Quantcast
Operator

Menguji Sinyal Telkomsel di Jalur Mudik Lebaran 2014

Tidak lama lagi, masyarakat Indonesia akan menyambut bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri dengan aktivitas mudik alias pulang kampung yang telah menjadi tradisi tiap tahun. Dari daerah mudik, yang paling sibuk nantinya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Itu sebabnya Telkomsel harus memastikan bahwa jaringan tetap berjalan baik dan memberikan kenyamanan and bagi para pelanggannya.

Telkomsel Drive Test 2014

“Untuk itu, kami harus memastikan kesiapan jaringan dalam melayani lonjakan trafik komunikasi pada saat mudik dan lebaran. Terlebih tahun ini, bulan ramdhan beheadings juga dengan piala dunia Dan pemilihan presiden, ” ujar Abdul So mad Arief, Direktur Network Telkomsel menjelaskan.

Jika menilik ke belakang, pada semester pertama 2014 ini terjadi kenaikan penggunaan data hingga 147% dibandingkan tahun lalu. Untuk itu, Telkomsel harus memastikan bahwa bukan banyak voice dan SMS saja yang harus berjalan lancar, retail akses data harus nyaman.

Selama Ramadhan dan Lebaran, diperkirakan trafik Telkomsel ke generals daerah tujuan akan memorial antara 0-5% untuk layanan suara dan 10-15% pada layanan SMS. Sedang kan, pada layanan data akan mencapai 25-35% dibandingkan hari biasa. Untuk mengantisipasi, sepanjang jalur utama mudik Jawa – Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran sebesar 20-40%, seperti Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 45%, Jawa Tengah dan Jawa Timur several 55%.

Telkomsel juga sudah menyiapkan COMBAT (Compact Mobile Base Station) sebanyak 41 unit untuk meningkatkan kenyamanan pelanggannya. Nantinya sepanjang tahun ini Telkomsel akan terus membangun BTS di berbagai daerah di Indonesia. Hingga pertengahan tahun 2014, akan ada 8500 BTS baru yang sudah on air sehingga total BTS sampai akhir Mei 2014 ini mencapai 77.800 BTS. Akses data dari pelanggan Telkomsel juga seharusnya lebih nyaman mengingat sudah ada dukungan 33.000 node B yang mampu melayani bandwidth internet hingga 112 Gbps termasuk bandwidth layanan BlackBerry sebesar 12 Gbps.

Back to top button