Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands On] Nokia XL

Animo masyarakat Indonesia dengan smartphone berbasis Android terus meningkat. Ini tidak lepas dari dukungan produsen smartphone yang rajin menawarkan smartphone Android yang semakin terjangkau dan bisa dimiliki oleh konsumen yang tidak memiliki kocek tebal.

Nokia-XL-6

Kehadiran smartphone Android Nokia X beberapa waktu lalu pun disambut baik oleh masyarakat. Ini terbukti, dengan penjualan perdana Nokia X yang langsung ludes terjual. Tidak perlu waktu lama, dalam waktu dekat ini pasar smartphone Android di Indonesia akan diramaikan kembali dengan varian tertinggi dari keluarga Nokia X yaitu, Nokia XL. Untuk menjawab sedikit rasa penasaran Anda, berikut ulasan singkat kami saat menghadiri undangan sesi ekslusif yang diadakan Microsoft Device untuk menyambut kehadiran Nokia XL.

Nokia XL masih tetap menganut garis bodi ala Nokia Lumia dengan desain minimalis yang memiliki lekukan sudut agak membulat. Bodinya terasa amat kokoh dengan tampilan yang sangat gaya berkat 6 pilihan warna-warni bodi yang cerah. Ukuran layar sentuh Nokia XL yang berukuran 5-inci membuatnya sangat nyaman ketika digenggam atau digunakan untuk mengetik. Ketebalannya juga cukup pas sehingga masih ideal untuk masuk ke dalam saku celana.

Tampilan layarnya sendiri cukup baik. Memang tidak terlalu istimewa bahkan tergolong rata-rata dengan resolusi layar yang hanya 800 x 480 pixel, tapi setidaknya layarnya dapat merespon sentuhan jari dengan amat baik. Antar mukanya juga masih terlihat sama dengan Nokia X dengan tampilan flat icon yang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Performa Nokia XL disokong oleh prosesor dual core Qualcomm Snapdragon yang berlari pada kecepatan 1GHz dengan besaran RAM 768MB. Sedikit lebih besar dari Nokia X yang hanya 512MB. Secara keseluruhan performanya cukup baik. Perpindahan antar aplikasi saat multitasking tidak terasa lag yang terlalu berarti.

Sementara kameranya, jelas lebih baik dari Nokia X. Dengan resolusi kamera utama 5 megapixel dengan dukungan flash dan tambahan kamera depan 2 megapixel, Nokia XL sudah cukup mumpuni untuk menyalurkan hobi fotografi dan selfie Anda untuk dipamerkan di jejaring sosial. Berikut beberapa hasil foto langsung dari Nokia X yang dicoba di dalam ruangan.

IMG_20140602_162420

IMG_20140602_162535

IMG_20140602_162358

Secara keseluruhan, kesan pertama menggunakan Nokia XL ini cukup memuaskan. Dengan layar yang lebih besar, kamera yang lebih baik, dan platform Nokia X yang mendukung Android, smartphone ini jelas sangat mampu menggoda pecinta smartphone Android Indonesia di kelas menengah.

Apalagi, banderol harganya juga tetap terjangkau dengan beragam penawaran dan aplikasi ekslusif yang bisa dinikmati pengguna dengan Nokia XL. Seperti misalnya gratis telepon Skype selama satu bulan untuk telepon ke landline atau mobile phone, aplikasi peta HERE maps yang bisa dinikmati online atau offline, Nokia MixRadio dengan ribuan lagu yang bisa dinikmati gratis beserta dengan daftar lagu yang dapat diunduh, dan akses layanan penyimpanan awan Microsoft OneDrive dengan kuota gratis 10GB.

Nokia-XL-1

Jika Anda tidak sabar ingin meminangnya, Nokia XL akan memulai debut penjualan perdananya dalam jumlah unit terbatas di ajang Indonesia Cellular Show 2014 yang akan digelar tanggal 4 Juni 2014. Di acara tersebut, bagi pengguna kartu kredit Bank Mandiri, BRI dan BNI dapat menikmati cashback sebesar Rp200.000 dari harga normal Rp2.199.000. Selain itu, Telkomsel juga memberikan penawaran spesial bagi pengguna BBM di Nokia XL. Dengan mengaktifkan paket data Nokia XL, pengguna hanya perlu membayar Rp20.000 untuk tiga bulan. Pada setiap bulannya pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 1,2GB, 100 SMS, 100 menit panggilan suara dan akses gratis BBM.

Back to top button