk Anda yang memiliki iPad, iPhone dan Mac, kini seluruh hasil foto, foto yang disunting, dan album foto bisa disinkronkan ke seluruh perangkat Anda secara otomatis. Selain itu, foto-foto Anda juga bisa tersimpan di layanan iCloud. Nah, dengan fitur Continuity, Anda dapat mengakses dan melanjutkan pekerjaan yanga da di dokumen di seluruh perangkat yang Anda miliki.

Ini tentunya selaras dengan fitur serupa yangada di OS X Yosemite yang baru.

family sharing

8. Family Sharing
Jika seluruh keluarga Anda menggunakan perangkat iOS, fitur ini pun sangat menarik untuk disimak. Dengan fitur ini, seluruh perangkat iOS anggota keluarga Anda bisa terhubung ke satu akun kredit. Jadi, fitur ini mampu membatasi pembelian aplikasi yang dilakukan oleh anggota keluarga lain karena persetujuan pembelian harus didapatkan terlebih dahulu dari pemegang akun kartu kredit tersebut. Selain itu, Family Sharing juga memungkinkan Anda untuk berbagi aplikasi, musik, film, buku dan lainnya yang telah dibeli di App Store dengan sesama anggota keluarga yang lain.

Selain 8 peningkatan baru tersebut di atas, Apple juga memperkenalkan Metal. Teknologi baru ini dapat meningkatkan efisiensi kerja prosesor untuk tugas yang berhubungan dengan grafis dan game di perangkat dengan prosesor A7 hingga 10x lipat.

Update iOS 8 akan tersedia gratis paling cepat bulan September 2014.

Back to top button